Kamis, 28 September 2017

Surfing Secara Aman dan Nyaman dengan Memperhatikan Persiapkan Berikut Ini!

Apabila tujuan Anda pergi mengunjungi pulau Dewata adalah untuk surfing atau berselancar maka dijamin sudah memilih lokasi yang tepat. Pasalnya Pulau Bali memang dikenal menawarkan beragam jenis pantai dengan ombak yang tenang dan cocok untuk penikmat selancar. Beberapa pantai bahkan dikenal punya ombak yang sangat tinggi dan bergelombang sehingga memanjakan pecinta selancar. Tidak heran jika wisatawan dunia menjadikan Bali sebagai tujuan untuk menikmati selancar air secara optimal.


Selancar termasuk ke dalam olahraga air, dan bisa dikatakan unik karena memakai sebuah papan kemudian dituntut mengalahkan gulungan ombak. Bagi pemula hindari dulu pantai dengan ombak yang besar dan ganas, namun pilih yang agak tenang namun tetap seru saat belajar berselancar. Membantu Anda menikmati kegiatan olahraga air yang seru dan memacu adrenalin ini, usahakan untuk mempersiapkan diri sebelumnya. Sebab sebagai olahraga air dengan tuntutan mengalahkan ombak tentu resikonya sangat tinggi.

Persiapan Penting Sebelum Berselancar 

Siapa saja bisa menikmati olahraga selancar, tidak terkecuali untuk pemula namun idealnya ikut kursus dulu. Kursus ini bisa ditemui di sepanjang pantai yang kerap dijadikan tujuan para peselancar sehingga bisa sekalian menyewa perlengkapannya. Biasanya akan dipandu oleh seorang instruktur yang akan memberi arahan mengenai teknik berselancar. Perlahan kemampuan berselancar akan membaik, namun tentunya tidak instan sebab butuh beberapa kali latihan agar maksimal.

Membantu menikmati surfing dengan maksimal dan menghindari berbagai hal tidak diinginkan selama di atas permukaan air laut. Maka sebelum berselancar lakukan beberapa persiapan penting berikut:

Teliti memilih tempat berselancar

Ada banyak pantai di Indonesia, di Bali saja sudah ada banyak pilihan dan tidak semuanya cocok dijadikan tempat berselancar. Tentukan tempat terbaik untuk menikmati olahraga ini sebab kalangan pemula dengan profesional memiliki kriteria pantai yang berbeda. Cari tahu dulu kondisi ombaknya seperti apa jadi jangan buru-buru mendatangi pantai kalau belum melakukan survei sebelumnya.

Perhatikan kondisi cuaca

Olahraga air satu ini memang hanya bisa dinikmati ketika cuaca cerah sehingga sangat bergantung pada perubahan cuaca. Maklum saja, selain olahraga outdoor selancar juga olahraga di lepas pantai. Ketika cuaca buruk tentu kekuatan dan intensitas datangnya ombak akan berubah, cuaca yang mendung sudah tidak mendukung kegiatan selancar. Jika nekat malah mengancam keselamatan maka cermati perubahan cuaca dan jika bingung tanyakan dulu pada mereka yang lebih profesional di bidang selancar ini.

Pilih papan selancar yang tepat

Keamanan dan kenyamanan dalam berselancar tidak dapat dipungkiri juga dipengaruhi oleh yang namanya kondisi papan selancar. Kalau papan selancar yang dipakai sudah agak retak, ada bagian yang sudah hilang karena benturan, dan semacamnya. Tentu tidak aman lagi dipakai terlebih untuk kalangan pemula yang belum mahir mengendalikan papan selancar. Pilih papan dengan kondisi yang utuh dan baik, untuk memberi keamanan selama beraksi menerjang ombak di pantai.

Usahakan minum air sebanyak mungkin

Berolahraga seringan dan sesederhana apapun tetap akan menguras energi, selancar pun demikian. Dianjurkan untuk makan dulu dan minum air sebanyak mungkin sebab pantai manapun dijamin mengeluarkan udara panas. Sebab percampuran antara sinar matahari dengan asinnya laut, yang tentunya tanpa pepohonan rindang di sepanjang pantai. Resiko peselancar mengalami dehidrasi sangat tinggi dan bahkan bisa mengancam keselamatan pelakunya. Maka minum air banyak dulu baru olahraga surfing dinikmati, sehingga jauh lebih aman.

1 komentar:

  1. Saya melihat orang surfing secara langsung aja belum pernah hehehe

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law