Jumat, 15 September 2017

Tips Hemat Belanja Groceries Bulanan ala Juvmom

Semenjak melahirkan memang saya gak pernah lagi pergi ke pasar. Ya punya dua anak, gak memungkinkan saya untuk pergi ke pasar. Apalagi biasanya pergi ke pasar diantar suami. Jadi kan gak mungkin juga ninggalin anak di rumah sendirian. Jadilah yang pergi ke pasar kadang suami. Itu pun kalau lagi gak ribet. Kalau ribet ya, telor jadi lauk andalan.


Nah, ngomongin tentang belanja ini memang, tiap bulan ada aja waktu untuk beli keperluan khusus sebulan penuh. Biar gak bolak-balik belanja. Kalau pun belanja paling beli cemilan aja, soalnya ini pasti gak sampai sebulan juga udah habis, hehe. Sayangnya belakangan ini memang saya sudah jarang sekali bisa belanja bulanan seperti biasanya. Tapi tetep dong bisa bagi-bagi tips belanja groceries bulanan ala Juvmom. Yuk disimak!

Membuat List Item Groceries yang akan Dibeli



Setiap kali berbelanja item grocery akan lebih baik jika membuat listnya terlebih dahulu. Selain meminimalisir lupa saat berbelanja, ini juga bisa membatasi kita dalam berbelanja bulanan. Saat membuat list ite grocery, bisa dengan mengurutkan dari yang paling dibutuhkan terlebih dahulu. Dengan mengurutkannya seperti ini memudahkan saat berbelanja. Jangan lupa listnya dibawa saat berbelanja, percuma udah bikin list tapi gak dibawa, haha. Pengalaman sendiri sih, alhasil lebih suka bikin list di ponsel aja biar gak ketinggalan.

Apalagi sekarang kan banyak ya aplikasi notes yang keren-keren. Cari aplikasi notes yang bisa bikin list dan juga bisa dicoret gitu, apasih namanya, haha. Notes seperti ini memudahkan banget untuk melihat item apa saja yang sudah diambil.

Belanja Di tempat yang Murah, Jika Perlu Belanja Online



Belanja keperluan bulanan memang lebih baik mencari tempat yang menjual dengan harga grosir, sehingga harganya pun lebih murah dari pada retail. Pengalaman saya sendiri sih saya gak berbelanja di satu tempat. Kadang malah belanja online juga karena harga lebih murah dari pada beli di toko dekat rumah.

Nah kalau mau berbelanja groceries online lebih baik cari yang gratis ongkir. Jadi gak berat diongkir. Jangan sampai harga barang lebih murah, eh ternyata kalau ditotal dengan ongkir malah lebih mahal kalau beli online. Tapi sekarang sih sudah banyak e-commerce yang ongkirnya gratis jadi ya tinggal pilih aja mau belanja di mana.

Biasanya sih kalau belanja groceries online saya beli popok atau toiletries anak-anak. Karena biasanya lebih murah dari pada beli di toko dekat rumah. Dan murahnya itu bener-bener murah jauh, bahkan kalau pun kena ongkir tetep masih murah, haha.

Cari Informasi Diskon Sebelum Berbelanja



Awal bulan memang cocok untuk cari barang diskon. Mungkin karena awal bulan memang waktu gajian, jadi beberapa tempat berbelanja memang kerap kali mengadakan diskon. Memanfaatkan diskon ini akan sangat menghemat pengeluaran belanja bulanan. Tapi jangan malahan beli barang diskon yang gak ada di list ya. Ini sih malah bikin tambah banyak pengeluaran, hihi. Meski memang faktanya susah banget untuk gak tergiur barang diskonan. Saya aja sering kalap kalau ada diskon.

Apalagi nih kalau lihat barang yang ada hadiahnya, entah itu cuma sekedar tas atau pun wadah unyu-unyu. Kalau begini biasanya saya diskusi sama suami, boleh dibeli apa gak. Dan kacaunya suami malahan sering mendukung saya untuk beli barang yang ada hadiahnya itu. Apalagi kalau hadiahnya bermanfaat. Seperti beli mi instan yang dapet hadiah tas unyu. Saya malahan sampai punya empat tas dari hadiah beli mi instan. Kacau kan? Haha. Dan akhirnya itu tas kepake juga sih kalau pergi jarak dekat cuma bawa ponsel, dompet dan sapu tangan bisa pakai tas mini itu.

Tapi kalau yang dibeli hanya satu atau dua barang yang gak ada dilist mungkin gak masalah kali ya. Asal harganya gak mahal, hihi. Tetep ya cari pembenaran, haha.

Jadi memang kalau ingin berhemat harus bisa menahan diri juga agar gak sampai kelewat budget ya. Inget bu, yang gak penting jangan dibeli, nanti nyesel sendiri, hihi. Kalau kamu punya tips juga belanja hemat? Share ya!

3 komentar:

  1. Nyatet itu paling penting saat mau belanja dan diskonan tentunya

    BalasHapus
  2. Hahahha, beli barang lalu ada bonusnya itu cukup menggoda. Apalagi kalau buy 1 get 1 free

    BalasHapus
  3. Saya juga sekarang kadang suka belanja online untuk groceries :)

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law