Sabtu, 04 November 2017

Inovasi Makassar Tiada Henti dalam Bidang Kesehatan

Bukan hal yang rahasia lagi bahwa biaya kesehatan masih mahal di Indonesia. Apalagi jika kamu pergi ke pedalaman atau pulau terpencil, kesehatan menjadi harga yang sangat mahal. Hal in tentu saja diakibatkan karena minimnya fasilitas kesehatan yang memadahi di pulau atau daerah yang terpencil. Akses bantuan juga masih susah disalurkan dan masih menggunakan jalur tradisional yang memakan waktu lama.


Oleh karena itu, berdasar dari keadaan Indonesia yang terdiri dari kepulauan, kota Makassar menggagas untuk membuat program Home Care Telemedicine. Program ini memungkinkan adanya ambulans laut yang mampu memberikan bantuan bagi masyarakat yang hidup di pulau terpencil daerah sekitar kota Makassar. Program ini adalah sebuah keniscayaan karena sebelumnya pemerintah kota Makassar berhasil dengan program home care Dottorota.

Selain program Home Care Telemedicine tersebut, pemerintah kota Makassar juga menggagas program Lorong Sehat. Program ini bertujuan mencerdaskan masyarakat kota Makassar akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Tak hanya itu, pemerintah kota juga menghimbau masyarakat untuk menanam tanaman obat, sayuran, buah-buahan, dan tanaman berguna lainnya. Tentu saja kedepannya akan banyak bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Untuk penyakit yang ringan bisa langsung diobati dengan tanaman obat yang sudah ditanam.

Terkait dengan inovasi kota Makassar yang tiada hentinya sejak 3 tahun terakhir ini dalam bidang kesehatan, Astra sebagai perusahaan yang bergerak di bidang otomotif juga sangat peduli dengan inovasi yang bermanfaat dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, Astra juga turut serta membuat program Inspirasi 60 Tahun Astra demi mendukung inovasi yang telah dilakukan oleh pemerintah kota Makassar.


Dukungan ini berupa diselenggarakannya lomba blog dan lomba lainnya yang mengajak masyarakat untuk mengenal kota Makassar yang lebih dulu unggul dalam pelayanan di bidang kesehatannya. Harapan kedepannya memang seluruh kota yang ada di Indonesia turut mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah kota Makassar. Dengan menyebarkan berita tentang keberhasilan Makassar dalam inovasi di bidang pelayanan kesehatan, tentu saja akan menggugah wali-wali kota lainnya untuk mengikuti jejak keberhasilan ini.

3 komentar:

  1. Keren banget. :D Semoga sukses dan tetap amanah.

    BalasHapus
  2. Betul banget. :D Jadi pengen mulai tanam toga. :)

    BalasHapus
  3. Menanam sayuran dan buah sendiri. :D Lumayan, selain menghemat, juga lebih sehat karena bebas pestisida.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law