Ragam Jenis Tes Alergi

Untuk mengetahui kondisi buah hati Anda apakah terkena alergi atau tidak, Anda bisa menggunakan tes alergi ini sebagai satu cara ampuh untuk mengetahuinya. Penyakit alergi sering kali membuat orang tua menjadi begitu khawatir terhadap kondisi kesehatan buah hati, termasuk juga Anda tentunya. Sedangkan alergi ini akan bisa diketahui dengan pasti setelah melalui pemeriksaan maupun diagnosis dari dokter. Akan tetapi untuk mendapatkan data yang akurat, banyak pula yang memberikan rekomendasi untuk melakukan tes alergi.


Kondisi kesehatan buah hati yang sedang tidak menentu tentu saja akan membuat Anda sebagai orangtua merasa semakin khawatir. Biasanya dokter akan menyarankan melakukan tes untuk dalam rangka untuk mengetahi berbagai faktor yang menyebabkan alergi akan tetapi bukan untuk mendiagnosis penyakit alergi yang dialami. Dengan begitu maka Anda harus memahami hal ini terlebih dahulu. Maka sangat penting pula bagi Anda untuk mengetahui berbagai macam atau jenis tes alergi ini. Diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Skin Prick Test atau SPT

Tes dengan skin prick test ini adalah tes alergi yang aman, tidak invasif, dan juga memberikan hasil yang cepat. Hanya dalam waktu sekitar 20 menit Anda sudah bisa mendapatkan hasilnya. Selain itu pemeriksaan dengan skin prick test ini juga dibandrol dengan harga yang terjangkau. Akan tetapi tes ini tidak bisa dilakukan pada kondisi seperti kelainan kulit yang luas karena SPT harus dilakukan pada kulit yang sehat, kulit yang menjadi bentol maupun menjadi merah bila tergores sesuatu, dan juga anak tidak bisa berhenti untuk mengkonsumsi histamin.

2. Pemeriksaan IgE Spesifik dalam Darah

Anda juga bisa melakukan pemeriksaan alergi ini dengan menguji atau mengetes menggunakan darah Anda. Setelah darah diambil sebagai sample dan nantinya akan diketahui bagaimana kondisi Anda saat ini. Akan tetapi hasil dari pemeriksaan ini akan diketahui setelah beberapa hari. Untuk tes dengan darah ini memakan biaya yang cukup tinggi. Dan perlu Anda ketahui pula bahwa hasil Ige spesifik darah ini setara dengan cara pemeriksaan lain sehingga Anda tidak memerlukan pemeriksaan berulang kali dengan cara yang berbeda untuk mengkonfirmasi kebenaran dari hasil pemeriksaan.

3. Pemeriksaan alergi dengan Uji Tempel Kulit

Pemeriksaan alergi dengan cara uji tempel kulit ini dilakukan untuk mengevaluasi reaksi hipersensitiff dengan tipe lambat. Seperti juga dengan namanya, pemeriksaan alergi dengan uji tempel ini dilakuakn dengan cara menempelkan alergen pada kulit Anda yang sehat dan bersih selama 2 sampai 3 hari. Akan tetapi memang pemeriksaan dengan cara ini sangat jarang dilakukan. Dengan begitu Anda akan mengetahui hasilnya setelah kurang lebih 2 hari atau 3 hari setelah alergen dilepas dari kulit Anda.

Itulah berbagai ragam atau jenis dari tes alergi yang bisa dilakukan. Perlu Anda ingat pula bahwa tes alergi ini hanya perlu dilakukan saat Anda atau buah hati Anda mengalami gejala penyakit alergi pada stadium tinggi atau berat. Selain itu alergi yang terjadi secara berulang kali juga patut untuk mendapatkan pananganan tes alergi ini. Perlu Anda ketahui pula bahwa hasil dari tes untuk alergi ini bisa memberikan hasil yang berbeda atau bervariasi dari waktu ke waktu. Karena hasil dari pemeriksaan atau tes ini tergantung dari kondisi Anda terhadap alergen. Nantinya hasil tes untuk alergi ini perlu digabungkan dengan anamnesis yang teliti sehingga akan diketahui alergen pencetusnya.

1 komentar

  1. Tes alergi penting banget, ya? Soalnya dulu, pas alergi obat batuk, tahunya nggak dari awal. :(

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.