Resep Sup Krim Jagung, Menu Piring Gizi Seimbang dalam Satu Lauk


Makan makanan sehat itu memang kebutuhan ya. Apalagi kalau punya anak kecil nih, memenuhi gizinya penting banget untuk tumbuh kembangnya.

Dan belakangan ini saya memang mulai untuk memasak lagi, supaya suami bisa bawa bekal ke kantor dan anak-anak bisa makan sehat. Karena beberapa hari belakangan suami sering sakit. Salah satu penyebabnya karena sering telat makan. Tiba-tiba pas jam makan siang hujan deras mau keluar makan males. Akhirnya menunda makan siang. Maka dari itu bawa bekal sendiri akan lebih enak. Porsinya juga bisa disesuaikan dengan keinginan, yang paling penting menunya bisa mengikuti acuan menu piring gizi seimbang.

Nah hari ini saya iseng nih membuat sup krim jagung sendiri. Karena saya kangen juga masakan ibu saya. Selain enak sup krim jagung juga memenuhi syarat gizi seimbang loh. Karena sudah terdiri dari sayur dan protein. Tinggal diberi pelengkap buah dan karbo berupa nasi. Gak ribet harus masak dua menu, hihi.

Apalagi kalau punya bayi kecil memang harus menghemat waktu saat beraktifitas, pokoknya dalam waktu singkat semua sudah siap. Jadi saya memang lebih sering memasak sayur dan lauknya sekaligus supaya lebih prakatis.

Resep Sup Krim Jagung


Bahan Sup Krim Jagung:

2 bonggol jagung manis
1/4 wortel potong dadu
1 bawang bombay ukuran besar
1 siung bawang putih
2 buah sosis
2 sendok makan margarin
1 butir telur
1/4 dada ayam
garam secukupnya
1 bungkus bumbu sup krim jagung siap pakai

Cara Membuat Sup Krim Jagung:

  1. Rebus jagung manis hingga matang, sisihkan jagung manis lalu gunakan air rebusan jagung untuk merebus dada ayam hingga matang. Sisihkan kembali dada ayam dan suwir-suwir.
  2. Gunakan air rebusan tadi, masukan potongan wortel dan ayam suwir.
  3. Rebus hingga wortel setengah matang, masukan jagung yang sudah disisir dan juga sosis.
  4. Kocok lepas telur dan masukan pada panci sambil terus diaduk.
  5. Panaskan margarin pada wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu. Sisihkan.
  6. Masukan tumisan bawang putih dan bawang bombay pada panci, tambahkan garam.
  7. Sup krim jagung siap dinikmati.

Sempurnakan Makanan Sehari-hari dengan Menu Piring Gizi Seimbang

Setiap harinya kita memang harus mengkonsumsi karbohidrat, sayur, protein dan juga buah agar kebutuhan tubuh akan gizi bisa terpenuhi.

Nah karena tadi itu hanya lauknya, jadi masih kurang nih untuk sesuai dengan menu piring gizi seimbang. Menu piring gizi seimbang itu terdiri dari karbohidrat 35%, sayur 35%, protein 15%, buah 15%. Jadi memang jumlah karbohidrat dan sayurnya memang sama, agar mendapatkan energi yang cukup dan juga vitamin dari sayur. Sedangkan protein ternyata cukup 15% dan begitu juga buahnya.


Nasi dengan lauk sup krim jagung ditambah dengan sebuah apel jadi deh meni piring gizi seimbang. Apalagi sup krim jagungnya memang sudah terdiri dari sayur dan juga ayam dan sosis, dengan sayur yang lebih banyak dari ayam dan sosisnya.


Protein Lebih Baik So Good


Nah ayamnya ini biar gampang saat diproses lebih baik beli ayam potong So Good aja. Kenapa? Karena ayam potong So Good sudah bersih loh, potongan ayamnya juga besar-besar. Memang sih untuk harganya beda dengan ayam di pasar.

Kalau ayam di pasar hanya tiga puluh ribu sekilo, ayam potong So Good ini lima puluh lima ribu sekilonya. Tapi beda loh, ayam potong so good ini pilihan. Yang saya beli ini ayam potong So Good dada dan paha. Jadi memang hanya terdiri dari dada, paha atas dan paha bawah. Jadi bener-bener sekilonya ayam potong So Good ini dagingnya banyak loh. Apalagi saya kadang suka geli sendiri kalau harus bersihin daging ayam mentah, haha.

Selain ayam potong biasa, So Good juga ada ayam berbumbu. Tapi ini belum coba sih, kayaknya sih enak.








7 komentar

  1. Ah jadi pengen masak sup krim jagung juga. Tapi kalau bikin bumbu sup krim jagung sendiri bahan-bahannya apa aja ya, Mbak?
    Mesti googling dulu nih kayaknya :D

    *kok jawab sendiri :D

    BalasHapus
  2. Aku suka banget sup jagung, tapi kalo bikin sendiri sering gagal dan rasanya nggak seenak kalo beli, haha. kapan2 bikin lagi ah, pake ayam potong So Good. Kebetulan masih ada stok

    BalasHapus
  3. Aku suka nih sup krim jagung. Kadang, dikentalkan pakai tepung. Jadi, karbonya dari tepung aja, nggak perlu pakai nasi. Hehe.

    BalasHapus
  4. Waah suka banget sama sup krim, tapi ga pernah bikin biasanya beli di salah satu resto cepat saji.

    BalasHapus
  5. Ngiler liat sup nya. Anakku doyan banget krim sup, tapi aku ga pinter buatnya, liat resep disini jd mau nyoba lagi

    BalasHapus
  6. Jadi pengen sup krim iihhh

    BalasHapus
  7. wah aku n boyz suka banget sup krim. hmm enak!

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.