Bahan Alami Ini Harus Ada di Bubur Bayi 6 Bulan Anda


Pertumbuhan buah hati tentunya menjadi prioritas utama bagi setiap ibu, terutama untuk buah hati di umur 6 bulan. Oleh karena itu, selama bayi segala sesuatu termasuk asupan yang masuk ke dalam tubuh harus terjaga dengan benar. Di setiap fase, terdapat makanan khusus yang dianjurkan. Pada umur enam bulan adalah fase dimana bayi mulai tertarik dengan makanan orang dewasa. Hal ini sebenarnya bagus untuk orang tua memberikan asupan pendukung selain ASI. Namun, perlu diingat asupan tersebut haruslan sesuai dengan kebutuhan bayi itu sendiri. Jangan sampai asupan tersebut membawa hal yang tidak diinginkan bagi bayi. Asupan yang sangat dianjurkan yang lembut dan lunak seperti bubur. Sebenarnya hari ini ibu dapat dengan mudah menemukan bubur bagi bayi sesuai umur masing masing di supermarket. Namun, ada baiknya membuat bubur bayi 6 bulan dengan memberikan asupan bahan yang alami sehingga masih terjaga dari bahan kimia. Berikut beberapa resep bubur bayi 6 bulan yang terbuat dari bahan alami yang bisa ditiru oleh bunda:

1. Bubur Pisang


Seperti telah dijelaskan di awal, pada fase ini bayi membutuhkan asupan yang lembut dan gampang untuk dicerna. Oleh karenanya, pisang adalah salah satau bahan alami yang cocok dikarenakan teksturnya yang memang lembut. Pisang sendiri bermanfaat karena mengandung banyak serat dan kalium. Tenang, pisang aman kok untuk perut bayi selama tidak memberikannya terlalu sering. Karena, jika terlalu sering dikhawatirkan bayi akan mengalami konstipasi. Cara membuatnya adalah dengan mencampur sedikit susu formula atau ASI dengan pisang yang telah dihancurkan dengan menggunakan garpu atau sendok.

2. Bubur Beras Merah


Dalam usia bayi, tentunya diperlukan banyak asupan gizi untuk menunjang pertumbuhan buah hati. Untuk itu, bubur beras merah sangat cocok untuk pertumbuhannya. Beras merah sendiri mengandung serat yang tinggi. Hal ini dapat membantu proses pencernaan bayi. Dalam setiap 100 gram terdapat 3,5 gram serat yang berguna bagi bayi. Selain itu terdapat kandungan lain seperti protein, lemak, B1 dan B2.

Untuk membuatnya sangatlah mudah. Pertama beras merah harus diblender terlebih dahulu sampai agak halus. Setelah itu barulah dimasak dengan air yang telah mendidih sampai dirasa tekstur sudah cukup lembut dan halus.

3. Bubur Avokad


Avokad adalah salah satu buah yang dianjurkan untuk bayi. Terdapat beberapa kandungan yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi. Advokat mengandung banyak protein dan sedikit kandungan gula. Selain itu, kandungan yang tidak kalah pentingnya adalah asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk mendukung perkembangan otak bayi. Kandungan lainnya yang juga sangat bermanfaat adalah seperti vitamin C maupun vitamin K untuk perbaikan jaringan tubuh dan pertumbuhan, folat dan kalium untuk mengatur tekanan darah serta kandungan lain yang berguna.

Untuk cara penyajiannya kurang lebih sama dengan bubur pisang. Daging alpukat yang bertekstur lembut cukup dihancurkan dengan sendoka atau garpu sampai halus. Dianjurkan untuk diberikan tambahan ASI atau susu formula.

4. Wortel


Untuk yang satu ini sebenarnya sudah banyak diketahui dan umum dikonsumsi siapa saja. Wortel sangatlah baik untuk kesehatan mata karena mengandung Vitamin A. Selain itu wortel juga mengandung kalsium dan magnesium yang baik untuk pemebentukan tulang serta zat besi yang baik untuk pembentukan sel darah merah.

Untuk mendapatkan tekstur yang lembut, wortel direbus terlebih dahulu selama 10-15 menit dalam air mendidih. Setelah itu baru wortel di blender. Untuk menarik perahatian bayi, ibu tidak harus menjadikan wortel sebagai asupan utama. Ibu bisa menjadikannya canpuran bubur dari bahan alami lainnya atau bubur instan yang dibeli di supermarket.

Itu tadi beberapa rekomendasi bubur untuk bayi usia 6 bulan, khusus untuk bunda yang sibuk dengan aktivitas sehari-hari bisa dicoba beberapa bubur instan untuk bayi yang mudah untuk dikonsumsi.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.