Resep Puding Labu Kuning Rasa Coklat


Bulan puasa gini makanan manis memang jadi primadona banget ya. Secara memang harus makan manis untuk menaikan kadar glukosa yang hilang di tubuh saat puasa. Salah satu makanan manis yang mudah untuk dibuat di rumah itu ya puding. Bikinnya gak pakai lama, habisnya cepet, haha.

Dan salah satu bahan yang lagi naik daun di bulan puasa ini adalah labu kuning. Memang ya labu kuning ini kalau bulan puasa dibikin olahan segala macam. Mulai dari kolak, puding sampai makanan semacam lodeh juga ada. Yang bikin saya penasaran untuk bikin puding labu kuning ini karena beberapa orang nganterin jajan kok ya pasti ada puding labunya. Gemes dong pengen bikin juga. Akhirnya coba bikin sendiri dengan seadanya bahan di rumah.

Baca juga: Sensai Es Cendol Leci yang Segar


Resep Puding Labu Kuning Rasa Coklat

Puding labu kuning rasa coklat

Resepnya ini memang labu kuningnya gak tahu seberapa banyak. Pakai feeling aja. Pokoknya jangan terlalu banyak atau sedikitlah. Kalau kebanyakan juga gak enak kan. Jadi mending jangan banyak-banyak. Apalagi ini pakai Nutrijell yang ukuran kecil.

Bahan:

Labu Kuning
1 bks Nutrijell ukuran kecil
1 bks santan instan kecil
6 sdm gula pasir
200ml air

Cara membuat:


  1. Rebus labu kuning hingga matang.
  2. Haluskan dengan uleg-uleg langsung di pancinya. (Air rebusannya jangan dibuang) Diamkan sebentar.
  3. Masukan Nutrijell, gula dan air aduk rata.
  4. Panaskan di atas kompor hingga mendidih, masukan santan, aduk rata, lalu matikan kompor.
  5. Cetak dan dinginkan.

Behind the kitchen

Labu kuningnya terserah ya mau seberapa banyak. Karena saya gak menghitung seberapa banyak. Soalnya labu kuningnya sisa, hihi. Ini jg cara masakanya ngirit tempat biar gak pindah wadah. Jadi langsung dihalusin di panci yang buat merebus. Maklumlah ngirit satu wadah bisa ngirit waktu nyuci piring, haha.

Baca juga: Resep Ayam Geprek Super Pedas

Oiya ternyata labu kuning dan coklat perpaduan yang pas. Enak juga ternyata. Apalagi biasanya puding labu kuning kan pakai agar-agar putih. Jadi pengen yang beda pakai Nutrijell coklat yang justru malah enak. Untuk takaran airnya dikurangi dari takaran yang seharusnya, soalnya labu dan santannya juga udah cairkan ya. Biar gak terlalu lembek. Dan beneran deh teksturnya pas, gak lembek atau pun keras.

Kalau mau tambah enak bisa banget loh ditambahkan susu cair atau pun SKM. Tapi kalau dikasih susu cair masukinnya nunggu mendidih ya, supaya susu cairnya gak overheat. Dan kalau mau ditambahin SKM, lebih baik gulanya dikurangin supaya gak kemanisan. Tapi kembali lagi sih sesuai selera.


Moms, buka puasa hari ini bikin makanan manis apa nih?

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.