Sebentar Lagi Si Kecil Sekolah? Yuk Simak Tips Memilih Sekolah TK untuk Anak


InsyaAllah tahun ini Aisyah mulai masuk sekolah bulan Juli nanti. Cukup was-was mengingat Aisyah ini sangat moody (seperti umminya, hahaha). Memang sekolah yang kami pilih bukan sekolah yang punya nama besar. Tapi kami lebih memilih sekolah tidak terlalu jauh dari rumah dan punya program yang bagus dalam hal pendidikan akhlaknya.

Tadinya memang ingin menyekolahkan Aisyah di TK Al-Irsyad. Tapi mengingat biaya masuknya saja sudah cukup berat kami mengurungkan niat. Belum lagi jarak yang bisa dibilang cukup jauh dari rumah. Dan ada banyak pertimbangan lainnya setelah kami pikirkan.

Sekolah yang kami pilih memang sepertinya masih baru dan gedungnya punya masih terbatas kelasnya. Tapi itu bukan masalah bagi kami. Yang kami suka ada pengajarnya cukup sabar menghadapi anak-anak yang bisa dibilang menguras kesabaran. Per kelasnya juga gak terlalu banyak murid. Ini penting banget ya, kalau di dalam kelas terlalu banyak murid akan sangat sulit untuk diatur bukan?


Kualitas Pengajar



Tentunya kita gak mau dong ya sampai anak kita diajar oleh orang yang gak kompeten di bidangnya. Apalagi sekarang banyak juga guru yang gak berjiwa guru tapi tetep ingin jadi guru cuma sekedar bisa jadi PNS. Ini yang sangat miris sekali.

Belum lagi kalau ternyata gurunya itu juga gak punya ilmu yang cukup untuk mengajari anak-anak kita. Untuk itu kalau ingin mengetahui kualitas pengajarnya datang di saat hari sekolah. Supaya kita bisa melihat langsung bagai mana sang gurung mengajar anak-anak.

Apa Saja Program yang Dimiliki Sekolah



Setiap sekolah pastinya punya visi misi untuk memajukan sekolahnya. Kita harus mengetahui apa saja visi misi sekolah tersebut. Apakah sudah sesuai dengan harapan kita. Dan juga program yang ditawarkan oleh sekolah tersebut seperti apa.

Jangan sampai kita ingin anak mendalami agama eh tahunya malahan kita salah masukin anak ke sekolah yang visi misinya lebih mengedepankan prestasi akademis. Ini sih gak salah ya, cuma kan tiap orang punya prioritas yang berbeda. Jadi pahami betul apa visi misi sekolah yang dituju supaya kita gak salah tempat.

Fasilitas yang Dimilik Sekolah



Memperhatikan fasilitas yang dimiliki sekolah memang cukup penting. Karena fasilitas ini tentunya bisa mendukung kegiatan si kecil di sekolah. Sekolahnya Aisyah sih memang dibilang fasilitasnya standar banget ya. Karena gendungnya masih dibangun dan lahan pun terbatas. Tapi karena memang saya hanya butuh fasilitas yang standar aja, seperti kelas belajar yang nyaman, toilet, tempat bermain, ya itu cukuplah. Karena tiap orang tua punya standar yang beda-beda.

Jarak dari Rumah ke Sekolah



Bagi saya, jarak sekolah juga penting untuk dipertimbangkan. Kalau sekolah terlalu jauh, resiko anak lelah di jalan sangat besar. Baru sampai sekolah bisa aja capek kan. Energinya terkuras di jalanan sebelum belajar. Itulah mengapa saya cari sekolah yang gak terlalu jauh tapi yang gak deket juga. Sekolah Aisyah ini 15 menit dari rumah kalau naik motor. Jadi gak cape lah ya.


Itu sih beberapa pertimbangan saya sebelum memilih sekolah TK anak. Kalau moms yang lain mungkin mau menambahkan?






2 komentar

  1. Sekolah anakku TK dulu juga masih standar fasilitasnya. Tapi jarak dari rumah dekat, jadi lebih enak kalau mau ngaantar sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kadang pertimbangan jarak ini penting ya, biar bisa gampang antar jemput

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.