Kemampuan Ini Penting Untuk Dimiliki Oleh HRM Indonesia


HRM Indonesia merupakan suatu divisi yang ada di perusahaan. Sebenarnya tidak semua perusahaan memiliki divisi semacam pengembangan manusia. Karena hal itu juga tergantung oleh ukuran dari suatu perusahaan. Semakin besar perusahaan, semakin banyak sumber daya manusia atau karyawanya, maka divisi Human Resource Management makin diperlukan. Tidak hanya itu, HRM juga bisa diterapkan pada berbagai organisasi atau NGO yang membutuhkan penangan terhadap anggota agar mereka lebih maksimal lagi dalam berkontribusi.

Mungkin HRM Indonesia masih terdengar asing di telinga sebagian orang. Jadi, HRM merupakan singkatan dari Human Resource Management yang merupakan bagian penting dari Human Resouce Development (HRD). HRM adalah divisi yang khusus menangani mengenai people management dan pengembangan skill serta pengorganisasian setiap karyawanya agar berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan. Nah untuk itu, menjadi HRM yang baik diperlukan beberapa kemampuan mendasar agar bisa bertahan di divisi human development ini. Apa sajakah kemampuan yang diperlukan? Berikut ini adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang HRM.

1. Komunikasi

Bayangkan jika seorang HRM Indonesia tidak bisa berkomunikasi dengan baik dan benar. Pasti akan sering terjadi miskomunikasi dengan para karyawan, bukan? Kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain sangat penting bagi HRM karena pekerjaan mereka akan selalu berhubungan dengan manusia yang memiliki beragam sifat dan latar belakang. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, akan sangat mempermudah seorang HRM dalam menyampaikan pesan kepada para karyawan yang dipimpinya serta mempermudah dalam penanganan masalah yang terjadi.

2. Leadership

Leadership juga menjadi komponen penting dalam diri seorang HRM. Percuma saja jika memiliki kemmapuan komunikasi yang baik tetapi kemampuan memimpinya buruk. Leadership adalah kemampuan untuk memimpin orang lain dan diri sendiri agar senada dengan tujuan bersama. Untuk menjadi seorang pemimpin yang baik pastinya diperlukan proses yang panjang dan pengalaman yang banyak. Namun bukan berarti jika kemampuan leadershipmu kurang tidak bisa diperbaiki. Guna dari kemampuan yang satu ini adalah agar karyawan bisa mengerti tujuan mereka dan goals-goals apa yang harus mereka ambil sebagai visi. HRM bertugas memimpin mereka kesana.

Baca Juga: Latih jiwa leadership karyawan dengan hal ini

3. Listening

Bisa komunikasi, oke. Leadership jalan, oke. Tapi HRM yang tidak suka mendengarkan orang lain akan sia-sia saja. Mendengarkan adalah kemampuan yang terlihat remeh namun sebenarnya dampaknya sangat besar dalam berbagai hal. Salah dengar akan menjadikan salah informasi dan membuat masalah menjadi semakin besar. HRM Indonesia yang baik perlu untuk dengar-dengaran satu sama lain. Dengan kemampuan mendengarkan yang baik, HRM akan menjadi sosok yang didengarkan pula oleh para anggota atau karyawan di perusahaan.

Nah selain itu, HRM juga mememrlukan bantuan dalam pekerjaanya. Software HRIS LinovHR telah berbasis cloud bisa dijadikan andalan dalam mengurus administrasi karyawan. Dengan menggunakan LinovHR, data-data perusahaan dan karyawan akan teroganisisr dengan baik. Tak perlu ragu untuk menggunakan LinovHR!

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.