Rabu, 15 April 2015

Pakai Cloth Diapper Itu Menyenangkan

Cloth diaper atau lebih sering disebut clodi memang sedang ngetren belakangan ini. Atau udah dari dulu, cuma saya aja yang baru punya anak jadi gak tahu, hehehe. Awal tahu ada clodi ini saat saya browsing di toko-muslim.com. Saat itu Aisyah belum lahir, saya juga belum tertarik dengan clodi jadi saya abaikan apa yang saya baca itu.

Hingga akhirny Aisyah lahir dan saya merasa repot kalau harus nyuci popok kain biasa. Soalnya cucian jadi segunung, kasian juga mertua jadi banyak kerjaan. Aisyah pun jadi gak nyenyak tidurnya. Saya memutuskan untuk pakai popok sekali pakai merek Mamy Poko. Tapi ternyata agak berat karena  tiap bulan harus ngeluarin uang hampir dua ratus. Udah gitu dibuang pula, apa gak nyesek, hehe.

Akhirnya ibu saya yang jualan clodi merek Ananda pun ngirimin sepuluh clodi dari Purwokerto. Saat itu saya memang lagi di Surabaya. Tapi sayang banget semua clodi itu bocor, tambah nyesek lagi orangnya gak mau dituker katanya terlalu banyak yang bocor. Nyebelin gak sih, padahal katanya boleh tuker kalau bocor.

Setelah itu saya gak pernah beli clodi lagi, agak trauma. Sampai akhirnya suami saya pesen buku di toko-muslim.com dan iseng tanya clodi yang mereka jual. Untungnya yang jual juga pernah pakai clodi buat anaknya. Mereka merekomendasikan merek QQ Baby buatan Cina. Dan memang sih saya cukup puas dengan clodi merek QQ Baby.

Sayangnya waktu itu orangnya cuma nyetok sedikit. Maklum mereka buat toko clodi tapi toko buku, hehe. Hanya saja mereka juga jual macam-macam barang. Akhirnya saya cuma beli dua karena cuma ada dua. Tapi enaknya didiskon gede banget, yang harganya sembilan puluh ribu jadi tujuh puluh tujuh ribu. Lumayankan selisihnya.

Setelah dicoba ternyata enak banget pake clodi. Cuma agak repot harus nyuci tiap hari. Apalagi clodi yang saya beli ini gak bocor bahannya juga lembut. Akhirnya saya pengen beli lagi tapi sayang tokonya gak jual lagi. Untungnya ada temen ibu saya yang ternyata juga jualan
Clodi Cluebebe

Saya nyobain clodi merek Sobi dan Cluebebe. Kalau lihat review di internet Cluebebe memang bagus dan buatan Indonesia. Sedangkan Sobi buatan Cina. Tapi karena waktu itu sama ibu saya suruh nyoba yang Sobi juga jadi ambil yang Sobi. Lagian orangnnya cuma bawa satu buah per merek.

Beberapa merek Clodi yang saya tahu kebanyakan buatan Cina. Ada sih yang buatan amrik tapi mahal banget. Satu clodi bisa sampai dua ratus. Kalau itu saya gak berani beli. Bisa jebol nih kantong, hehe. Cukup beli yang buatan Indonesia aja. Itu juga udah bagus kok.

Banyak keuntungan dari pakai clodi ini. Anak kita terbebas dari yang namanya ruam popok. Kalau saya perhatikan memang Aisyah hampir gak pernah kena ruam popok kalau pakai clodi. Beda dengan popok sekali pakai Aisyah sering kena ruam popok kalau saya lupa ngolesin krim ruam popok.

Pakai clodi lebih ramah lingkungan karena gak jadi limbah. Bayangin aja dari bayi, anak kita udah menyumbang kerusakan lingkungan dengan popok sekali pakai. Lagi pula clodi lebih hemat. Memang sih awal pas belinya butuh banyak tapi gak setiap hari dibuang. Bahkan bisa disimpen buat adeknya lagi. Itung-itung investasi popok, hehe.

Saran saya sih beli clodi gak perlu terlalu banyak cukup beli enam buah aja. Tapi dengan catatan kita harus disiplin nyucinya. Saya sendiri kalau ada clodi kotor langsung saya cuci biar gak menumpuk. Lagi pula baunya gak enak pesing banget. Beda dengan popok sekali pakai bau pesingnya gak menyengat.

2 komentar:

  1. pengetahuan lagi, tips yg super bagus. emg bener klo pakai ppok kain selain si ibu yg bakal repot nyuci klo tgl sm mama atau mertua ya bakal ngrepotin..

    klodi ni kayakpempers kh En? bs nampung ppis trs klo penuh baru qt cuci gitu kah? soalny kamu nyaranin cm 6

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, konsepnya emang kayak popok sekali pakai. Jumlah 6 itu minimal yg dibutuhkan. Tergantung situasi, kalau tinggal di daerah cuaca panas mungkin gak masalah punya segitu

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law