Selasa, 17 Mei 2016

Tip Agar Anak Tidur Siang Tepat Waktu

Sewaktu saya kecil, tidur siang memang menjadi sebuah keharusan. Padahal bagi saya tidur siang itu menyebalkan. Karena di waktu itu saya masih ingin bermain dengan kakak saya. Setelah sudah besar saya baru mengerti kalau tidur siang itu sebenarnya menyehatkan. Dan bagi orang dewasa bisa tidur siang adalah hal yang langka, haha. Saya mengerti mengapa anak-anak begitu sulit tidur di siang hari. Hal ini dikarenakan jam bagun tidur mereka yang relatif siang. Biasanya Aisyah bangun tidur sekitar jam tujuh atau delapan. Jadi jika saya berharap dia tidur jam dua belas adalah hal yang mustahil. Kalau dibiarkan gak tidur maka dia akan tidur jam empat sore hingga keesokan harinya.

Awalnya saya biarkan saja Aisyah gak tidur siang yang penting gak rewel. Tapi ternyata terlalu lama bermain dan gak tidur di siang hari membuat daya tahan tubuhnya lemah. Aisyah jadi lebih sering terkena demam. Suhu tubuhnya terkadang tiba-tiba naik, lalu keesokan harinya normal lagi. Akhirnya saya putuskan untuk menyiasati agar Aisyah bisa tidur siang tepat waktu.

Cara Agar Anak Bisa Tidur Siang Tepat Waktu

Memaksakan kehendak kita agar anak tidur terkadang gak selalu berjalan mulus. Apalagi bagi Aisyah yang memang lebih suka bermain. Akan sangat sulit membuatnya tidur siang. Awalnya saya memang kesulitan membuatnya tidur siang jam dua belas tapi ternyata saya menemukan cara agar Aisyah bisa tidur siang tepat waktu tanpa harus memaksanya.

Kunci dari anak bisa tidur siang tepat waktu adalah dengan membangungkannya lebih awal. Jika Aisyah terbiasa bangun jam delapan atau tujuh maka setelah saya sholat shubuh sekitar jam lima dia sudah saya bangunkan. Cara membangunkannya cukup dengan menyalakan lampu. Biasanya nanti dia akan merasa terganggu dan bangun. Setelah itu saya biarkan dia bermalas-malasan di kasur. Barulah kalau sudah waktunya mandi dia baru mandi.

Jika Aisyah bangun jam lima maka kemungkinan besar dia akan tertidur jam sebelas atau dua belas. Bahkan tanpa perlu saya minta jika sudah siang hari dia akan tidur di tempatnya dan minta diusap-usap. Jadilah sekarang Aisyah lebih sering tidur siang. Tapi ya gitu deh saya yang pagi-pagi jadi repot sedikit karena Aisyah sudah bangun dan minta perhatian. Tapi itu lebih baik dari pada dia gak tidur siang dan sering sakit.

11 komentar:

  1. Dulu juga waktu belum sekolah, aku selalu berusaha membuat Fathir rutin bobok siang tuh mbaaak...

    Dan setelah dia bobok, mamanya pun ikutan bobok siang biar dibilang kompak bhahahaha....*modus*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga gitu klo anak bobo ikutan bobo biar kompak? Wakaka

      Hapus
  2. aku paling rajin bobo siang bareng anak juga *dolooo
    sekarang merindukan bobo siaang :(

    seringnya denger dan liat apdet status Boci (bobo ciang) nya si Bos hadooh hhaaa

    BalasHapus
  3. Alvin juga masih ruton tidur siang nih. Nanti SD belum tau deh tinggal 2 bulan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin klo sudah sekolah jarang tidur siang kali ya

      Hapus
  4. anak2 saya juga saya biasain tidur siang mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, biar emaknya bisa tidur juga, wakaka

      Hapus
  5. Ini bisa diterapkan untuk Jasmine kelak ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba tapi siap2 aja pagi2 rempong dengan si kecil, haha

      Hapus
  6. Fira masih bisa tidur siang, meskipun yaaa kadang kadang waktunya, kalau untuk Faiz bobooooo, jangankan bobo siang, bobo malampun susah bangett

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihih, mungkin karena anaknya aktif jd susah bobo.

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law