Resep Ayam Geprek Super Pedas


Belakangan ini ayam geprek memang lagi booming banget ya. Padahal sih ayam geprek ini ayam goreng yang diberi sambal lalu digeprek. Sebenarnya mirip ayam penyet, cuma entahlah, haha. Saya sendiri juga jadi penasaran dengan ayam geprek ini. Jadi memutuskan untuk beli ayam geprek di fast food dekat rumah. Seporsi cukup murah hanya Rp 16.000 sepaket dengan minuman juga. Seperti biasaya kalau beli makanan di luar pasti gak kenyang. Jadi setelah tahu ayam geprek itu seperti apa, saya memutuskan untuk membuat sendiri di rumah.

Sabtu lalu saya bulatkan tekat untuk masak. Karena setelah punya anak ketiga ini memang hampir gak pernah masak dong, males gitu, wekeke. Tapi karena ada filet ayam yang udah dibeli dari kapan mau gak mau deh baru bikin ayam geprek ini. Padahal niatnya filet dada ayamnya mau dibikin ayam lada hitam, hihi.

Resep Ayam Geprek

Memasak ayam geprek ini gak susah loh. Gampang banget ternyata, saya masak satu jam aja udah beres. Pokoknya semua bahan lengkap jadi gak perlu mondar mandir beli bahan lagi saat lagi masak ayam geprek.

ayam geprek ala Juvmom
Ayam Geprek ala Juvmom


Bahan ayam geprek:

500 gram filet dada ayam
2 bungkus kecil tepung krispi (saya pakai merk Sasa)
4 sendok makan tepung maizena
1 butir telur
air secukupnya
1/2 liter minyak (untuk menggoreng)

Bahan sambal:

20 buah cabai rawit
1 siung bawang putih
garam secukupnya

Cara membuat ayam geprek:


  1. Kocok telur dan tambahkan sedikit air, sisihkan.
  2. Campur tepung krispi dan tepung maizena, aduk hingga rata, sisihkan.
  3. Ambil filet ayam yang sudah diiris sesuai selera, masukan dalam telur lalu baluri dengan tepung krispi. Goreng hingga coklat keemasan. Lakukan hingga filet ayam habis.
  4. Sambal: haluskan cabai rawit, garam dan bawang putih. Panaskan minyak, tuangkan minyak panas pada cabai yang sudah dihaluskan aduk rata.
  5. Tata filet ayam yang sudah digoreng, geprek ayam filet yang sudah digoreng tadi dan tambahkan sambl secukupnya. Siap disajikan.

Tips Memasak Ayam Geprek

Ayam geprek ini memang identiknya ayam goreng tepung yang dimakan dengan sambal ya. Karena di mana-mana saya lihat begitu. Nah kali ini bikin ayam gepreknya sengaja pakai filet supaya lebih enak makannya.

Dan seperti biasa dari dulu itu kalau bikin ayam tepung sulit banget untuk mendapatkan hasil yang kriting. Memang sih kalau mau kriting gitu harus pakai es batu dan juga minyaknya gak boleh tanggung. Harus berani pakai minyak banyak. Cuma kadang kan males aja bikin gitu doang sampai hampir habis minyak setengah liter, haha. Boros minyak banget.

Next pengen bikin ayam geprek seperti Geprek Bensu yang ada kejunya itu. Tapi gak tahulah kapan, hihi. Kalau Bunda udah nyobain ayam geprek?

4 komentar

  1. Besok mauuuuu cobaaa masak ayam geprek aaahh. Thank you sharingnya yaa Mbaakk

    BalasHapus
  2. Saya suka banget nih sama yam gerek, hihi. Kalau bisa buat sendiri enak dong. lebih irit :D

    BalasHapus
  3. Lagu vital nih mbak resep ayam geprek gini. Akupun suka

    BalasHapus
  4. Wah bisa nih kirim ke Kertosono Minggu siang, hehe
    Saya sama suami suka banget Ayam Geprek

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.