Entri yang Diunggulkan

Rekomendasi Tempat Beli Mainan yang Murah dan Lengkap

Sekalipun anak-anak saat ini terlihat lebih suka bermain gadget tapi nyatanya, mereka tetap saja suka memainkan berbagai mainan anak sepe...

Review Gendongan SSC Zakkel



Jadi ceritanya gendongan SSC Zakkel ini SSC pertama yang saya miliki. Setelah konsultasi dengan Mba Echa, saya mantap untuk beli SSC Zakkel dengan orang yang juga dikenalin oleh Mba Echa. Saya beli Zakkel seharha 580.000 belum ongkir ke Surabaya.

Kesan pertama saya suka banget, pas dipake kok enak gak pegel. Sayangnya Hamzah gak suka digendong dengan SSC Zakkel karena ada bantalan busa di paha. Kok ya dia lebih anteng di gendong pake SCC Andrea. Qodarulloh SSC Andrea ini hadiah dari Indonesia Baby Wearers. Gak beli sendiri jadi, seneng, wkwkwk. Nanti SSC Andrea insyaAllah saya review juga.

Review Gendongan SSC Zakkel ini sengaja saya buat netral aja. Di akhir entri baru saya kasih review saya secara personal.

SSC Zakkel
Gendongan SSC Zakkel



Body Panel Besar

Untuk SSC lokal body panel Zakkel memang cukup besar dibanding SSC lokal lainnya loh. Cocok untuk bayi berbadan besar. SSC Zakkel bisa digunakan untuk bayi dengan berat badan minimal 7 kg.



Shoulder Pad Empuk

SSC Zakkel
Shoulder pad tebal.


Zakkel ini memamg shoulder padnya cukup tebal dan empuk. Jadi saat menggendong gak kerasa capek loh. Dan bagi saya yang imut ini *cieeeh* shoulder padnya cukup penuh di pundak, haha. Jadi berasa tebel dan aneh kalau ketutupan kerudung. Tapi gak masalah sih, enak, empuk.

Buckle pada Pinggang Disertai Bantalan

SSC Zakkel
Bantalan di bagian belakangnya.


Beberapa SSC lokal yang saya lihat memang belum memiliki bantalan di buckle bagian pinggang. Jadi terasa sakit di bagian pinggang jika terlalu lama menggendong. Nah SSC Zakkel ini punya bantalan empuk yang meminimalisir rasa sakit akibat tekanan dari buckle. Dan posisi bucklenya ini di sebelah kanan.

Waistpad 

SSC Zakkel
Waistpad empuk.


Bisa dibilang Zakkel memang nyaman dipakai untuk menggendong lama. Karena dari bahan busanya bukan busa yang keras tapi empuk dan tebal. Pada bagian perut busanya gak terlalu keras. Nyaman untuk penggendong.

Double Lock Buckle

SSC Zakkel
Double lock untuk pengamanan.



Bagian buckle di bagian pinggangnya punya pengaman double lock. Jadi saat buckle terlepas, gak langsung copot. Pengunci bucklenya harus dibuka dulu barulah bukclenya bisa terlepas. Bagus sih ya jadi lebih aman. Tapi saya pernah terjepit double locknya ini, lumayan sakit, wkwkwk. Maklumlah awal-awal pake SSC masih katrok, hihi.

Dilengkapi Bantalan di Bagian Paha

SSC Zakkel
Bantalan di bagian paha.


Bagi saya awalnya ini kelebihan Zakkel dari yang lain. Karena ada bantalan jadi paha si kecil seharusnya jadi lebih gak pegel dong ya saat digendong. Busanya ini cukup tebal dan empuk.

Dilengkapi PFA (Perfect Fit Adjustment)

SSC Zakkel
PFA di bagian depan.


PFA ini terletak di bagian shoulder pad bagian depan. Biasanya ini digunakan untuk mempermudah saat menyusui. Jadi sebelum dipakai PFA harus dikencangkan dulu. Setelah itu baru pakai dan atur SSC. Nanti kalau mau nyusuin, PFAnya dilonggarkan.

Hoodie Bentuk Topi

SSC Zakkel
Hoodie bentuk topi.


Seperti kebanyakan SSC yang dilengkapi hoodie, merk Zakkel ini punya hoodie yang bentuknya seperti hoodie jaket gitu. Dan ada pengaitnya di kanan dan kiri agar bisa menopang kepala anak saat tertidur di gendongan. Pengaitnya ini berbahan seperti karet.

Kantong Multifungsi


SSC Zakkel
Kantong multifungsi.

Di bagian waist pad terdapat kantong yang cukup besar untuk menyimpan ponsel 5 inch juga dilengkapi perekat, jadi barang gak mudah jatuh. Tapi sejauh ini gak pernah dipakai, karena saya bukan tipikal orang yang suka ngantongin ponsel apa lagi duit. Duit sih minta suami aja, males pegang duit, kotor, wkwkwk.

Tidak Dilengkapi Footstrap

Sayangnya nih SSC Zakkel gak dilengkapi footstrap, jadi kalau anak sudah usia toddler ya harus beli yang ukuran toodler, hihi.

Review Gendongan SSC Zakkel Secara Personal


Bisa dibilang Zakkel ini enak kalau dipakai. Tapi yah, apa mau dikata, anak saya malah gak suka pakai Zakkel, pasti gak kerasan. Dia sebel dengan bantalan di bagian pahanya, belum lagi body panel besar dan juga hoodienya bentuk topi jadi bikin gerah. Jadi hoodienya saya copot dan gak dipake. Hoodienya yang berbentuk topi ini juga bikin kurang nyaman untuk menyusui karena gak lebar yang artinya gak bis menutupi aurat kalau menyusui. Udah gitu pengait hoodienya itu pakai karet dan rentan molor.


Dan beberapa kali pakai dan bandingin dengan Andrea, kok ya Zakkel ini susah dipakai ya. Apalagi saya pakai kerudung lebar. Jadi untuk memasang buckle bagian punggung agak susah pada Zakkel. Karena buckle di punggungnya gak bisa diturunkan sampai tengah punggung. Jadi ini agak menyulitkan saya untuk pakai SSC sendiri.

Padahal kalau dibilang enak, ya enakan Zakkel. Tapi kalau dari kemudahan pemakaian Andrea masih lebih mudah. Cuma ya siap-siap pegel aja karena shoulder padnya tipis dan kadang melorot kalau pakai Andrea.

Review ini bersifat personal ya. Karena kenyamanan tiap orang beda-beda loh. Jangan langsung memutuskan begitu saja hanya dengan baca review ini. Coba ikutan komunitas lokal yang bisa icip-icip gendongan supaya tahu, lebih nyaman pakai gendongan merek apa.

Ada yang udah pernah pakai Zakkel? Share juga yuk di komentar.

3 komentar

  1. jaman sekarang jenis gendongan begitu banyak macamnya sampai bingung milihnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, iya mba, tapi pilih yang nyaman di anak dan di kantong, wkwkwk

      Hapus
  2. Kalo aku jujur team Zakkel mbak 😍 meskipun enggak denied juga kalo Andrea pun juga nyaman 😁

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.