Entri yang Diunggulkan

Rekomendasi Tempat Beli Mainan yang Murah dan Lengkap

Sekalipun anak-anak saat ini terlihat lebih suka bermain gadget tapi nyatanya, mereka tetap saja suka memainkan berbagai mainan anak sepe...

Capek Liat Tumpukan Baju? Yuk Pakai Cara Ini Supaya Baju Lebih Mudah Diatur


Capek Liat Tumpukan Baju? Yuk Pakai Cara Ini Supaya Baju Lebih Mudah Diatur

Nyetrika baju itu memang bukan hal yang bisa diselesaikan dengan cepat. Butuh waktu lama dan ya panas gitu. Kalau punya anak bayi, gak bisa sembarangan nyetrika baju. Apalagi saya kalau nyetrika di lantai pakai alas setrika. Jadi nyetrika baju ya malam saat anak pada tidur pulas.

Bisa dibilang saya cukup sebel melihat tumpukan baju yang gak karuan. Meski bisa dibilang baju kami serumah gak banyak-banyak amat tapi tetep aja kalau baju udah penuh sekeranjang kok ya gemes banget lihatnya. Akhirnya saya mikir untuk mensiasati tumpukan baju ini agar lebih memudahkan saya menghemat waktu ini.

Gantung Pakaian yang Sudah Dijemur

Apa sih yang bikin pakaian yang sudah dijemur jadi kusut? Karena diletakan sembarangan kan? Jadi setelah baju kering jangan lempar begitu aja ke bak atau keranjang.

Terus caranya bagaimana?

Pakaian yang sudah dijemur harus tetap digantung. Nah ini jadinya harus stok gantungan pakaian yang banyak. Digantungnya pun di jemuran baju yang khusus untuk pakaian yang sudah kering.

Bisa beli rak gantung kayak gini.

Rak Ikea
Rak Ikea
Credit: Ikea.com


Atau biar lebih rapi beli lemari gantung yang khusus untuk gantung jemuran kering. Kalau gak mau ribet ya satuin aja dengan lemari baju yang ada gantungannya. Tapi saya gak melakukan ini, karena males aja campur-campur.

Dengan ini meminimalisir pakaian dari kusut setelah dijemur. Karena sebenernya pakaian setelah dijemur juga beberapa gak kusut-kusut amat kok. Asalkan habis cuci langsung jemur ya, jadi gak sampai kusut.

Pakai Baju Rumah yang ada di Jemuran

Kalau bisa hindari pakai baju yang sudah dilipat.

Nah kalau udah nerapain step pertama. Yang kedua ini lanjutannya. Pakai baju rumah yang ada di jemuran. Kalau bisa jangan buka baju yang dilipet. Artinya nambah kerjaan, haha. Memang sih jadinya pakai baju itu-itu aja.

Suami juga saya beri arahan yang sama. Ya itu untuk pakai baju atau celana yang ada di gantungan baju kering. Dan itu membuat saya cukup terbebas dari kewajiban melipat baju rumah, haha. Jadi selama ini baju rumah hampir gak pernah masuk lemari. Ya karena di gantungan terus. Toh baju rumah saya cuma 5 potong loh.

Dikit kan?

Iya, karena saya memang menerapkan hidup minimalis. Baju gak perlu banyak-banyak. Seenggaknya kalau sehari gak nyuci masih ada baju lah.

Hanya Setrika Pakaian untuk Keluar

Setrika baju kerja dan hang out aja supaya waktu menyetrika lebih singkat.

Sebenarnya saya terinspirasi dari orang Jepang yang gak pernah nyetrika baju rumah. Itu sangat keren buat saya, hihi. Apalagi kultur di Indonesia itu kan semua baju entah itu baju rumah atau baju luar pasti disetrika kan? Dan ya males dong nyetrika baju rumah, haha.

Bayangin aja, baju rumah itu cepet banget kepake lagi. Sedangkan nyuci, jemur dan ngelipetnya itu prosesnya lama. Males lah kalau masih harus disetrika. Toh kalau pakai metode di atas baju saya yang kebanyakan daster ini gak kusut kok.

Mungkin bakal ada yang mikir, saya males?

Ya, emang males.

Males berkutat dengan setrikaan. Lebih baik waktunya dipakai untuk yang lain kan? Kalau bisa disiasati kenapa gak?


Hasilnya....

Saya sudah menerapkan step-step di atas beberapa bulan ini dan hasilnya saya gak perlu pusing untuk lipet-lipet baju lagi. Nyetrika pun jadi lebih cepat karena baju gak kusut loh. Senangkan kalau gini, waktu nyetrika jadi singkat dan gak perlu lihat tumpukan baju yang banyak.

Cara ini memang saya temukan sendiri dan terinspirasi dari tulisan seseorang yang tinggal lama di Jepang. Dan ya saya bukan orang yang nerapin metode lipet ala Konmari ya. Karena gak cocok untuk saya yang gak telaten ngelipetin baju, haha. Tapi untuk beberapa hal saya menerapkan metodenya Konmari, seperti gak menimbun barang dan beberapa hal lainnya.

Kalau mom punya cara lain gak supaya baju lebih mudah "diatur"? Share dong!

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.