Entri yang Diunggulkan

Rekomendasi Tempat Beli Mainan yang Murah dan Lengkap

Sekalipun anak-anak saat ini terlihat lebih suka bermain gadget tapi nyatanya, mereka tetap saja suka memainkan berbagai mainan anak sepe...

Maukerja Siap Menyediakan Lowongan Kerja bagi Para Pencari Kerja di Indonesia

Masa-masa sebelum dan setelah Hari Raya Idul Fitri konon adalah waktu yang tepat untuk mencari pekerjaan. Pasalnya, banyak orang memilih untuk resign dan berpindah pekerjaan antara sebelum atau sesudah hari raya. Alasannya? Tentu saja setelah karyawan tersebut mendapatkan tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan. Ketika banyak orang memilih mengundurkan diri maka otomatis akan muncul lowongan kerja yang lain. Jadi, jika Anda tengah membaca artikel ini. Besar kemungkinan Anda sedang mencari pekerjaan, dan saat ini adalah salah satu waktu yang tepat untuk melakukannya.


Pekerjaan rumah selanjutnya adalah bagaimana memilih sumber informasi kredibel yang menyediakan informasi lowongan kerja secara update. Di Indonesia saat ini ada banyak sekali cara memperoleh informasi seputar lowongan kerja. Kita dituntut untuk mampu menyeleksi situs mana yang paling update dan terpercaya. Sehingga kita tidak menjadi korban penipuan lowongan kerja seperti yang saat ini kerap terjadi. Salah satu situs penyedia lowongan kerja yang dapat Anda andalkan adalah Maukerja. Situs besutan Brightan System asal negeri jiran Malaysia ini sudah lebih dahulu dikenal di Malaysia sebagai situs penyedia jawatan kosong atau lowongan kerja terpercaya dan terupdate. Bahkan pada bulan April lalu Maukerja berhasil meraih penghargaan dari Asia Recruitment Awards 2018 sebagai ‘Best Job Portal’.

Seakan ingin mengulangi kesuksesannya di negeri tetangga. Maukerja resmi dirilis di Indonesia pada 8 Juni 2018 lalu. Anda dapat mengaksesnya melalui alamat maukerja.id. Namun ada yang berbeda dari Maukerja jika dibandingkan dengan portal penyedia informasi lowongan kerja lainnya di Indonesia. Situs yang satu ini rupanya fokus menyediakan informasi lowongan kerja untuk pekerjaan non-eksekutif seperti operator mesin, pramuniaga, kasir, dan lain sebagainya. Sepertinya Brightan System melihat kondisi pasar dengan baik. Ketika saat ini lowongan pekerjaan untuk posisi non-eksekutif informasinya terbatas sehingga pencari kerja bisa jadi tidak mendapatkan informasi bahwa ada lowongan kerja karena informasinya terputus. Dengan adanya Maukerja tentu dapat menjadi solusi. Meskipun diperuntukkan untuk pekerja non-eksekutif, Anda juga dapat menemukan beberapa posisi eksekutif terpasang pada laman Maukerja.


Jika dilihat sekilas tampilan user interface dari situs Maukerja ini cenderung sederhana. Anda akan disuguhkan dengan daftar lowongan kerja yang masih tersusun secara acak. Setelah mendaftar dan melengkapi halaman profil. Anda baru akan mendapatkan rekomendasi lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi. Anda juga dapat memanfaatkan fitur filter yang tersedia dimana Anda dapat memfilter lowongan pekerjaan yang muncul berdasarkan perusahaan, posisi, kategori pekerjaan, hingga gaji minimal yang diharapkan.

Website untuk Perusahaan yang Mencari Karyawan

Permasalahan putusnya informasi lowongan kerja untuk posisi non-eksekutif ini juga tidak hanya dihadapi oleh para pencari kerja saja. Pihak perusahaan juga dihadapkan oleh kesulitan yang sama. Apalagi jenis pekerjaan non-eksekutif seperti pramuniaga, kasir, pramusaji, dan sebagainya cenderung memiliki tingkat turnover karyawan yang tinggi. Proses rekrutmen dalam jumlah banyak dan sering tentu saja akan menghabiskan waktu dan biaya operasional yang tinggi. A Job Thing hadir sebagai e-recruitment solution atas permasalahan yang sering dihadapi oleh perusahaan seperti diatas. Apalagi bagi perusahaan-perusahaan dengan tingkat turnover karyawan yang tinggi, A Job Thing akan membantu proses rekrutmen menjadi lebih cepat dengan biaya operasional yang tentu saja lebih rendah.


Perusahaan tak perlu menghabiskan banyak biaya marketing menyebarkan informasi pencarian kandidat melalui channel online dan offline. Berdasarkan list pencari kerja yang valid di Maukerja, A Job Thing akan merekomendasikan kandindat - kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jika kurang puas dengan sistem seleksi tahap awal melalui profile kandidat di Maukerja. Perusahaan dapat memanfaatkan fitur job skill analysis dimana kandidat akan diminta untuk melakukan serangkaian test online untuk melihat kemampuan masing-masing kandidat. Tahap selanjutnya, perusahaan hanya perlu melakukan tahap wawancara demi memantapkan tenaga kerja yang akan diterima sesuai dengan ekspektasi perusahaan.

Platform A Job Thing telah digunakan oleh banyak brand ternama seperti McDonald, Watsons, Giants, dan Parkson. Meskipun begitu platform ini masih cocok untuk digunakan oleh perusahaan skala menengah maupun kecil.

7 komentar

  1. wah ada juga web yang kayak gini ya... semoga dapat membantu para pekerja & pencari kerja, jadi inget masa2 dulu nyari kerja baca di koran kompas, abis itu kirim lamaran pake amplop hahahah ampun dah jadul banget XD

    BalasHapus
  2. Wah keren ada wesite seperti itu

    BalasHapus
  3. Websitenya sangat berguna buat para fresh graduite nih

    BalasHapus
  4. Wah fitur yang ditawarkan juga menarik nih

    BalasHapus
  5. Sekarang cari karyawan dan cari kerja semakin mudah dengan itu ya

    BalasHapus
  6. Perusahaan menengah ataupun kecil pasti juga sangat terbantu karena adanya ini

    BalasHapus
  7. Wah terimakasih ulasannya sangat bermanfaat

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.