Entri yang Diunggulkan

Rekomendasi Tempat Beli Mainan yang Murah dan Lengkap

Sekalipun anak-anak saat ini terlihat lebih suka bermain gadget tapi nyatanya, mereka tetap saja suka memainkan berbagai mainan anak sepe...

Mengendarai Mobil Matic vs Mobil Manual

Punya dua anak memang terkadang membuat saya kepikiran untuk punya mobil. Jadi kalau mau ke mana-mana gak pakai banyak sepeda motor. Tapi ada banyak kendala untuk punya mobil. Salah satunya karena jalanan di rumah yang banyak orang parkir sembarangan. Padahal jalanan di depan rumah cukup untuk lewat mobil. Gak cuma itu belum ada garasi juga bikin bingung. Ya kali harus sewa parkir mobil. Memang parkiran mobil sewaan dekat rumah tapi jadi nambah biaya dong. Ah ya sudahlah, belajar mengendarai mobil dulu aja kali ya.


Ngomong-ngomong tentang mengendarai mobil, dulu saat masih dibangku SMP saya pernah belajar mengendarai mobil dengan transmisi manual. Niatnya sih memang kalau sudah SMA biar bisa bawa mobil sendiri. Kalau sudah lancar mengendarai mobil dengan transmisi manual, nantinya akan mudah mengendarai mobil matic. Apalagi mobil matic kan memang cuma punya dua pedal, gak ribet seperti mobil manual yang pedalnya ada tiga.

Tapi namanya rencana tinggal rencana. Mendiang ayah saya meninggal duluan sebelum saya SMA, saya dan keluarga memilih untuk tinggal di kampung halaman ibu. Ya sudah deh, belajar mengendarai mobilnya mandeg. Itu pun saya belum sampai berani turun ke jalan raya. Hanya jalanan di sekitar pabrik yang sepi.

Sekarang sebenarnya pengen belajar mengendarai mobil lagi, apalagi saya gak bisa motor. Tapi waktunya belum ada. Mungkin nunggu Hamzah sekolah, biar gak ada yang nangisin, hahaha.

Oiya, mengendarai mobil bagi saya lebih mudah dari pada motor. Karena saya gak perlu keseimbangan. Apalagi gak punya basic bisa naik sepeda ya susah juga buat belajar motor.

Apalagi sekarang mobil juga banyak yang mengeluarkan transmisi otomatis jadi gak ribet-ribet amat seperti mengendarai mobil transmis manual. Cuma sih, kalau mau belajar banget lebih baik pakai mobil transmisi manual. Buat jaga-jaga aja sih, supaya gak ngegas. Soalnya di mobil transmisi manual salah injek kompling mesin mati. Ini dulu saya sering ngalamin, pas awal belajar. Beda dengan mobil matic yang pedalnya cuma ada gas dan rem.

Mobil Manual vs Matic


Bagi beberapa orang, mengendarai mobil matic memang lebih mudah. Pedalnya yang hanya gas dan rem dan juga kopling yang lebih sedikit membuat orang lebih memilih mobil matic. Tapi ternyata mobil matic ini juga punya beberapa kekurangan. Seperti pada tanjakan biasanya mobil matic kurang tangguh. Meski gak semua sih ya. Apalagi sekarang produsen mobil juga semakin memperbaiki kekurangan ini.

Mobil matic juga cocok banget untuk dikendarai di jalanan kota yang biasanya sering macet. Kalau pakai mobil manual, dijamin cape karena harus sering-sering nahan pedal pas berhenti di kemacetan yang tak berujung. Itulah kenapa orang lebih suka menggunakan mobil dengan transmisi otomatis ini.

Meski begitu mobil matic ini perawatan lebih mahal dari pada mobil manual karena katanya sih lebih rewel dari mobil manual.

Bagi beberapa orang mengendarai mobil matic kurang gahar. Ya seperti orang mengendarai motor matic dengan motor koplingan, beda kan feelnya, hihi. Motor koplingan serasa lebih pede dan lebih bisa dikatakan bisa naik motor, dibandingkan dengan orang yang naik sepeda motor matic. Bahkan nih, saudara saya ada yang ga bisa naik sepeda, tapi bisa naik sepeda motor matic. Ini saking mudahnya naik motor matic. Unik emang, tapi itulah faktanya.

Lebih Suka yang Mana?

Kalau saya pribadi sih memang lebih bakalan milih mobil matic karena dari segi pengoprasian lebih mudah. Gak terlalu butuh koordinasi yang banyak seperti saat mengendarai mobil manual. Selain itu, mobil matic juga nyaman digunakan untuk emak-emak seperti saya yang kurang mahir koordinasi dan gupuhan (baca: gampang panik) di jalanan.

6 komentar

  1. sekarang krn emang punyanya matic jadi lebih enak matic dan kayaknya udah lupa pake yang manual mba wkwkwk dulu pas pertama belajar pake manual belajarnya di daerah macet sakit kakiku :D

    BalasHapus
  2. Seperti halnya motor matic, mobil matic juga lebih mudah dipakai ya hehe

    BalasHapus
  3. Mobil matic sepertinya memang sangat cocok buat ibu-ibu, apalagi yang baru belajar mobil hehe

    BalasHapus
  4. Saya juga lebih suka mobil matic, tapi tergantung kebutuhan juga sih ya

    BalasHapus
  5. Mobil matic ini memang sangat cocok untuk yang tinggal di perkotaan, rawan macet hehe

    BalasHapus
  6. Saya juga tim mobil matic hehe

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.