Resep Siomay Ayam Udang Ala Dimsum yang Simpel

Sebagai pecinta berbagai dimsum, saya memang paling suka siomay. Kalau beli pasti kurang terus. Belum lagi kalau beli siomya yang enak harganya pasti mahal dan isinya sedikit. Jadi saya memutuskan bikin sendiri aja. Toh juga gak susah-susah amat cara bikinnya. Pokoknya ada kemauan, *halah.

Bikin ini sih udah lama, kira-kira seminggu setelah lebaran, stok makanan menipis dan udah bosen makan adun (semacam opornya orang Madura). Jadi bikin cemilan yang beda dari biasanya. Dan kebetulan kok saya dan suami lagi ngefans banget sama siomay. Jadi ya udah bulat kan tekad untuk bikin sendiri. Dari pada beli isinya dikit banget, cepet bokek kalau gini, hihi.

Resep Siomay Udang ala Dimsum

Karena memang sedang percobaan bikin siomay pertama kali, saya gak bikin banyak. Nyobain 1/2 kg daging ayam aja. Itu pun harga ayam saat itu lagi naik banget. Biasanya setengah kilo paling juga 15.000. Ini bisa 20.000, jadi mau beli sekilo kok ya duit mepet banget, hihi. Ya udalah seadanya aja.



Bahan Siomay:

1/2 kg fillet dada ayam, blender
100 gram udang cincang kasar
2 siung bawang putih
2 sdm minyak wijen
3 sdm minyak ikan
3 sdm tepung kanji/tapioka
1 bks saus tiram
Garam secukupnya
Sejumput merica
1 butir telur
3 batang daun bawang
1 batang wortel, parut
24 lembar kulit pangsit

Cara membuat:

1. Campur semua bahan kecuali kulit pangsit dan sisakan sedikit parutan wortelnya untuk bagian atas siomay. Aduk hingga rata, masukan telur, aduk kembali.
2. Ambip kulit pangsit, isi sesuai selera hingga kulit habis.
3. Panaskan kukusan, kukus hingga matang.
4. Angkat dan siap disantap.


Behind The Kitchen

Buat yang gak suka udang atau alergi, udang bisa diskip kok. Ganti ikan juga bisa, atau ayam doang ya bisa sih. Cuma ya rasanya beda dengan pakai udang. Saya sendiri meski alergi tetep nekat pake udang. Soalnya rasanya beda kalau gak ada udangnya. Lagian juga males sih, kalau pake ikan ribet milihin durinya, hihi.

Oiya karena kulit pangsit yang saya pakai ini bentuknya bukan persegi tapi persegi panjang jadi bentuknya absurd banget. Sampai akhirnya saya potong supaya bisa bentuk persegi, hihi. Tapi ini kulit pangsitnya terlalu tebel. Maklum lah ini bukan kulit pangsit untuk dimsum tapi untuk krupuknya mie ayam pangsit.

Harga kulit pansitnya juga murah, cuma 5rb untuk setengah kilo dan dapet 34 lembar. Jauh lebih murah banget dnegan kulit pangsit yang beli di supermarket. Kualitasnya ya juga beda sih, hihi. Kalau mau lebih bagus sebenarnya bisa pakai kulit pangsit yang bentuknya bunder itu. Bentuknya bisa lebih bagus loh. Malah bisa dibentuk seperti gyoza.

Mom udah pernah bikin siomya? Atau baru mau coba bikin?

12 komentar

  1. tapi habis makan siomay ayam udang ini langsung banyak jerawat besoknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, iya gpp lah yg penting enak, wkwkwk

      Hapus
  2. Wah kuterapin coba ke masakanku
    Soalnya aku pernah bikin pangsut daleme nda mateng hiks

    BalasHapus
  3. Dari dulu udah niat pingin bikin somay dimsum gini gak jadi2.. Hihi.. Baca ini jadi semangat mau bikin lagi sendiri.. Trims resepnya ya mba.. :D

    BalasHapus
  4. Mbak kalo beli kulit pangsit dimana? Nitip dong.. hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pasar wonokusumo mba, depannya Hisana, ada pabrik mie. Boleh, kapan2 kalau aku mau beli, hihi

      Hapus
  5. Aku sepertinya beli aja mba, daripada rasanya ga sesuai harapan hihihi :p. Tempat aku langganan beli dimsum siomay,ga pake kulit pangsitnya itu. Jd siomay tok. Trus ada bbrp varian rasa yg original kyk resep di atas, trus ada siomay keju, rawit dan sosis. Jd di dlmnya diksh isian :D. Tp sebenrnya buatku, apapun isinya, aku ttp suka siomay :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini kayaknya antil gagal deh mba, guampang banget blm pnh gagal aku bikin ini, hihi. Kalau beli mehong itu loh, hihi

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.