Cari Domain dan Hosting Murah Buat Blog? Beli di Sini Aja!


Ada yang belum tahu apa itu blog? Hmm, saya yakin yang mengunjung blog ini pasti paham apa itu blog. Mungkin yang belum paham adalah bagaimana caranya sih bikin blog yang udah pakai domain TLD seperti juvmom.com ini.

Blog juvmom.com ini sebenarnya menggunakan platform Blogger, tapi saya beliin domain biar keren. Ya, biar keren. Kan ga kece kalo misalkan masih juvmom.blogspot.com. Terlalu panjang. Lebih ringkas kalau pakai juvmom.com.

Cara Cari Domain yang Bagus

Cari nama domain yang bagus ini agak susah. Bahkan lebih susah dari memilih nama anak. Kalau nama anak kan boleh tuh sama, kalau domain tidak bisa. Kamu tak 'kan bisa beli domain Facebook.com atau Google.com, karena memang domain yang sudah dibeli oleh pihak lain, tidak mungkin bisa kamu beli.

Seperti juvmom.com ini sudah saya beli, tidak mungkin terbeli oleh orang lain. Kecuali kamu ingin beli .NET-nya yaitu juvmom.net. Mungkin masih tersedia.

Asal-usul domain juvmom.com ini juga dari nama sebuah minuman teh botol rasa-rasa yang sudah tidak beredar di pasaran lagi. Lalu saya tambahi dengan MOM, jadilah JUVMOM. Nama domain yang sederhana dan cuma terdiri dari 6 karakter saja. Bahkan semua akun media sosialnya tersedia untuk nama juvmom. Inilah kelebihannya.

Terkadang cari nama domain yang bagus itu harus bikin daftar nama dulu. Setelah ketemu sekitar 20 nama, hal yang selanjutnya dilakukan adalah mengecek apakah nama tersebut tersedia. Coret yang sudah dibeli oleh orang lain. Kemudian bandingkan sisa nama domain yang ada di daftarmu. Pilih yang paling easy listening dan paling sedikit karakternya.

Beli Domain Murah di Mana?

Setelah ketemu nama domain yang bagus dan cocok dengan pilihanmu, langkah selanjutnya adalah beli domainnya. Banyak sekali penjual domain dan hosting di luar sana, tapi manakah yang murah dan terpercaya?

Jika kamu cari penjual domain murah ya jawabnya IDwebhost.com. Domain juvmom blog ini juga beli di sana dan domain juvmom ini sudah berumur lebih dari 4 tahun. Kamu bisa membandingkan dengan penjual domain lainnya, IDwebhost lah yang termurah saat ini.

Ya memang ada sih yang lebih murah, tapi biasanya tahun pertamanya saja. Tahun keduanya harganya kembali normal (mahal).

Beli domain murah di IDwebhost ini cukup sederhana. Tinggal masukkan nama domain, lalu klik "Search". Nanti akan muncul nama domain dengan berbagai alternatif TLD-nya.


Setelah itu akan muncul info apakah domain yang kamu pesan masih tersedia atau sudah dibeli orang. Jika masih tersedia, kamu tinggal klik "Order Sekarang". Lalu ikutilah alurnya.

Pembayarannya juga tidak ribet, banyak sekali pilihan bank dan metode pembayaran lainnya seperti bayar via Virtual Account, Paypal, dan Go-Pay. Mantap lah, benar-benar memudahkan sekali. Bahkan nih ada yang pernah share di timeline Facebook, bisa juga bayar langsung datang di kantornya IDwebhost. Itu sih buat kamu yang rumahnya dekat dengan kantor IDwebhost.

Masih tidak percaya bahwa IDwebhost ini harga domainnya yang termurah? Berikut ini adalah beberapa daftar TLD yang dijual dan harganya.


Silakan kamu bandingkan dengan penjual lainnya. Tentu ujung-ujungnya kamu akan kembali lagi ke IDwebhost untuk domain yang termurah berbagai TLD.

Hosting Buat Apa?

Mungkin karena banyaknya blogger yang pakai platform Blogger karena gratisan, pasti belum pernah tahu apa itu hosting. Hosting adalah tempat untuk menyimpan file-file website atau blog kita. Karena saya menggunakan Blogger, hosting saya ya disediakan oleh Google.

Namun, jika kamu ingin mengatur blog milikmu dari segala sisi, kamu harus punya hosting. Kalau pakai Blogger ya kamu hanya bisa ganti template-nya saja. Kamu tidak akan bisa menyentuh sisi database-nya.

Karena blog Juvmom ini sudah dari awal pakai Blogger, makanya saya enggan untuk migrasi ke WordPress. Bisa sih config-nya, tinggal minta benerin suami, tapi kan... itu cukup butuh waktu untuk menyetabilkan posisi di pencarian Google.

Jika kamu ingin memakai hosting sendiri, saran saya sih mending langsung pakai WordPress selfhost dari awal. Susah? Tidak juga. Banyak tutorialnya kok di internet. Googling aja pasti ketemu. Apalagi jika kamu beli hosting tipe Shared Hosting biasanya sudah dilengkapi dengan cPanel. Pasang WordPress di cPanel tinggal klak-klik aja. Mudah banget.

Beli Hosting Murah di Mana?

Ini sebenarnya pertanyaan klasik banget. Hosting murah itu relatif. Butuh berapa storage dulu. Biasanya semakin besar storage, maka harga per kapasitasnya tentu akan lebih murah. Hanya saja pertanyaannya, apakah butuh segede itu? Tentu saja tidak. Untuk blog yang pertama dibuat, cukup storage yang kecil saja. Biasanya 1 GB juga sudah cukup. Namun jangan sampai lebih kecil dari 500 MB. Nanti bakal cepat penuh. Apalagi jika kamu suka pasang gambar, pasti butuh storage yang lebih besar.

Jika kamu ingin beli hosting murah, kamu bisa mencobanya di IDwebhost. Harganya relatif murah dibandingkan penyedia hosting lainnya. Kamu bisa bandingkan sendiri lah. Berikut ini adalah daftar harga paket hosting murah di IDwebhost.


Jika kamu ingin memasang WordPress sebagai platform blog kamu, saya sarankan pilih Paket Cute. Saya rasa kapasitas 2 GB cukup lah. Dengan storage hosting 2 GB, kamu bisa membuat artikel sekitar 500 artikel dengan rata-rata jumlah gambar di artikel ada 3 dengan ukuran masing-masing maksimal 1 MB. Jika artikel blog kamu lebih dari itu, ya waktunya upgrade paket.

Selanjutnya Ngapain?

Jika kamu memang ingin punya blog yang keren, mulai sekarang pikirkan konsep blog yang akan kamu bikin. Pikirkan kamu akan memakai nama domain apa, platform pakai apa, dan budget yang kamu sediakan berapa.

Jika kamu punya budget untuk blog kamu setahun 500 ribu, maka kamu bisa menggunakan hosting sendiri dan memakai WordPress sebagai platform-nya. Jika budget yang kamu sediakan hanya 200 ribu, ya cukup beli domain saja lalu pakai platform Blogger. Beli domain dan hostingnya di mana? Ya yang murah, terpercaya, dan berpengalaman lebih dari 14 tahun ya di IDwebhost.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.