Hati-hati Gejala Sakit, Nyeri, dan Kram pada Lutut, Pembengkakan Lutut Bisa Jadi itu Osteoartritis


Apakah anda pernah merasa nyeri berkepanjangan pada bagian lutut? Waspadalah karena sangat mungkin hal ini adalah gejala dari penyakit Osteoartritis (OA) atau biasa disebut masyarakat awam dengan pengapuran sendi. Penyakit tersebut dikenal pula dengan artritis degeneratif atau kondisi penyerian pada bagian sendi sebagai akibat terjadinya gesekan penyusun sendi. Biasanya pada kondisi tertentu Osteoartritis hanya bisa disembuhkan dengan total knee replacement dan tentunya biaya operasi TKR yang bisa berbeda tergantung seberapa parah stadiumnya.

Tentu merupakan hal yang sangat fatal bila terjadi kerusakan pada sendi yang berfungsi sebagai penopang, penyambung, dan unsur penggerak organ tubuh. Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena penyakit OA sendiri cenderung menjadi sasaran pada sendi lutut dan merupakan faktor utama kelumpuhan di usia lanjut yang biasanya berkisar pada umur 45 tahun keatas.

Selain menyerang masyarakat usia lanjut, hasil dari data medis menyatakan bahwa Osteoartritis sering menyerang kaum wanita yang dimulai secara bergantian dari 1 lutut ke lutut lainnya.

Mengapa Osteoartritis bisa Terjadi?

Proses yang menyebabkan timbulnya penyakit ini sebagai akibat dari pergesekan antara ujung-ujung tulang penyusun sendi. Pada umumnya saat sendi saling bergesek satu sama lain selama kita beraktivitas biasanya selalu dilindungi oleh kartilago, yaitu semacam cairan yang menutup ujung tulang penyusun sendi. Cairan ini pun dikenal pula dengan cairan sinovial yang berfungsi sebagai pelindung dan bahan pelumas sehingga sendi yang tergesek terlindungi dan tidak terkikis satu sama lain.

Nah, lalu kembali ke pembahasan sebelumnya, mengapa OA ini lebih sering menyerang kaum wanita? Hal ini karena wanita turut mengelami fase menopause dimana hormone estrogen akan berkurang secara perlahan bahkan berhenti. Padahal fungsi hormon ini begitu krusial karena sebagai menjaga kestabilan jaringan dalam tubuh, tak terkecuali sendi lutut.

Namun bukan berarti kaum pria pun bisa terbebas dari OA ini, berikut adalah beberapa penyebab yang dapat mengganggu stabilitas sendi:
  • Obesitas/kelebihan berat badan
  • Olahraga yang membebani sendi lutut
  • Ketegangan terus menerus atau berulang pada lutut
  • Sempat mengalami cedera lutut
  • Faktor usia dan hormonal

Gejala Osteoartritis Lutut

  • Pembengkakkan pada lutut
  • Merasa nyeri ketika berjalan jarak dekat, berdiri, bangun atau duduk dari kursi, dan naik atau turun tangga
  • Mengalami kram ketika duduk
  • Ketidaknyamanan saat menggunakan lutut
  • Nyeri lutut saat beraktivitas terutama olahraga
  • Sendi lutut kaku saat bangun tidur

Penyakit ini akan semakin buruk ketika penderita mengalami perubahan bentuk pada lutut atau biasa disebut deformitas, misalnya mengalami pembengkokkan. Kondisi ini menandakan sebagai OA stadium 4 dimana diperlukan operasi TKR atau Total Knee Replacement. Semakin parah stadium atau lamanya penderita mengalami OA, tentu biaya operasi TKR-nya akan lain lagi.

Total Knee Replacement

Merupakan operasi yang dilakukan dengan membedah tulang uang telah rusak seperti ligamen dan tulang rawan yang rusak lalu menggantinya dengan polyethylene atau semacam sendi buatan yang terbuat dari senyawa plastik, campuran kobalt, krom atau titanium.

Kini berkat adanya Dokter.my, operasi TKR ini dilaksanakan dengan peralatan yang tepat, ahli bedah profesional, serta peningkatan akan kualitas dan keamanan kamar operasi. Para pasien tidak perlu khawatir akan isu yang mengatakan TKR memiliki banyak risiko.

Mengapa harus Dokter.my?

Dokter.my sendiri merupakan startup berasal dari Eropa yang mendirikan platform bebas biaya dalam memberikan fasilitas perjalanan medis di Asia Tenggara. Selain memberikan pasien peluang kesehatan yang lebih baik, Dokter.my turut menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau termasuk untuk biaya operasi TKR.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.