Mengenal Jenis Kelahiran Yang Tidak Normal


Bayi prematur di kategorikan ke dalam proses tumbuh kembang yang kurang sempurna. Pada dasarnya, bayi yang disebut prematur yaitu bayi yang terlahir kurang dari 37 minggu. Sedangkan Bayi normal perlu sekitar 270 hari atau sekitar 9 bulan saja, untuk berkembang penuh di dalam rahim. Karena terlahir dini, otomatis berat badannya pun kurang, namun dari beberapa kasus di Indonesia beberapa bayi yang dikatakan prematur atau lahir yang tidak sampai dengan 9 bulan juga tidak jarang memiliki tumbuh kembang yang pesat dalam masa proses pertumbuhan.

Anak atau yang mengalami prematur juga tidak menutup kemungkinan akan mengalami masalah kesehatan karena organ-organ tubuhnya belum berkembang sempurna. Akibatnya? Belum bisa berfungsi secara optimal. Tak heran kalau pasca kelahiran, tumbuh kembang bayi prematur biasanya harus dirawat intensif dalam inkubator, dan harus tetap ditinjau proses tumbuh kembangnya, Ia harus tinggal di dalam inkubator sampai sistem organ tubuhnya bisa bekerja sendiri. Semakin dini usia kelahiran bayi, semakin besar pula risiko yang harus dihadapi terhadap bahaya terjadinya infeksi dan komplikasi.

Bayi yang terlahir di usia 24 minggu rata-rata memiliki survival rate sekitar 60 - 65 persen. Namun 40 - 50 persen diantaranya mengalami berbagai keterbelakangan. Tidak sedikit yang pada akhirnya anak yang mengalami keterbelakangan mental, mengalami kebutaan, atau bahkan menderita cerebral palsy (kelainan gerakan, otot atau postur tubuh yang disebabkan cedera atau gangguan perkembangan otak sebelum kelahiran).  Sementara pada kasus yang lebih ringan, gangguan yang terjadi biasanya adalah asma, hiperaktif, atau ketidaknormalan pertumbuhan tulang yang sebagian diantaranya masih bisa dikoreksi.

Tentu saja keajaiban masih selalu bisa terjadi, banyak anak prematur bisa tumbuh dan berkembang seperti anak-anak normal lainnya, kok. Beberapa di antaranya bahkan tak kalah cerdas dibanding teman-teman sebayanya yang terlahir normal, anda bisa mengenal beberapa tips seputar bayi prematur di laman berikut https://www.guesehat.com/tahapan-tumbuh-kembang-bayi-0-12-bulan, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dan tips bagaimana cara merawat bayi prematur, serta tips seputar kesehatan anda dan bayi tercinta kesayangan anda.

Komentar