5 Tempat Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi Saat Berada di Solo

Grojogan Sewu (Sumber: Wikimedia)

Menghabiskan waktu libur untuk berwisata alam merupakan ide yang bagus. Terlebih selama ini kita terus disibukkan dengan rutinitas pekerjaan yang menjenuhkan. Salah satu wilayah yang memiliki banyak tempat wisata adalah Solo. Ya, banyak sekali keindahan alam di Solo yang wajib dikunjungi. Lagi pula tidak perlu mengkhawatirkan tempat menginap selama di sana, sudah banyak hotel di Solo yang dapat dimanfaatkan.

Liburan tidak melulu harus diisi dengan liburan ke luar negeri. Apa lagi negeri Indonesia ini menyimpan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan tidak sedikit pada turis mancanegara yang lebih memilih menikmati liburan di tanah Indonesia.

Berikut adalah 5 tempat wisata alam di Solo yang bisa kamu kunjungi saat berada di Solo.

1. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan berada di Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar. Di sana kamu bisa merasakan sejuknya udara di perbukitan. Bukan hanya itu, karena bukit ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata, maka di sana juga terdapat berbagai wahana. Ada taman bunga, waterboom mini, kebun binatang mini, serta miniatur berbagai negara.

2. Grojogan Sewu

Keindahan alam di Solo lainnya adalah Grojogan Sewu. Grojogan Sewu berada di bagian barat Gunung Lawu. Sedangkan jika titik berangkat dari Solo, maka jarak yang harus ditempuh untuk bisa sampai di tempat wisata ini adalah sekitar 37 kg.

Untuk tiba di titik lokasi Grojogan Sewu, kamu harus melalui 1.000 anak tangga. Tidak perlu khawatir kelelahan, karena pemandangan alam di sepanjang perjalanan sangatlah indah sehingga kamu pun akan menikmati perjalanannya.

3. Taman Balekambang

Taman ini berlokasi di Jalan Balekambang No. 1 Manahan, Banjarsari. Mungkin akan sedikit mengherankan, sebab wisata alam ini sebenarnya berada di tengah kota. Pemandangan alam pada taman ini bisa memanjakan mata setiap pengunjung yang datang. Tidak hanya itu saja, di taman ini pengunjung juga dapat melihat langsung koleksi tanaman langka. Jadi tidak hanya berwisata alam saja, di taman ini kamu juga mendapatkan wawasan baru.

4. Geopark Batu Seribu

Berkunjung ke Solo, kamu wajib mendatangi tempat ini. Geopark Batu Seribu ini populer dengan sumber air yang tidak pernah kering bahkan di musim kemarau sekalipun. Dinamakan “batu seribu” dikarenakan kawasan ini dulunya adalah perbukitan batu cadas.

Geopark Batu Seribu berada di Jalan Rata Krisakelir KM 7, Tiyaran, Sukoharjo. Di sana kamu tidak hanya bisa menikmati sejuknya udara perbukitan yang sejuk. Terdapat pula pemandian mata air, kolam renang dan panggung kesenian.

5. Air Terjun Parang Ijo

Tempat wisata air terjun Parang Ijo ini berlokasi di Mlinggur, Ngargoyoso, Karanganyar. Untuk bisa sampai di lokasi, kamu dapat memanfaatkan tangga yang sudah disediakan. Di sana juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan, mulai dari gazebo, jembatan, hingga gardu pandang.
Bagi kamu yang tertarik dengan aktivitas seru, di sana kamu bisa melakukan flying fox maupun berenang.

Demikianlah 5 rekomendasi tempat wisata alam di Solo yang wajib kamu kunjungi saat berada di kota Solo. Menjelajahi banyak tempat wisata alam tidak cukup sehari, itu artinya kamu membutuhkan hotel murah untuk menginap.

Bicara tentang hotel murah untuk menginap, kamu bisa booking dengan mudah di Pegipegi.com. Banyak fitur yang bisa kamu dapatkan di Pegipegi.com. Kamu bisa pilih tanggal check-in dan check-out. Ini penting, karena kadang hotel sudah penuh kamarnya. Jika kamar sudah penuh, maka tidak akan muncul di hasil pencarian.

Selain itu, kamu bisa cari berdasarkan tarif kamar, hotel bintang berapa, lokasi dekat dengan landmark yang mana, dan tipe hotelnya. Di bawah ini adalah contoh saya sedang mencari hotel untuk saya menginap di tanggal 30 Desember 2018. Saya pilih bintang 3 saja karena memang budget segitu.


Salah satu hotel yang muncul di urutan pertama pencarian dan bisa dijadikan pilihan adalah Fave Hotel Solo Baru. Saya lihat hotel ini menawarkan fasilitas yang lengkap dan tentukan akan membuat kita merasa nyaman ketika menginap di sana. Meski menyediakan fasilitas lengkap, harga hotel ini pun terjangkau, yakni mulai dari Rp. 358.000,-. Cukup terjangkau bukan?


Mau liburan ke Solo atau destinasi wisata lain di akhir tahun dengan harga terbaik? Pesan saja hotelnya di Pegipegi.com. Bisa pesan tiket pesawat dan kereta juga loh di sana.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.