Inilah Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Sistem Elektrikal Gedung


Suatu gedung tentu membutuhkan listrik untuk kegiatan yang sangat kompleks. Salah satunya tentu saja untuk mendukung kegiatan operasional gedung tersebut. Melihat banyak peralatan yang bisa dioperasikan dengan tenaga listrik serta kegiatan yang dijalankan dengan listrik, sistem elektrikal menjadi sesuatu yang harus diperhatikan secara mendetail. Hal ini karena untuk kebutuhan listrik suatu gedung akan jauh berbeda dengan kebutuhan pada skala kecil, seperti rumah tangga.

Untuk elektrikal suatu gedung, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini, yaitu:

1. Sumber daya/tegangan

Sumber daya utama tenaga listrik pada suatu gedung biasanya berasal dari sumber dari PLN. Disamping itu, biasanya gedung juga sudah menyediakan sumber tenaga listrik cadangan (emergency) untuk menanggulangi jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik dari PLN dengan memiliki genset (generator set). Genset ini akan dioperasikan saat terjadi kendala atau pemadaman dari PLN saja. Umumnya genset telah di setting sedemikian rupa agar ketika listrik dari PLN padam akan dengan otomatis tegangan listrik di suplay oleh genset dengan interval waktu hitungan detik. Tentu hal ini perlu berkonsultasi dengan ahlinya atau menggunakan jasa generator kelistrikan dari ahlinya, seperti misalnya dari Sewatama. Tak hanya itu saja, Sewatama juga menjadi tepat yang tepat bagi Anda yang membutuhkan layanan Mechanical Electrical dan Piping, seperti untuk kepastian kehandalan pemasangan dan operasional tanpa kendala.

2. Distribusi daya

Suatu gedung membutuhkan tegangan listrik yang rendah. Padahal tegangan listrik yang berasal dari PLN termasuk dalam kategori tegangan menengah, yaitu 20.000 Volt. Untuk itu, perlu alat untuk mengubah tegangan menengah tersebut menjadi tegangan rendah. Aliran tegangan ini bisa diubah dengan menggunakan trafo untuk kemudian didistribusikan lewat panel distribusi utama tegangan rendah atau yang sering disebut LVMDP (Low Voltage Distribution Panel). Dari panel tegangan rendah ini nantinya didistribusikan ke panel sub distribusi dan seterusnya ke panel peralatan hingga outlet pemakai (berupa stop kontak, lampu, dlsb). Mengingat hal ini membutuhkan perhitungan yang matang, ada baiknya konsultasikan dengan ahlinya, salah satunya seperti di Sewatama. Untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi link berikut ini http://sewatama.com/id/product/epc-engine-reciprocating/.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.