Featured Post

Strategi Sukses Jual Samsung Gear S2 di Era Digital

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Aqua AQR-D191 Satu Pintu


Sejak mengumumkan pergantian nama dari Sanyo menjadi Aqua Japan pada akhir 2015 lalu, produsen asal Negeri Sakura ini terus berinovasi dengan produk-produk elektronik kelas premium mereka.

Namun, Aqua Japan juga punya sejumlah produk yang khusus ditargetkan untuk masyarakat menengah, tentunya dengan harga lebih murah dan tetap berkualitas seperti kulkas satu pintu Aqua AQR-D191. Untuk mengenal lebih jauh tentang kulkas berteknologi canggih dan minimalis tersebut, simak ulasan kelebihan dan kekurangan kulkas Aqua berikut ini.

Review Kulkas Satu Pintu Aqua AQR-D191

Kulkas satu pintu Aqua AQR-D191 cocok diletakkan di rumah atau kamar kos Anda. Selain harganya yang terjangkau, ukurannya juga tidak terlalu besar sehingga bisa menghemat ruang. Tentunya tidak ketinggalan dilengkapi dengan fitur canggih dari Aqua Japan. Mengapa harus memilih kulkas ini?

1. Mendinginkan makanan lebih cepat

Kelebihan yang pertama adalah bisa membuat makanan atau minuman di dalamnya lebih cepat dingin dari kulkas pada umumnya. Misalnya Anda menaruh sebotol air minum, maka waktu yang dibutuhkan sampai air di dalamnya menjadi dingin tidaklah lama. Begitu pula saat ingin membuat es batu di freezer.

Ini karena AQR-D191 sudah menggunakan sistem direct cooling. Selain itu Aqua Japan juga melengkapi kulkas ini dengan fitur full insulation. Dengan fitur tersebut, proses pendinginan pun jadi lebih cepat dari biasanya dan konsumsi daya listriknya juga lebih hemat yaitu hanya 36 watt. Bahkan kulkas ini tetap akan bekerja dengan baik pada tegangan 160 volt.

2. Ruang penyimpanan yang cukup besar

Aqua Japan merancang bagian dalam kulkas ini dengan ruang-ruang terpisah yang cukup besar. Total kapasitasnya adalah 153 liter, dengan rincian 22 liter untuk freezer dan 131 liter untuk penyimpanannya.

Ada pula rak yang sangat multifungsi, karena Aqua Japan menggunakan sistem convertible tray. Rak yang terletak di pintu kulkas bisa Anda ubah fungsinya sesuai kebutuhan, misalnya untuk meletakkan telur, menyimpan minuman kaleng, kecap, dan lain-lain.

Namun ada kelebihan dan kekurangan kulkas Aqua, karena jika Anda perlu menyimpan banyak bahan makanan di dalamnya misal untuk kebutuhan warung makan atau catering, maka Anda perlu mencari kulkas yang kapasitasnya lebih besar lagi misalnya kulkas dua pintu dari Aqua. Meski begitu, AQR-D191 sudah cukup baik untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Desain yang minimalis

Di awal tadi disebutkan bahwa kulkas ini tidak akan menghabiskan banyak tempat di rumah Anda. Ya, sebab dimensinya memang cukup minimalis yaitu 505 x 515 x 1129 mm. Anda bisa meletakkannya di sudut ruangan dapur atau bahkan kamar sekalipun. Bagian atasnya juga dibuat sedemikian rupa sehingga bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang lain asal beratnya tidak berlebihan.

Di sisi lain, handle pintunya juga sangat friendly terhadap siapapun, termasuk anak-anak di rumah. Letaknya berada di samping, sehingga lebih mudah saat membukanya ketika Anda ingin mengambil hidangan dari kulkas atau untuk sekadar mengambil air minum.

4. Mudah dibersihkan

Perawatan kulkas dari Aqua Japan bisa dibilang tidak terlalu sulit. Rak di dalamnya dilengkapi dengan tempered glass sehingga tahan terhadap goresan dan lebih tahan banting. Material ini pun dinilai membuat kulkas lebih mudah dibersihkan dari noda yang menempel cukup dengan mengelapnya.

Ada catatan khusus jika Anda ingin membersihkan bunga es di freezer. Saat ingin membersihkan bunga es, Anda tidak boleh mencongkelnya dengan benda-benda tajam seperti pisau atau sendok sekalipun. Hal ini bisa menyebabkan freezer rusak. Jika Anda ingin lebih praktis, cukup tekan tombol auto defrost, maka bunga es akan mencair dengan sendirinya namun memang butuh waktu yang lebih lama.

Itulah sedikit ulasan tentang kelebihan dan kekurangan kulkas Aqua satu pintu. Tidak ada banyak kekurangan pada produk ini, kecuali dari segi kapasitas yang dianggap masih terlalu kecil bagi beberapa orang. Namun itu tentu tergantung pada pemakaiannya masing-masing. Untuk harga jual sendiri Anda bisa mendapatkannya di Bhinneka.com dengan harga mulai Rp 1,6 jutaan. Selain kulkas aqua 1 pintu, Bhinneka.com juga menyediakan kulkas aqua 2 pintu terbaru. Jika Anda membeli secara resmi, maka akan ada garansi dari pabrik dengan jangka waktu 7 tahun dan garansi 5 tahun untuk kompresornya. Jadi, tertarik untuk membeli satu unit kulkas Aqua?

2 komentar

  1. Wah ini nih yang aku suka. Mudah dibersihkan hehe

    BalasHapus
  2. Wah terima kasih informasinya sangat membantu. Bisa buat rekomendasi kalau mau beli kulkas nih

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.