Coworking Space Menjadi Salah Satu Jawaban dari Budaya Kerja yang Makin Fleksibel


Budaya bekerja di kantor menjadi sesuatu yang masih terus dilakukan sampai sekarang. Gedung-gedung perkantoran juga mengalami pembangunan yang sangat cepat. Akan tetapi, gedung perkantoran biasanya hanya bisa dimiliki oleh perusahaan yang memang sudah tumbuh besar. Sedangkan perusahaan-perusahaan baru, masih memerlukan sebuah tempat untuk disewa karena keterbatasan biaya. Terlebih, budaya kerja masyarakat modern memiliki banyak perbedaan dari masa lampau. Masyarakat modern diharuskan bekerja lebih fleksibel sehingga memerlukan tempat kerja yang juga fleksibel. Oleh sebab itulah coworking space menjadi salah satu solusi untuk persoalan kerja masyarakat modern ini, terutama bagi kaum milenial.

Budaya Kerja di Era Modern Membutuhkan Tempat yang Lebih Fleksibel dan Hemat


Kita semua tahu, pekerjaan-pekerjaan baru di era digital terus bermunculan. Kita ambil contoh saja seorang freelancer, yang bekerja secara bebas dengan tidak terikat pada suatu perusahaan atau brand tertentu dalam waktu yang lama. Kebanyakan freelancer melakukan pekerjaannya di tempat yang jauh dari pihak yang memberinya pekerjaan, sehingga mereka memerlukan tempat sendiri untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Tidak perlu pergi ke kantor, karena tugas bisa dikirim via e-mail dan media lainnya. Selain freelancer, para pekerja remote juga mengalami hal yang sama.

Mungkin banyak yang berpikir, jika masalahnya seperti itu maka bekerja di rumah seharusnya tidak menjadi perkara. Atau, jika tidak punya jaringan internet, datang saja ke kafe yang menyediakan free wi-fi. Namun, apakah hal tersebut nyaman dilakukan? Sebagian orang mungkin sudah merasa puas dengan rumah maupun kafe yang kondusif. Lalu, bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki kedua hal tersebut? Maka, sangat direkomendasikan untuk datang ke sebuah coworking space.

Di coworking space Indonesia, siapa pun bisa bekerja dengan damai dan cenderung lebih bahagia. Mengapa? Karena setiap orang yang datang ke sana memiliki tujuan yang sama, yaitu bekerja. Sehingga suasana yang tercipta sangat kondusif, dan pembahasan yang ada pun seputar pekerjaan dan bagaimana cara mengembangkannya. Hal itu akan memberi pengaruh positif bagi Anda, karena akan memacu diri untuk lebih berkembang juga.

Terlebih, para pekerja di coworking space biasanya datang dari latar belakang pekerjaan berbeda. Mulai dari konsultan sampai desainer, programmer sampai penulis, semuanya berkumpul menjadi satu dan dapat saling berbagi pengalaman maupun ide.

Apabila di rumah maupun di kafe Anda hanya bekerja sendiri, maka di coworking space Anda bisa membangun sebuah community. Misalnya, Anda adalah seorang desainer, kemudian di sana Anda menemukan seseorang dengan pekerjaan yang sama, Anda berkenalan lalu bertemu dengan sesama desainer lagi dan lagi, membahas seputar pekerjaan di bidang yang sama dan akhirnya terbentuklah sebuah kelompok kerja.

Dari sebuah komunitas tersebut, Anda perlahan-lahan akan melakukan branding. Nama Anda akan dikenal di kalangan dengan pekerjaan yang sama. Setelah itu, Anda akan mulai menciptakan link atau jaringan dan pekerjaan yang datang akan semakin berdatangan. Bahkan, bisa saja Anda dan komunitas tersebut bekerjasama dan membuat perusahaan sendiri.

Terlebih, sebuah coworking space Indonesia ada di berbagai tempat dan bisa disewa harian, mingguan, maupun bulanan, sehingga Anda bisa menyewanya sesuai keperluan. Datang atau tidak datang ke coworking space sepenuhnya ada di tangan Anda, tidak ada paksaan. Pulang kapan pun tidak ditentukan. Oleh sebab itu, tempat untuk bekerja seperti ini sangat membantu dan fleksibel bagi para pekerja lepas, pekerja remote, bahkan para startup yang belum mampu menyewa gedung sendiri untuk kantor mereka.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.