Anda Pengguna Baru Tri? Berikut Cara Cek Sisa Pulsa dan Kuota Tri yang Benar


Tri merupakan salah satu operator GSM yang sudah populer di Indonesia. Jaringan sinyal yang luas serta harga pulsa dan paket yang sangat murah serta banyaknya promo yang dihadirkan menjadikan penggunanya tiap tahun semakin meningkat. Selain menyediakan layanan promo, cara cek sisa pulsa dan kuota Tri juga bisa dilakukan untuk mengetahui sisa saldo.

Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan kartu 3, kadang-kadang merasa kesulitan untuk melakukan pengecekan pulsa atau kuota. Padahal sisa pulsa dan kuota sangat penting dicek secara berkala untuk mengetahui berapa sisa saldo atau kuota yang terdapat di dalamnya. Agar tidak penasaran, berikut akan diinformasikan tahapan cara untuk mengecek pulsa dan kuota Tri. Selamat mencoba!

Cara Cek Pulsa Tri

Pulsa merupakan salah satu saldo yang harus dicek secara berkala. Anda tidak mau kan jika tiba-tiba pulsa habis di saat genting dan sangat dibutuhkan. Bagi Anda pengguna baru yang belum mengetahui cara mengecek saldo pulsa di Tri, berikut cara-caranya

1. Cek Pulsa Via SMS

Jika Anda ingin melakukan pengecekan pulsa via SMS, berikut cara-cara yang harus dilakukan.

  • Buka aplikasi SMS
  • Buat pesan baru, dan ketik info(spasi)data
  • Kirim ke nomor 234
  • Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan SMS balasan terkait informasi sisa pulsa saat ini.

2. Cek Pulsa Via Dial Telepon

Selain menggunakan SMS, Anda juga bisa mengetahui sisa pulsa saat ini dengan menggunakan dial telepon atau kode USSD. Caranya juga tergolong mudah. Berikut adalah tahapan-tahapan yang harus dilakukan.

  • Buka smartphone dan masuk ke aplikasi panggilan atau dial
  • Masukkan kode USSD *111#. Setelah itu klik Oke atau Yes
  • Setelah itu, akan ada beberapa pilihan yang muncul seperti informasi cek pulsa, kuota, dan lain-lain. Pilih menu cek pulsa lalu tekan Kirim.
  • Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga muncul informasi atau pemberitahuan dari pihak operator mengenai sisa pulsa Anda saat ini.

3. Cek Pulsa Via Aplikasi Bima+

Walaupun mengecek pulsa melalui SMS dan kode dial telepon cukup gampang, namun beberapa orang malas melakukannya karena harus menghafal kode serta format yang diberikan. Jika Anda salah satunya, maka solusi untuk mengetahui sisa pulsa bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Bima+. Berikut caranya

  • Jika sebelumnya Anda belum memiliki aplikasi ini, maka Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu melalui PlayStore
  • Setelah terinstal, maka ikuti panduan yang tertera untuk meregistrasi nomor Tri pada smartphone Anda.
  • Jika registrasi nomor berhasil, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan berbagai layanan serta informasi terkait kartu Tri, mulai dari informasi pulsa, nomor handphone, hingga masa berlaku nomor.

Cara Cek Kuota Tri

Dengan menggunakan Tri, Anda bisa menghemat lebih banyak kuota karena adanya penawaran harga yang murah namun dengan memberikan kuota yang besar. Untuk bisa menghemat kuota Tri Anda, berikut akan dijelaskan cara untuk mengecek sisa kuota yang bisa dilakukan

1. Cek Kuota Internet Via SMS

Untuk melakukan cek sisa pulsa dan kuota Tri, operator ini memberikan dua pilihan layanan yang bisa digunakan, yaitu dengan mengercek via SMS atau dial telepon. Jika menggunakan pengecekan kuota via SMS, Anda hanya perlu mengiriman pesan singkat melalui SMS ke nomor operator Tri. Berikut tahap-tahap yang harus dilakukan

  • Buka aplikasi SMS yang tertera pada menu di beranda smartphone
  • Buat pesan baru, dan ketik info(spasi)data di kolom pesan dan kirim ke nomor 234.
  • Setelah beberapa saat, Anda akan mendapatkan pesan balasan terkait informasi sisa kuota yang ada di nomor Tri Anda

2. Cek Kuota Internet Via Dial Telepon

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa untuk melakukan pengecekan kuota selain menggunakan SMS, Anda juga bisa menggunakan dial telepon. Cara ini hampir mirip seperti jika Anda melakukan pengecekan pulsa. Namun bedanya, Anda hanya perlu melanjutkan ke pilihan informasi jika ingin mengetahui sisa kuota internet yang tersedia.

Lalu bagaimana cara mengecek kuota via dial telepon?

  • Cukup ketik *111# lalu pilih Menu Cek Kuota yang berada di Nomor 4, klik SEND.
  • Pilih Nomor 2, Kuota Data, lalu klik SEND
  • Pilih Nomor 1, Cek Kuota, lalu klik SEND
  • Pilih jenis kuota yang sesuai dengan paket internet yang dipilih, misal Anda menggunakan paket internet reguler, pilih nomor 1, lalu klik SEND
  • Setelah selesai, Anda tinggal menunggu SMS konfirmasi dari operator Tri yang menjelaskan sisa kuota internet Anda saat ini.

Melakukan cek sisa pulsa dan kuota Tri secara berkala sangat penting dilakukan agar Anda bisa menghemat penggunaannya setiap hari. Namun jika Anda termasuk orang yang suka menggunakan pulsa dan kuota dalam jumlah besar namun menginginkan harga yang terjangkau, maka Tri dapat menjadi pilihan yang tepat.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.