PLTBg Perusahaan Sukanto Tanoto Bantu Terangi 32 Ribu Rumah Warga

Bisnis harus bisa memberi manfaat bagi masyarakat sekitar, inilah filosofi yang selalu dipegang oleh pengusaha besar Indonesia, Sukanto Tanoto. Filosofi tersebut menjadi landasan bagi semua perusahaan yang berada di bawah naungannya, termasuk Asian Agri.

Gambar dari SawitPlus.co

Asian Agri sendiri dikenal sebagai salah satu produsen minyak sawit terbesar di Indonesia. Setiap tahunnya, tidak kurang dari 1,2 juta ton metrik minyak sawit mentah diproduksi. Area operasinya pun tersebar di beberapa wilayah di Indonesia seperti Sumatera Utara, Riau dan Jambi. Namun tidak hanya mengeruk keuntungan untuk kepentingan pribadi, perusahaan Sukanto Tanoto yang satu ini juga turut terlibat secara aktif dalam membantu memenuhi pasokan listrik masyarakat sekitar.

PLTBg Asian Agri untuk Masyarakat Sekitar Area Operasi

Komitmen Asian Agri untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar area operasi dilakukan dengan beberapa cara. Selain dengan memberdayakan petani swadaya setempat, perusahaan Sukanto Tanoto ini juga berkomitmen untuk membantu menyediakan kebutuhan listrik warga.

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Asian Agri adalah perwujudan dari filosofi Sukanto Tanoto dalam menyebarkan kebaikan kepada masyarakat sekitar. Hingga saat ini, sedikitnya sudah ada 7 PLTBg yang telah diselesaikan oleh Asian Agri. Ketujuh PLTBg tersebut rata-rata mampu menghasilkan listrik sebesar 2,2 MW dan sudah beroperasi.

Beberapa wilayah yang telah merasakan listrik dari Asian Agri di antaranya adalah Sumatera Utara, Riau dan Jambi. Di Sumatera Utara, 2 PLTBg sudah beroperasi. Sedangkan untuk wilayah Riau dan Jambi, secara berturut-turut ada 3 dan 2 PLTBg yang sudah aktif membantu memberi pasokan listrik kepada masyarakat sekitar.

Tujuh PLTBg hanyalah sebagian dari keseluruhan proyek PLTBg Asian Agri. Di tahun 2019, perusahaan Sukanto Tanoto ini menargetkan sebanyak 10 PLTBg selesai dibangun dan mulai beroperasi. Tidak berhenti di situ saja, pada tahun 2020 nanti, 20 PLTBg ditargetkan bisa selesai dan dapat menerangi sedikitnya 32 ribu rumah warga.

Wujudkan Industri Sawit Berkelanjutan Melalui PLTBg

Proyek PLTBg Asian Agri merupakan sebuah proyek yang diinisiasi untuk tujuan yang besar. Membantu memenuhi pasokan listrik masyarakat hanyalah sebagian dari tujuan tersebut. Di samping itu, PLTBg Asian Agri juga dibangun untuk mewujudkan kemandirian perusahaan dalam memenuhi kebutuhan listriknya.

Sebagai sebuah produsen minyak sawit, menghasilkan 1,2 juta ton metrik minyak sawit mentah tentu membutuhkan bahan baku yang tidak sedikit. Belum lagi energi listrik yang dibutuhkan selama proses produksi. Dengan skala produksi sebesar itu, dampak yang diberikan pada lingkungan juga cukup besar.

Salah satu dampak yang kerap disebabkan oleh pabrik-pabrik besar adalah limbah dan gas buang yang berpotensi memperparah pemanasan global. Emisi gas rumah kaca inilah yang berusaha diminimalisir oleh Asian Agri melalui proyek PLTBg.

Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) Asian Agri dibangun untuk mewujudkan kemandirian perusahaan, khususnya dalam memenuhi kebutuhan listriknya. Banyak pabrik-pabrik Asian Agri yang beroperasi dengan sumber listrik sendiri.

PLTBg yang dibangun oleh perusahaan Sukanto Tanoto ini juga turut membantu mengatasi limbah yang dihasilkan dalam proses produksi minyak sawit. Palm Oil Mill Effluent (POME) yang biasanya hanya menjadi limbah atau sekedar dimanfaatkan untuk menjaga kelembaban tanah dan mencegah erosi pun dimanfaatkan sebagai tenaga penggerak PLTBg Asian Agri.

PLTBg merupakan solusi yang dilahirkan perusahaan Sukanto Tanoto untuk membangun sebuah sistem produksi minyak sawit yang ramah lingkungan. Mulai dari listrik, proses produksi hingga pengolahan limbah, semua dikelola dalam sebuah sistem yang berkesinambungan. Dengan cara inilah, Asian Agri berkontribusi dalam mewujudkan industri sawit yang berkelanjutan.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.