Cara Berhemat Saat Kuliah


Salah satu cita-cita yang diimpikan oleh setiap anak SMA adalah ingin segera merasakan yang namanya kuliah. Di bayangan mereka, kuliah terasa sangat menyenangkan dan juga bebas. Tak heran saat mereka sudah lulus, mereka sangat bersemangat untuk mendaftar kuliah. Beberapa kesempatan untuk mendaftar kuliah, seperti misal pendaftaran STMIK Primakara akan mereka coba.

Meskipun kuliah memang terasa bebas, akan tetapi ada tanggung jawab yang harus dipikul. Salah satunya adalah bertanggung jawab dalam mengelola keuangan yang kita miliki. Masih banyak beberapa mahasiswa, khususnya anak baru, yang kesulitan dalam mengatur keuangan mereka sehingga uang yang seharusnya bertahan satu bulan malah habis di tengah bulan atau bahkan satu minggu. Nah, kira-kira bagaimana sih cara agar bisa berhemat? Yuk kita bahas.

Beberapa Hal Yang Membuat Boros

Di luar biaya pendaftaran mahasiswa baru dan biaya kuliah yang jumlahnya terkadang besar, tentunya ada beberapa hal yang sering mempengaruhi keuangan dari mahasiswa. Berikut adalah beberapa hal yang membuat pengeluaran sering membengkak.

1. Makan di luar

Salah satu pengeluaran yang cukup besar bagi mahasiswa adalah biaya makan. Biaya makan sendiri bisa jadi butuh separuh dari total uang bulanan yang dimiliki. Belum lagi jika terbiasa makan di tempat yang mahal, dijamin pengeluaran juga akan semakin membengkak.

2. Kegiatan bersenang-senang

Bagi mahasiswa, tentu butuh yang namanya hiburan untuk menghilangkan stress, seperti pergi berlibur, kegiatan nongkrong di kafe atau kedai kopi, berbelanja, pergi menonton dan lain sebagainya. Hal ini bagus namun jika terlalu sering tentu dampaknya juga kurang baik. Jika tidak diperhatikan betul, walhasil uang bulanan juga akan cepat habis.

3. Keperluan kuliah

Untuk menunjang jalannya perkuliahan, tentu dibutuhkan beberapa hal dan pastinya memakan biaya cukup besar. Mulai dari membeli buku, keperluan praktikum, sampai biaya print dan fotokopi.

Tips Agar Bisa Berhemat

Setelah kita mengetahui beberapa hal yang membuat pengeluaran tiap bulannya membengkak, kali ini akan kita bahas beberapa tips agar bisa berhemat. Berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Batasi makan yang mahal

Seperti yang kita bahas di awal, makan sering jadi pengeluaran yang besar tiap bulannya. Untuk itu, cobalah untuk mengatur pengeluaran di sektor ini. Jika sering makan di tempat mahal, mulailah batasi makan di tempat tersebut dan beralih ke tempat makan yang lebih ramah di kantong. Jika Kamu pandai memasak, tidak ada salahnya mencoba untuk memasak sendiri.

2. Kurangi kegiatan bersenang-senang

Meskipun kegiatan bersenang-senang terkadang perlu, akan tetapi cobalah untuk mengurangi kegiatan yang memang dirasa membutuhkan pengeluaran yang besar. Latihlah diri Kamu untuk bisa menahan godaan untuk terlalu mudah mengeluarkan uang untuk berfoya-foya.

3. Sediakan printer

Disadari atau tidak, terkadang biaya untuk printer dan fotokopi di luar punya andil besar di pengeluaran Kamu lho! Nah, untuk mengurangi pengeluaran di sektor tersebut, ada baiknya jika Kamu menyediakan printer sendiri.

4. Mencari beasiswa

Di masa kuliah seperti sekarang, Kamu mendapat peluang besar untuk mencari uang tambahan lewat beasiswa lho. Cobalah untuk mencari informasi mengenai beasiswa, bisa melalui kampus, sosial media, ataupun aplikasi goKampus yang memudahkan Kamu mencari informasi soal perkuliahan.

5. Bekerja sambilan

Tidak ada salahnya bagi Kamu yang ingin mencari tambahan pemasukan dengan cara bekerja sambilan. Ada beberapa kesempatan yang bisa kamu Ambil tentunya, mulai dari mengajar, membuat artikel, bekerja di kafe, ataupun magang.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Kamu lakukan dalam menghemat pengeluaran. Karena selain persiapan pendaftaran di STMIK Primakara, tentunya kamu juga harus punya bekal agar bisa hidup di perantauan ya!

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.