Manfaat VPS untuk Blogger

Pernah mendengar apa itu VPS? Hmm, wajar sih karena memang kebanyakan blogger lebih sering mendengar kata domain dan hosting saja.


VPS yang merupakan kependekan dari Virtual Private Server ini adalah semacam server sendiri yang sebenarnya virtual yang digunakan untuk meletakkan file-file sebuah website atau layanan lainnya. Mengapa disebut virtual? Karena memang fisiknya tidak benar-benar seperti spesifikasi VPS itu sendiri. Paling mudahnya gini, kamu tahu kos-kosan? Ya seperti itulah. Jadi satu rumah dibagi jadi beberapa kamar dan dikosin tiap kamarnya. VPS itu kamar kosnya, sedangkan server fisiknya adalah satu kavling kos-kosan itu.

Mengapa ada VPS?

Alasan mengapa ada VPS adalah karena kebutuhan ngeblog yang semakin besar seorang blogger. Jika kamu menyewa shared hosting maka kurang optimal. Untuk blog kamu yang memiliki trafik sangat besar, bisa sering mengalami down. Kamu ga mau kan kalau tiba-tiba pendapatan Google AdSense kamu turun hanya gara-gara website atau blog kamu sering down.

Selain itu, biasanya alasan seseorang memilih menggunakan VPS adalah karena dia bisa leluasa menjalankan script tertentu yang itu tidak bisa jalan di shared hosting. Yang paling mudah sih, akses SSH tidak semua shared hosting menyediakannya.

Dengan melihat kebutuhan pasar akan VPS yang cukup tinggi, tentu penyedia layanan server tidak diam. Jika mereka menjual satu server ke pelanggan, rasanya tidak mungkin karena terlalu mahal. Bisa sih ke satu pelanggan satu server, namun harus pelanggan yang model korporat. Kalau cuma blogger, ya buat apa sewa satu server dedicated.

Kegunaan VPS

Ada banyak sekali kegunaan dari VPS ini. Yang pertama tentu saja digunakan untuk website atau blog yang memiliki trafik yang tinggi. Dengan menggunakan VPS, kamu bisa menganggarkan spesifikasi yang sesuai dengan trafik pengunjung blogmu. Harga VPS dengan harga shared hosting tentu lebih murah VPS. Kamu bisa mengecek berapa harga shared hosting dengan storage 25 GB dan RAM 1 GB? Hmm, bisa 3 jutaan lebih per tahunnya. Beda dengan VPS yang kamu cukup mengeluarkan per bulannya sekitar $5 atau sekitar 900 ribuan per tahunnya.

Kegunaan lainnya dari VPS ini adalah untuk menyimpan file-file yang besar. Memang sih lebih ribet dibandingkan jika kamu berlangganan langsung ke Google Drive, Dropbox, dan sejenisnya. Namun untuk kasus tertentu, kamu akan memilih VPS karena harganya lebih murah.

Fungsi VPS yang ketiga adalah kamu bisa menggunakan VPS ini untuk tunnel VPN. Bagi kamu yang sudah akrab dengan VPN, kelebihan menggunakan VPS sebagai VPN adalah koneksimu tidak akan diintip oleh orang lain. Ya, sekali lagi tapi ini untuk kamu yang geek aja sih. Setting VPS yang digunakan untuk VPN ini agak ribet.

Fungsi keempat adalah VPS ini bisa digunakan untuk Remote Desktop. Biasanya buat kalian yang membeli lisensi software untuk 1 mesin PC dan ingin dipakai bareng-bareng, bisa menggunakan cara ini. Ini tidak mencederai aturan lisensinya karena memang dipasang di 1 mesin PC saja. Namun penggunaannya bisa remote dari PC banyak orang di tim-mu. Hal ini sangat wajar dilakukan di dunia internet.

Kegunaan lainnya adalah VPS ini bisa dijual lagi. Maksudnya? Ya mungkin kamu ingin mencoba membuka usaha hosting kecil-kecilan, kamu bisa menggunakan VPS. Penyedia hosting yang ada saat ini rata-rata seperti itu. Mereka hanya memiliki beberapa server fisik saja, yang lainnya mereka membeli server virtual.

Beli VPS Murah di Indonesia

Sudah tahu kan apa itu VPS dan kegunaannya. Nah, sekarang kalau mau coba, beli VPS-nya di mana? Banyak sekali penyedia hosting yang menjual VPS juga. Namun, jika kamu di Indonesia, tak ada salahnya jika kamu mencoba beli VPS murah Indonesia di DomaiNesia.

Di DomaiNesia kamu bisa mencoba VPS dengan murah, mulai harga 100 ribuan per bulan. Dengan harga ini kamu sudah bisa mendapatakan VPS dengan spesifikasi RAM 512 MB, storage 10 GB, 1 CPU core, bandwith unlimited, dan kecepatan sambungan 100 Mbps. Worth it sih.

Jika kamu ingin spesifikasi VPS yang lebih tinggi, bisa banget. Di sana banyak pilihan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan website-mu.

DomaiNesia juga sudah beroperasi lebih dari 9 tahun. Tentu saja sudah sangat ahli dalam menangani troubleshooting terkait VPS ini. Kamu tidak perlu khawatir jika menemukan masalah saat melakukan setup VPS-mu. Kamu bisa minta bantuan pihak support DomaiNesia.

Jadi, masih ragu apa lagi? Beli VPS murah? Di DomaiNesia saja yah.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.