Jaga Kabel dengan 4 Tips Ini Untuk Menghindari Kerusakan Elektronik

Barang elektronik biasanya mudah rusak terutama jika digunakan dengan tidak baik atau tidak dijaga dengan hati-hati. Bagian elektronik yang sering rusak biasanya adalah kabel.

Kabel yang sering tergulung hingga terlipat membuatnya mudah sekali rusak. Kamu mungkin sering mengalami kabel handphone yang rusak kan? Ternyata, gak hanya kabel handphone, kabel jenis lain juga mudah rusak, terutama jika kamu tidak menggunakan kabel duct. Harga kabel duct yang terbilang murah harusnya bisa membuat banyak orang menggunakannya. Agar kabel tak mudah rusak, berikut beberapa tips yang harus kamu lakukan.

1. Hindari menggulung kabel

Selain cepat rusak menggulung kabel sembarangan akan mengurangi fungsi dari kabel tersebut.Jangan pernah membiarkan kabel terlipat hingga tertekuk karena dapat menyebabkan kabel-kabel halus di dalamnya menjadi bengkok dan rusak.

2. Pastikan kabel tidak tertarik

Bagian kabel yang paling rapuh adalah ujung kabel, hal ini berlaku pada semua jenis kabel.Usahakan untuk melepaskan kabel dengan sangat hati-hati dari soket laptop atau ponsel atau juga elektronik lainnya.

3. Gunakan pelindung tambahan

Saat ini sudah banyak tersedia pelindung kabel yang beredar di marketplace. Benda tersebut sangat berguna sekali untuk melindungi kelangsungan usia kabel tersebut. Kabel yang mudah rusak akan berpengaruh terhadap barang elektronik yang kamu miliki. Barang elektronik akan mudah rusak jika kamu tidak merawat kabel yang terhubung ke barang tersebut. Jadi, mulai jaga kualitas kabel dari sekarang.

4. Pastikan kabel tidak tertindih barang apapun

Banyak orang yang tidak sadar bahwa kabel peralatan elektronik yang dimiliki tertindih dengan barang elektronik lainnya. Jika hal ini terjadi, maka kabel akan mudah rusak dan barang elektronik tersebut tidak bisa terpakai. Atur kabel dengan baik saat menggunakan barang elektronik dan pastikan kabel tidak tertindih.

Menjaga kualitas kabel sama dengan menjaga barang elektronik tetap awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Hal ini juga untuk mencegah berbagai bahaya yang terjadi dari terganggunya arus listrik. Seperti yang diketahui bahwa arus listrik bisa berbahaya dan menyebabkan kebakaran, terutama jika kamu berada di kawasan industri di mana jarak antara satu dan lainnya tidak terlalu jauh dan penuh dengan banyak orang. Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu menjaga peralatan elektronik milikmu sendiri. 

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.