5 Fitur WhatsApp yang Jarang Diketahui

WhatsApp merupakan salah satu layanan pesan instan yang sekarang ini memiliki banyak pengguna. Semenjak WhatsApp muncul ke permukaan dan mulai dikenal publik, tak dapat dipungkiri jika kegiatan komunikasi menjadi semakin mudah. Entah berkirim pesan pada teman, saudara hingga orangtua, sekarang bisa dilakukan dengan mudah serta gratis.

Layanan pesan instant ini ternyata juga memiliki berbagai macam fitur pendukung yang tidak diketahui pengguna. Padahal jika digunakan, berbagai macam fitur ini bisa memudahkan kepentingan kita sebagai pengguna contohnya seperti mencari pesan penting hingga menghindari penerima pesan. Jika Anda belum mengetahui berbagai macam fitur WhatsApp, berikut berbagai macam fitur yang harus Anda ketahui.

Mengetahui Waktu Kapan Pesan Dibaca 

Jangan salah, ketika Anda mengirimkan pesan, detail mengenai jam berapa pesan tersebut terkirim, diterima hingga dibaca sebetulnya bisa diketahui dengan mudah. Bagi Anda pengguna iPhone, untuk mengetahui detail waktu pesan dibaca, Anda bisa menggeser kekiri pesan yang ingin dilihat, nantinya status bisa langsung terlihat.

Bila Anda menggunakan Android, untuk mengetahui detail waktu pesan dilihat bisa menekan pada pesan yang ingin Anda lihat detailnya, kemudian tekan menu titik tiga yang berada di kanan atas, nantinya akan muncul detail waktu kapan pesan terkirim dan sudah terbaca oleh penerima.

Namun, jika si penerima tak mengaktifkan warna centang biru, status terbaca tetap dapat Anda lihat, namun di sana tidak disertakan waktu pesan dibaca.

Menyembunyikan Tanda Jika Pesan Sudah Terbaca

Fitur centang biru yang dimiliki WhatsApp diberikan agar pengguna mengetahui pengiriman pesan. Centang satu menandakan jika pesan sudah terkirim, sedangkan centang dua menunjukkan jika pesan sudah diterima dan centang tiga menunjukkan jika pesan telah dibaca. Centang biru ini sebenarnya dapat dinonaktifkan. Agar bisa menonaktifkannya, Anda dapat masuk di menu pengaturan, kemudian pilih akun dan privasi dan pilih nonaktifkan centang biru.

Membuat Huruf Menjadi Tebal, Miring serta Dicoret

WhatsApp memang tidak ingin ketinggalan mewarnai aplikasinya dengan berbagai fitur menarik seperti membuat huruf menjadi tebal, miring serta dicoret. Anda dapat membuat agar kalimat yang ada di WhatsApp menjadi tebal dengan menambahkan tanda bintang di kedua frasa contohnya *WhatsApp*.

Sedangkan, untuk membuat huruf menjadi miring, Anda bisa menambahkan strip bawah, contohnya _WhatsApp_, dan terakhir untuk membuat pesan atau kalimat menjadi tercoret, Anda bisa menambahkan tanda penghubung, contohnya ~WhatsApp~. 

Berhenti Mengunduh Secara Otomatis

Biasanya, ketika kita mengirim pesan menggunakan WhatsApp, kita sering membagikan sejumlah file seperti foto, video, hingga berbagai macam dokumen. Bila memori ponsel yang kitra miliki besar, tentu saja hal ini tidak akan menjadi masalah, namun bagaimana jika memori yang dimikiki sangat kecil? Sudah pasti hal ini akan menyulitkan karena akan sangat menguras kapasitas penyimpanan.

Agar bisa mengatasi hal tersebut, Anda bisa mematikan fitur pengunduh otomatis. Fitur pengunduh otomatis dapat Anda matikan dengan masuk ke pengaturan kemudian poling penggunaan data serta penyimpanan, pilih media autodownload dan pilih file yang tak ingin Anda unduh secara otomatis.

Mengunci WhatsApp

Beberapa waktu belakangan ini, WhatsApp menambahkan fasilitas agar dapat meningkatkan keamanan aplikasi. Pengguna dapat mengunci aplikasi dengan menggunakan sidik jari, sehingga orang lain tidak bisa dengan bebas melihat isi percakapan. Untuk dapat mengaktifkannya, Anda bisa mengetuk pengaturan, privasi dan kunci sidik jari. Kemudian, aktifkan fitur yang digunakan untuk membuka aplikasi menggunakan sidik jari.

Sumber: www.kriing.com

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.