Belajar Hal Baru Untuk Bertahan di Masa Pandemi

Masa pandemi saat ini sudah hampir 8 bulan. Bayangkan saja betapa banyak perusahaan yang tumbang akibar virus Corona ini. Pedagang kecil, pegawai kantoran, dan semua pekerjaan hampir semua merasakan dampaknya yang begitu dahsyat.

Penghasilan Turun, Pengurangan Tenaga Kerja

Meskipun seandainya lolos dari PHK, biasanya ada pengurangan gaji. Bahkan ada yang hingga 50% lebih dari gaji awal. Namun, bagaimana lagi. Semua pihak berbuat sebaik mungkin dan seminimal mungkin dalam menerima dampaknya. Semua pihak berjuang.

Saya sendiri melihat orang-orang di sekitar saya yang biasanya kerja kantoran, gaji mereka dipotong sekian persen. Ada tetangga yang di-PHK juga karena memang tempat kerjanya juga kolaps. Bahkan orang penjual cilok saja juga susah berjualan cilok karena anak sekolah diliburkan. Semua terkena dampaknya.

Kreativitas untuk Bertahan Hidup

Meskipun kesulitan begitu datang bertubi-tubi, selalu ada jalan untuk bertahan hidup. Orang yang gajinya dipotong, tetap harus kerja. Karena dia masih mending punya penghasilan, dibandingkan orang yang kena PHK. Orang yang kena PHK juga harus berpikir kira-kira pekerjaan apa yang bisa dikerjakan. Rata-rata mereka jadi kurir ojek dadakan. Apa saja mereka terima, misal mengantarkan sayur, pesanan jajan, atau makanan lainnya. Semua berusaha dengan kreativitasnya masing-masing.

Ada yang berusaha dengan menjadi YouTuber karena berharap penghasilan dari Google AdSense, ada yang menulis blog untuk menghasilkan uang dari iklan atau konten sponsor, ada juga yang menjadi penulis konten dan dibayar per artikel. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan kemampuan yang kita punyai.

Belajar Hal Baru untuk Meningkatkan Pendapatan

Bagaimana jika ternyata kamu tidak punya kemampuan apa-apa? Hmm, sepertinya di dunia tidak ada orang sepecundang dan semengenaskan seperti itu. Setiap orang diberikan kekurangan dan kelebihan oleh Sang Pencipta. Hanya pintar-pintar kamu menemukan apa sih sebenarnya kelebihanmu.

Jika kamu benar-benar buntu, kamu bisa mencoba membuka YouTube atau Google, lalu mencari kata kunci “bisnis di masa pandemi”. Setelah itu kamu tonton atau baca, kira-kira ide mana yang bisa kamu kerjakan.

Belajar Ngeblog dan Menjadi Blogger Berpenghasilan

Salah satu hal baru yang bisa kamu lakukan adalah belajar ngeblog dan menjadi blogger yang punya penghasilan. Syukur-syukur bisa punya penghasilan pasif tiap bulannya.

Bagi kamu yang sedang membaca artikel ini, bisa saya tebak, kamu juga sedang mencari ide apa sih yang bisa menghasilkan uang di masa pandemi. Semoga saja tebakan saya benar.

Saya tekankan lagi, menjadi blogger itu juga bisa menghasilkan uang loh, asal tahu caranya. Nah bagaimana caranya? Caranya adalah dengan memulai ngeblog sekarang juga. Tidak bisa tidak. Mana mungkin kamu bisa menghasilkan uang dari blog, tapi tidak memulai dari sekarang.

Apakah terlambat? Tidak ada kata terlambat dalam hal ngeblog. Yang ngeblog sudah lama pun tetap harus update info baru terkait dunia blog. Ada banyak hal baru yang selalu muncul dan harus dipelajari di dunia blog.

Memulai Ngeblog

Untuk membuat blog sendiri, kamu bisa membuat blog gratisan dari Google dengan layanan Blogger-nya. Namun, untuk menghasilkan uang, blog kamu disarankan untuk membeli domain TLD, bukan pakai subdomain *.blogspot.com lagi. Kamu bisa dapatkan promo domain di Niagahoster untuk domain .COM dan ekstensi domain lainnya. Saran saya sih, mending beli .COM saja, karena ini sudah jadi keumuman di khalayak.

Setelah kamu punya blog, kamu bisa mulai menulis ide-ide atau sekedar curhat di blogmu. Untuk awal kali ngeblog, kamu tidak perlu memikirkan konten apa yang bagus dan banyak dikunjungi. Tulis saja apa yang ada di otakmu dulu. Setidaknya ada beberapa konten awal untuk pemanasan.

Jika sudah terbit beberapa postingan, mulailah kamu berpikir bagaimana cara mendapatkan trafik blog yang banyak. Nah, di sini barulah kamu memikirkan kira-kira konten seperti apa yang disukai dan kamu kuasai juga. Ini penting, kalau kamu tidak menguasai, tentu kamu tidak akan bisa menyajikannya dengan bagus.

Kapan saya memikirkan SEO? Tenang, tahan dulu. Entar-entaran yah mikirin SEO-nya. Tulislah konten yang bermanfaat dulu dan mengundang banyak interaksi, entah itu saling tanya jawab via komentar atau lainnya.

Gabung Komunitas Blogger

Setelah itu ngapain? Gabung komunitas blogger. Ini penting. Jangan berpikir sendirian. Manfaat gabung komunitas adalah agar kamu mendapatkan insight baru yang bisa kamu terapkan di blogmu. Selain itu, biasanya di grup komunitas blogger ada yang kasih job berupa artikel sponsor dan sejenisnya. Di sana kamu bisa mulai mengajukan blogmu dan untuk mengukur apakah dengan kondisi blog yang sekarang sudah bisa menarik perhatian pengiklan.

Selain itu, di grup komunitas blogger biasanya juga ada yang share info menarik seperti hosting murah berkualitas, promo domain, ide bisnis affiliate produk digital seperti hosting, dan sebagainya. Asal kamu tahu saja, ada loh blogger yang pekerjaannya adalah bisnis affiliate produk hosting. Dari affiliate hosting tersebut, ternyata dia bisa meraup puluhan juta dalam sebulannya. Menakjubkan?

Dari sini sudah dapat gambaran kan dari mana caranya bisa menghasilkan uang lewat blog? Harusnya sih kamu sudah bisa menarik benang merahnya.

Jika kamu sudah menggebu-gebu ingin membuat blog, buka tab baru sekarang lalu buat blog di Blogger. Tulislah apa yang ada di otakmu saat ini. Mau nunggu besok? Hmm, saya yakin pasti kamu akan lupa. Hehe.

1 komentar

  1. Kondisi ini banyak membuat orang jadi bingung. Ada yang terpaksa WFH, bahkan dirumahkan. Sekalipun ada yang masih bekerja tapi gaji dipotong. Semua kegiatan terhenti termasuk perekonomian, tapi sayangnya aktivitas perut nggak bisa dihentikan juga. Istri yang menunggu uang belanjaan, anak yang menangis minta susu. Harus bisa memutar otak biar penghasilan nggak ikut seret. Yang fleksibel salah satunya ya nulis. Bisa dikerjakan dari rumah, mengurangi kebosanan dan bisa menambah penghasilan.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.