Rekomendasi Perlengkapan Makan Bayi yang Aman

Setiap kali memasuki fase MPASI selalu saja ada hal yang baru untuk dipelajari. Saya merasa dari mulai anak pertama sampai ke empat ini, ilmu mengenai MPASI terus berkembang. Awalnya hanya menu tunggal, lalu direvisi menjadi menu empat bintang. Belum lagi peralatan masak MPASI yang semakin lengkap aja karena setiap anak ada aja yang dibeli. Jadi untuk anak ke lima nanti saya tidak perlu beli peralatan masak MPASI lagi.
Meski tidak beli peralatan masak MPASI, untuk perlengkapan makan MPASI tetap harus beli. Karena untuk peralatan makan memang tidak bisa turun temurun. Bahan plastik jika sudah lama digunakan pasti mengalami penurunan kualitas. Sehingga saat memulai MPASI perlengkapan makan bayi wajib beli lagi, hehehe. Ini bukan modus karena perlengkapan makan anak lucu-lucu, jadi pengen beli lagi ya, wkwkwk.

Tanda Perlengkapan Makan Bayi Sudah Tidak Layak Pakai

Kebanyakan perlengkapan makan bayi memang terbuat dari bahan plastik. Karena memang bahan ini relatif aman untuk bayi agar saat tersenggol tidak pecah dan bisa membahayakan bayi. Tapi tentu saja perlengkapan berbahan plastik ini mempunyai masa pakainya sendiri. Jadi memang harus diganti secara berkala. 


Tanda peralatan MPASI bayi sudah tidak layak pakai dapat dilihat dari kondisi alat makan tersebut. Jika sudah berubah warna dari warna asal, berarti peralatan MPASI tersebut kemungkinan sudah terpapar suhu tinggi yang menyebabkan perubahan warna.

Banyaknya goresan pada peralatan makan anak juga harus diperhatikan. Kemungkinan besar goresan tersebut juga dapat menyebabkan alat makan tersebut terkelupas. Dikhawatirkan jika terus digunakan akan masuk ke pencernaan dan mebahayakan si kecil.

Rekomendasi Perlengkapan Makan Bayi

Ada banyak banget brand perlengkapan makan anak. Semuanya punya keunggulan masing-masing. Tapi kali ini saya mencoba salah satu brand perlengkapan makan bayi terbaik, yaitu brand Mugu.

Sebelumnya saya belum pernah mencoba brand ini karena memang jaman kakak-kakaknya Rozan belum ada. Penasaran banget pengen coba karena brand Mugu ini ternyata punya Mooimom juga. Saya tahu sendiri (halah kayak Mama Dedeh, wkwkwk) kalau brand Mooimom ini barangnya bagus-bagus. Jadi saya berekspektasi kalau brand Mugu ini sama bagusnya dengan Mooimom. Dan ternyata benar dong, tempat makan bayi set dari Mugu ini tidak cuma bagus dan unyu warnanya aja.

Baca juga: Mengembalikan Bentuk Tubuh Pasca Melahirkan dengan 3 in 1 Postnatal Recovery Breathable Corset

Mugu Training Bottle 330ml

Bagi anak kecil belajar minum dari sedotan memang gampang-gampang susah. Apalagi minum dari sedotan memang harus dalam posisi botol berada di bawah. Kalau anaknya kebanyakan gaya minum sambil diangkat-angkat botolnya ya tidak keluar airnya.



Salah satu rekomendasi botol minum bayi dari Mugu adalah Mugu Training Bottle. Kalau pakai botol minum bayi anti tumpah ini, meski minum pake gaya apa aja, airnya tetap bisa disedot dan diminum. Kok bisa?

Ya, karena botol minum bayi ini pakai sedotan yang elastis dan memiliki gravity ball yang berfungsi agar sedotan tetap bisa menyesuaikan letak air. Jadi dalam keadaan jungkir balik pun sedotan tetap bisa menyedot air. Menurut saya ini bagus banget loh. Jadi anak yang aktif tetap bisa minum meski dalam keadaan apa pun. Meminimalisir juga kemungkinan botol dilempar karena tidak keluar airnya, wkwkwkwk.


Dan yang paling saya suka itu partikel dari Mugu Training Bottle ini bisa dilepas semua. Jadi memudahkan untuk mencuci, Gak perlu takut kalau ada bagian yang kotor, semua bisa dilepas dan dicuci bersih. Bahkan gravity ballnya yang saya kira gak bisa dilepas bisa dilepas juga. Tinggal disikat pakai sikat sedotan aja, sudah bersih.

Botol minum anak anti tumpah seperti ini bisa dipakai anak mulai 9 bulan ke atas ya. Meski mungkin awalnya si kecil akan kesulitan untuk menyedot dari sedotan. Tapi terus berikan saja botol minum tersebut sampai si kecil terbiasa.

Mugu Suction Bowl

Saat memulai MPASI saya selalu memberikan kesempatan anak untuk memegang makanannya sendiri. Biasanya untuk sesi cemilan, saya biarkan mereka makan sendiri. Tapi untuk makan utama tetap saya suapi agar asupan makanan yang masuk cukup.

Biasanya nih kalau sesi makan sendiri banyak banget dramanya. Mulai dari makanannya diacak-acak, atau malahan tempat makan bayinya yang malahan digigit. Gemesin banget tingkah bayi-bayi kalau makan.

Versi ngeselinnya Rozan, kalau makan suka banget bawa kabur mangkok makan bayi. Jadi bisa dibayangkan kalau makanannya tercecer ke sana kemari. Rozan memang sudah tidak pakai baby chair lagi kalau makan. Karena sudah merasa besar, selalu saja menolak untuk duduk di baby chair. Jadi saya biarkan makan di lantai aja bareng kakaknya.

Nah biar anaknya tidak bawa kabur mangkoknya, bisa banget pakai Mugu Suction Bowl. Mangkok MPASI bayi ini di bagian bawahnya ada silikon yang bisa menempel di bagian yang datar. Ini sangat membantu agar mangkok tersebut tidak terjatuh saat tersenggol, atau dalam kasusnya Rozan, tidak dibawa ke sana ke mari.



Jadi kalau mau melatih si kecil makan sendiri bisa banget pakai Mugu Suction Bowl. Apalagi bahannya ini tebel dan juga food grade. Model mangkoknya juga cukup tinggi jadi si kecil bisa menyendok makanan dengan mudah tanpa keluar dari mangkok.



Bagian lidnya juga bisa dilepas, jadi saat membersihkan lebih mudah. Bahannya BPA Free jadi aman bagi bayi.

Kids Dinnerware Set

Perlengkapan MPASI lainnya dari Mugu adalah Kids Dinnerware Set. Satu box berisi satu buah mangkok, sendok, garpu dan gelas. Tempat makan bayi lucu ini punya warna yang unyu banget. Suka banget dengan warna pinknya.



Dan tidak hanya lucu, materialnya juga aman untuk digunakan sebagai tempat makan bayi. Karena BPA free, latex free, phthalate free, pvc free dan nitrosamine free. Gelasnya yang unyu banget pas untuk mengisi air minum si kecil. Karena kalau ukuran gelas terlalu besar sulit untuk minumnya juga. 



Perlengkapan Makan Bayi Mugu

Dari tiga perlengkapan MPASI yang saya rekomendasikan tadi, semuanya memiliki persamaan yaitu bahannya BPA free dan juga food grade. Ini penting banget ya saat memilih perlengkapan MPASI bayi. Jangan hanya lihat harganya yang murah atau bentuknya yang lucu. Perhatikan bahan yang digunakan, syukur-syukur kalau sudah lucu ternyata materialnya juga aman digunakan. Seperti perlengkapan makan bayi dari Mugu ini nih. Gemesin banget warnanya. Oiya selain warna pink tersedia warna biru buat anak laki-laki loh.

Perlengkapan makan bayi dari Mugu ini juga banget banget loh, mom bisa cek sendiri di website mooimom.id untuk produk yang lebih lengkap. Dan tidak hanya perlengkapan bayi, perlengkapan untuk mom juga banyak.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.