Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Di Masa Pandemi


Pandemi Covid 19 memang mengubah banyak hal di dunia. Tapi bagi saya yang terbiasa di rumah, perubahannya tidak terlalu terasa. Ya karena sama aja sih, di rumah terus dari dulu, hehehe. Hanya bedanya kalau biasanya kami sekeluarga masih sering jalan-jalan setelah penat bekerja dari rumah, sekarang tidak bisa pergi ke mana-mana. Bahkan ke rumah mertua pun jarang-jarang. Mau pergi ke mall pun ya was-was. Alhasil jajan makanan yang enak ajalah dari rumah.

Saya sangat bersyukur, kondisi keuangan kami sudah mulai lancar kembali. Tidak dipungkiri pada awal masa pandemi, kami mengalami kesulitan karena banyak invoice yang macet. Belum lagi ponsel saya dan suami sama-sama rusak dan harus beli ponsel baru. Mana tabungan mulai menipis karena dipakai untuk kebutuhan sehari-hari juga. Yah jadi rasanya memang nano-nano.

Setelah beberapa bulan pasca pandemi barulah keuangan mulai stabil lagi. Dan berbagai pekerjaan mulai kembali ramai. Saya dan suami mulai dapat tawaran dari berbagai klien untuk mengulas produk di blog kami.


Menghasilkan Uang Dari Blog

Dulu saat saya membuat blog ini murni karena saya ingin menulis. Membuat tulisan yang berhubungan dengan keseharian ibu muda yang ruwet. Tidak disangka ternyata dari blog saya mendapatkan banyak peluang bekerja sama dengan brand terkenal dengan berbagai macam benefit.

Itulah kenapa saya sering menyarankan para ibu-ibu untuk memiliki blog. Karena ini pekerjaan yang dibilang mudah dan bisa disambi. Hanya butuh konsistensi menulis. Untuk masalah skill menulis bisa diasah dengan seiring berjalannya waktu.

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Menghasilkan uang dengan blog di masa pandemi ini juga menjadi alternatif untuk menambah pemasukan. Apalagi bisa dilakukan dari rumah tanpa terkena kontak dengan orang. Memang sih beberapa orang mungkin kurang percaya. Tapi saya sendiri sudah mempraktekannya.

Menentukan Kategori Blog


Pada awal pembuatan blog, kamu harus memastikan apa kategori blog yang akan kamu pakai. Paling mudah untuk pemula, bisa memakai kategori lifestyle. Atau orang bilang ini kategori gado-gado, karena segala macam termasuk ke dalamnya.

Kategori lifestyle ini mudah sekali untuk dijadikan konten. Kamu hanya perlu menulis selayaknya menulis diari. Menulis hal yang terjadi seharian ini ataupun sekedar mereview makanan yang baru saja kamu beli.

Membeli Domain atau Hosting


Setelah menentukan tema blog, pilih nama domain yang cocok. Disarankan nama domain tidak terlalu panjang dan mudah diingat. Memang akan cukup sulit untuk mencari nama keren, karena biasa nama-nama yang keren sudah diambil orang.

Setelah membeli domain, kamu juga bisa membeli hosting. Tergantung sih ya, kalau kamu pakai Blogger cukup beli domain. Tapi jika memutuskan menggunakan platform Wordpress, selain domain, hosting juga perlu dibeli. Kami bisa membeli hostingmurah di DomaiNesia dan sekaligus domainnya juga. Jadi kamu tidak perlu bingung cari tempat beli domain lagi.

Mengisi Konten di Blog


Konten pada blog terdiri dari tulisan dan gambar pendukung. Gambar pendukung ini bisa berupa infografis ataupun foto dokumen pribadi. Semakin keren infografis atau foto yang kamu pajang maka akan semakin menarik.

Apalagi sekarang ini banyak banget yang mendukung kita untuk membuat ilustasi kece. Bisa pakai Canva kalau mau edit foto pakai snapseed bisa banget deh. Ya pokoknya eksplore macam-macam aplikasi editor yang ada.

Memperhatikan Kualitas Domain


Biasanya banyak orang yang mencari blog dengan kriteria tertentu. Kalau blog kamu memenuhi kriteria, kamu bisa langsung dapat job loh.

Biasanya nih yang ditanyakan saat orang memilih blog adalah DA. Kamu bisa cari di Google, “DA checker” nanti ketemu banyak tools untuk cek DA.

Untuk mendapatkan DA ini gampang-gampang susah. Tapi yang penting isi dulu blog kamu, banyakin blog walking ke temen-temen blogger lain.


Monetize Blog


Setelah melakukan tahapan di atas, sekarang saatnya untuk menghasilkan uang dari blog. Caranya ada banyak, bisa join komunitas “Job Untuk Blogger” di Facebook. Selain itu membuat akun di marketplace backlink juga bisa banget. Kalau beruntung kamu juga bisa mendapatkan tawaran langsung dari advertiser loh.

Oiya jangan lupa ya, setelah bikin blog kamu harus bikin halaman “kontak kami”. Halaman ini penting banget supaya orang bisa menghubungi kamu. Siapa tahu nih ada yang mau nawarin job buat kamu.

Kelihatan gampang ya kalau cuma baca aja, hehe. Nyatanya kalau dipraktekkan cukup sulit, karena harus konsisten ngisi blog itu ya berat. Saya sendiri sekarang udah mulai males ngisi blog, hehe. Tetep semangat ya di masa pandemi ini!

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.