Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Sewa Apartemen?

Kehidupan memang tidak lepas dari yang namanya tempat tinggal. Seratus tahun lalu mungkin orang-orang masih tidak peduli dengan tempat tinggal dan hidup secara nomaden, namun saat ini tentu tidak bisa. Lahan-lahan yang dulu kosong sudah menjadi rumah-rumah dan gedung-gedung. Hal ini tentu saja karena semakin banyaknya manusia dan jumlah orang yang berbondong-bondong migrasi ke perkotaan.

Isu mencari pekerjaan di kota lebih mudah daripada di desa, hingga saat ini menjadi isu yang masih santer terdengar. Padahal orang-orang di kota inginnya pindah di desa namun tetap bisa bekerja secara remote pekerjaan yang ada di kota. Orang-orang perkotaan justru penat dengan macetnya jalanan dan bisingnya perkotaan.

Hiruk pikuk perkotaan yang begitu sibuknya tiap detik, membuat banyak orang ingin menikmati serpihan kue kecil dari uang yang berputar di sana tiap harinya. Beberapa orang keukeuh ingin hidup di perkotaan, meskipun hanya indekos atau sewa apartemen untuk bisa hidup dan bekerja di sana.

Untuk kamu yang mencoba melamar pekerjaan di perkotaan, setidaknya butuh beberapa waktu untuk tinggal. Kamu bisa mencoba menumpang di indekos milik temanmu, jika ada. Namun, jika tidak ada, kamu bisa menyewa apartemen untuk beberapa hari atau beberapa minggu saja hingga kamu diterima kerja di sana.

Berikut ini adalah beberapa tips yang harus kamu lakukan sebelum kamu sewa apartemen.

Siapkan Budget

Bagaimana pun budget adalah penentu hampir setiap permasalahan yang ada di dunia ini. Jika kamu punya uang yang cukup banyak, rasanya hampir setiap masalah jadi mudah. Namun, jika budget kamu pas-pasan, ya agak mikir sedikit untuk bisa mencapai apa yang kamu inginkan.

Dalam memilih apartemen, kamu juga harus menyiapkan kira-kira berapa budget uang yang akan kamu sisihkan. Buat beberapa skenario kamu menginap di apartemen berapa hari. Karena waktu juga menentukan harga dari sewa apartemen.

Cek Penyedia Apartemen

Setelah kamu menyiapkan budgetnya, lanjut ke riset penyedia apartemen yang murah dan worth it. Kamu bisa mulai googling dengan kata kunci sewa apartemen kota yang kamu tuju. Ini memang agak melelahkan, namun jika kamu menemukan persewaan apartemen yang murah dan bagus, tentu ada rasa puas tersendiri. Apalagi jika apartemennya dekat dengan tempat kerja yang akan kamu lamar atau tuju.

Hubungi Pemilik Apartemen dan Ajukan Pertanyaan

Karena semua dilakukan secara online, kamu bisa menelepon dan menanyakan beberapa pertanyaan kepada pemilik apartemen. Jangan lupa mencatat jawaban pemilik apartemen. Ini penting karena kamu pasti bertanya ke beberapa pemilik. Agar tidak lupa dan tidak tertukar infonya, kamu perlu mencatatnya.

Survei Kondisi Apartemen Langsung

Jika sudah waktunya kamu menuju ke kota tersebut, kamu bisa melakukan survei langsung ke apartemen yang akan kamu sewa. Setelah kamu sudah melihat langsung beberapa apartemen yang sudah kamu kunjungi, sekarang saatnya kamu menentukan mana yang akan kamu pilih.

Buat Perjanjian Tertulis

Jangan lupa buat perjanjian tertulis dengan pemilik apartemen saat kamu melakukan pembayaran. Ini penting agar kamu punya argumen dan bukti saat pemilik apartemen melakukan hal aneh yang merugikanmu. Kita memang tidak boleh berburuk sangka, namun kita juga tidak boleh terlalu percaya dengan orang yang baru saja kita temui. Apapun bisa terjadi. Untuk itu perlu tindakan preventif. Lagi pula membuat perjanjian di awal itu sebagai komitmen antara kamu dan pemilik apartemen untuk selalu melakukan yang terbaik dan tidak saling merugikan.

Itulah hal yang harus kamu lakukan sebelum kamu memutuskan untuk sewa apartemen. Semoga tips ini berguna yah.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.