Game Matematika Seru untuk Anak SD

Waktu itu sempat kepikiran cari game matematika yang cocok buat Aisyah. Tujuannya sih jelas yah, buat nambah kemampuan Aisyah berhitung. Cuma ya pas cari-cari di Google Play itu kebanyakan game-nya ada iklannya yang cukup intrusif. Yang ada malah merusak konsentrasi Aisyah.

Nah, kebetulan waktu itu suami lagi utek-utek Android Studio, katanya mau nyobain Flutter buat bikin game Tebak Gambar. Pas ngobrol, aku bilang ke suami, kayaknya mending bikin game matematika buat Aisyah deh. Lebih berguna, seenggaknya buat diri sendiri. Akhirnya suami mulai bikin deh.

Game Pacu Otak, Cocok buat Anak SD

Setelah beberapa minggu, akhirnya game matematika sederhana tersebut jadi. Kemudian dilakukan testing ke Aisyah. Game ini dikasih nama "Pacu Otak". Alasannya dikasih nama Pacu Otak karena game ini bikin otak terpacu buat berpikir. Meskipun konsepnya cuma TRUE OR FALSE saja, tapi tetap mikir juga dong buat jawabnya. Asal pencet sih juga bisa, tapi kan langsung game over. Hehe.

Mode Bayi untuk Anak Kelas 1 atau 2 SD

Tampilannya sih memang sederhana banget, karena memang sederhana konsepnya. Ada beberapa mode di game ini. Buat Aisyah, sengaja dibuat Mode Bayi. Bahkan Aisyah request warna Mode Bayinya warna pink. Akhirnya suami buat warna pink biar dia betah. Mode ini dibuat tanpa iklan apapun. Intinya biar Aisyah bisa fokus ke soal dan jawab.

Waktu awal pembuatan, Mode Bayi diatur 30 detik waktu mundur. Namun, ternyata Aisyah keteteran. Aisyah sekarang hitungannya naik kelas 2 SD (jika sekolah formal, karena sekarang memilih Home Schooling sejak pandemi). Melihat hal ini, akhirnya diubahlah waktu mundurnya jadi 60 detik.

Dengan 60 detik, Aisyah bisa menjawab 20-an soal lebih. Setelah itu seringkali salah jawab karena otaknya sudah kecapekan mungkin.

Di Atas Kelas 2 SD, Bisa Pakai Mode Normal hingga Mitos

Buat orang dewasa atau anak yang sudah kelas 3 SD sih, mending pakai Mode Normal. Di Mode Normal, waktu mundurnya sudah 10 detik. Cukup menantang dalam 10 detik harus memastikan soal itu benar atau salah.

Soalnya gini doang, masa kamu ga bisa? Wkwkwk

Mungkin kamu mengira, halah 10 detik kan lama. Ga juga, coba aja kamu coba. Setelah sampai soal ke-30, otakmu akan terasa saturasi dalam berpikir. Fokus mulai berkurang dan kadang salah pencet. Ga percaya? Aku udah cobain sendiri. Apalagi waktu mundurnya ini bikin makin gugup.

Di atas Mode Normal, ada Mode Cerdas. Bedanya waktu mundurnya cuma 7 detik. Kamu bisa membuka Mode Cerdas ini jika kamu sudah melewati 100 soal di Mode Normal. Oh ya, perlu kamu tahu, di Mode Normal jika sudah di atas soal ke-50, bakal banyak kejutan yang nyebelin. Tombol jawab benar dan salahnya bisa pindah-pindah dan mengecoh. Hehe. Sengaja dibuat gitu biar makin bikin gugup.

Mode di atas itu makin lama makin ga masuk akal. Waktu mundur semakin dikit, soal makin susah. Sengaja sih, kan yang terakhir tuh ada Mode Mitos. Di Mode Mitos ini kamu harus menjawab dalam waktu mundur 3 detik. Soalnya sudah buat A + B = C, tapi A + B - C = D dengan segala jebakannya.

Mungkin kamu bertanya, lah kalau Mode Mitos ini cocok buat siapa? Buat orang yang menganggur saja. Hehe.

Pengen Dong, Download-nya di Mana?

Oh ya, game Pacu Otak ini sudah tersedia di Play Store loh. Kamu bisa cari dengan kata kunci "pacu otak", nanti bakal keluar. Atau jika kamu pengen langsung, bisa klik link Pacu Otak download game Pacu Otak ini. Selamat mencoba :)

1 komentar

  1. Wah menarik dan mudah buat si kecil yang masuk sd lewat jalur covid-19, sulit banget mereka memahami pelajaran dan asyik bermain. Kalau ada ini bisa dong bermain sambil belajar.

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.