Meningkatkan Minat Belajar Anak Saat Masa Pandemi dengan Ruangbelajar

Siapa sih yang menginginkan ada pandemi seperti saat ini? Hampir semua tidak menginginkan. Hanya saja, takdir sudah terjadi. Yang ada, kita harus menjalaninya dengan hal terbaik yang kita bisa.

Kamu pasti ngerasa banget bagaimana susahnya mengajari anak saat pandemi. Biasanya kan gurunya tuh yang ngajarin di sekolah. Pas pandemi, emaknya yang kelimpungan harus belajar materi anak dan mengajarkannya. Pusing? Ya, pasti lah. Apalagi pelajaran dan istilah zaman kita sekolah dulu tidak sama dengan zaman sekolah anak kita.

Pengaruh Penggunaan Smartphone Saat Belajar Daring Materi Sekolah

Ada banyak perubahan yang pasti kamu rasakan saat anakmu belajar daring dengan guru sekolah mereka. Ada yang malas-malasan, ada yang tidak bisa fokus, ada yang malah split screen lalu mengerjakan hal lain.

Hal ini sangat wajar. Kebanyakan anak-anak bosan dengan metode pembelajaran seperti ini. Mereka hanya diam, mendengarkan, lalu nanti harus mengerjakan soal dari guru. Belum lagi guru-guru sekolah masih menjadi metode yang pas untuk anak murid mereka.

Kamu Merasa Gundah Ga Sih dengan Masa Depan Mereka?

Sebagai orang tua, di masa pandemi seperti ini, pasti merasa gundah. Ini anak saya entar jadi apa? Belajarnya macam begini-begini saja. Mereka paham ga yah? Kalau mereka ujian bisa lolos ga yah? Dan kegundahan-kegundahan lainnya yang bakal muncul seiring dengan diskusi yang mendalam dengan orang tua lainnya.

Alternatif Belajar Online yang Menarik dan Punya Gol

Sebagai orang tua, pasti kamu berpikir, ada ga sih solusi dari ini semua. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sepertinya bakal diperpanjang entah sampai kapan. Pembelajaran pasti online semua, bakal sedikit sekali yang tatap muka. Apalagi sekarang ada PPKM Darurat. Jadi, kamu pasti perlu alternatif belajar online yang menarik buat anak dan jelas golnya apa.

Ruangbelajar Sebagai Solusi Belajar Online Mandiri yang Menarik dan Terlengkap

Nah, buat kamu yang bingung cari alternatif belajar online yang menarik dan punya gol, kamu bisa cobain Ruangbelajar by Ruangguru. Apa itu Ruangbelajar?

Ruangbelajar adalah salah satu produk dari Ruangguru yang mengajak anak untuk belajar mandiri secara online dengan puluhan ribu video belajar beranimasi dan latihan soal. Video belajar diisi oleh guru-guru terbaik dalam bidangnya.

Tak hanya itu, Ruangbelajar juga punya permainan Ruangguru PET yang mengajak anak-anakmu bakal menyelesaikan misi untuk bisa mendapatkan batu evolusi dari hewan peliharaan mereka. Semacam tamagochi gitu, tapi ini versi yang lebih seru.

Masih ada fitur lainnya yang bisa didapatkan dari Ruangbelajar, antara lain: jadwal belajar, asah otak, bank soal, laporan belajar, adapto (menjawab kuis interaktif dalam video yang diputar), playlist belajar, dan tes minat bakat.

Seinteraktif Apa Ruangbelajar?

Mungkin saat kamu dulu sekolah, sering kali pelajaran sekolah itu membingungkan. Apalagi jika bahasan yang sedang diterangkan oleh guru berupa objek dimensi tiga. Otakmu pasti berpikir keras untuk membayangkan sesuatu yang statis di media dimensi dua, tapi kamu harus memahaminya dalam dimensi tiga.

Nah, di Ruangbelajar ini video pembelajaran dibuat semudah mungkin untuk dipahami. Misalkan tentang gelombang elektromagnetis, akan dijelaskan dengan animasi yang memudahkan otak memahaminya. 

Tak hanya itu, anak juga bakal mendapatkan kuis yang harus mereka jawab di tengah-tengah video pembelajaran. Ya mau tidak mau, anak harus memperhatikan video dengan seksama untuk bisa menjawabnya. Jika dia tidak fokus, akan kesusahan.

Orang Tua Dapat Memantau Progres Anak Selama Belajar di Ruangbelajar

Sebagai orang tua pasti mau dong kepo sebenarnya anaknya ini sudah sampai mana sih belajarnya, nilainya berapa, pelajaran mana dia yang jago dan yang perlu ditingkatkan. Di Ruangbelajar sudah ada sistem chat bot WhatsApp yang kamu tinggal ketik “Rapor Anak” langsung keluar rekap nilai dan progres mereka selama ini.

Berapa Biayanya dan Worth It Ga Sih?

Untuk biayanya, Ruangbelajar punya paket terfavorit yaitu Paket 1 Tahun Ajaran. Saat ini sedang Diskon 60% dan kamu hanya perlu bayar 599 ribu saja setahun. Bayangin aja berapa biayanya jika dibagi 12 bulan, sebulannya cuma sekitar 50 ribuan. Worth it banget lah dengan fitur layanan yang disediakan oleh Ruangbelajar.

Kesimpulan

Sebenarnya, kita patut bersyukur dengan teknologi yang berkembang pesat saat ini. Belajar jadi lebih mudah. Bahkan jika kita bayangkan bagaimana pandemi ini jika terjadi 20 tahun yang lalu? Hufft, pasti kacau balau anak-anak saat itu sekolahnya.

Dengan adanya Ruangbelajar by Ruangguru ini setidaknya menjadi salah satu alternatif belajar online termurah dan bisa meningkatkan minat belajar anak-anak kita yang sempat menurun karena kebosanan di masa pandemi. Tak hanya itu, dengan guru-guru terbaik di bidangnya yang ada di Ruangbelajar, rasanya sangat mungkin anak-anak kita untuk bisa lolos tes dan bisa masuk Perguruan Tinggi favorit meskipun metode belajar sekolah secara online.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.