Barang yang Dilarang Dikirim Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Keluar Negeri

Saat ini hampir tidak ada batas transaksi antarnegara. Dari satu negara ke negara lainnya, bisa mengirim barang dengan mudah dan biaya yang relatif murah. Namun, kamu perlu tahu bahwa ada beberapa jenis barang yang dilarang untuk dikirim ke luar negeri.

Mengapa ada barang yang tidak boleh dikirim menggunakan jasa pengiriman barang keluar negeri? Tentu ada sebabnya. Alasan yang paling logis adalah barang tersebut berbahaya bagi banyak pihak, entah kurirnya atau penerimanya.

Berikut ini adalah beberapa barang terlarang yang tidak bisa dikirim menggunakan ekspedisi luar negeri.

Barang Mudah Meledak

Karena pengiriman biasanya menggunakan pesawat, maka barang yang mudah meledak sangat terlarang untuk dikirim. Apa saja barang yang mudah meledak? Contohnya: kembang api, amunisi, baterai (dengan melebihi kapasitas tertentu), garam logam yang pekat, dan sejenisnya.

Gas

Barang selanjutnya yang tidak bisa dikirim adalah gas. Contoh dari gas ini adalah seperti LPG, thinner, hidrogen, bensin, dan sejenisnya. Barang-barang gas ini sangat mudah terbakar, oleh karena itu dilarang untuk dikirim menggunakan jasa pengiriman luar negeri.

Cairan yang Bisa Terbakar

Tidak semua cairan bisa dikirim ke luar negeri. Ada beberapa cairan yang berbahaya dan bisa terbakar. Contoh dari cairan ini adalah butanol, aseton, petrol, benzena, dan sejenisnya.

Barang yang Mudah Teroksidasi

Barang lainnya yang terlarang adalah barang yang mudah sekali teroksidasi dan menimbulkan kebakaran. Contoh barang ini adalah merkuri, bitumen, asam sulfat, asam nitrat, sulfur, dan sejenisnya.

Racun

Zat berbahaya seperti racun juga sangat terlarang untuk dikirim. Tentu saja ini tidak bisa dikirim karena membahayakan manusia jika tertelan, terhirup, atau terkena kulit. Contoh barang ini adalah bahan-bahan kimia seperti tetraklorida, dinitrobenzena, epiklorohidrin merkuri nitrat, dan lainnya.

Bahan Aktif Radio

Bahan aktif radio seperti uranium dan tritium juga tidak boleh dikirim. Jangankan dikirim, dipegang atau dekat-dekat saja bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan manusia.

Bahan yang Korosif

Bahan-bahan yang menyebabkan korosi pada logam juga dilarang untuk dikirim. Contoh bahan korosif adalah asam sulfat, natrium hidroksida, fenol, asam asetat, dan sejenisnya.

Barang yang Melanggar Hukum

Selain bahan yang berbahaya, barang yang melanggar hukum juga tidak boleh dikirim. Contoh barang ini adalah narkotika, psikotropika, obat-obatan terlarang, senjata api, barang yang melanggar asusila, barang palsu, dan sejenisnya.

Tak hanya itu, beberapa negara juga punya kebijakan yang berbeda yang bisa menghalangimu untuk mengirimkan barang tersebut. Misalnya ada negara yang melarang mengirim bahan herbal, olahan daging, uang, atau barang berharga lainnya.

Cara Mengetahui Barang yang Dilarang Dikirim ke Luar Negeri

Lalu, bagaimana cara untuk tahu barang tersebut bisa dikirim atau tidak? Cara mudahnya adalah langsung bertanya pada agen jasa pengiriman luar negeri seperti KILO.ID. Kamu bisa menanyakan pada KILO.ID apakah barang yang akan kamu ekspor bisa diproses atau tidak sesuai negara tujuan.

Selain melayani ekspor, KILO.ID ini juga melayani jasa impor loh. KILO.ID juga menyediakan jasa kirim Australia ke Indonesia. Jadi, jika ada kerabat yang sedang di Australia dan ingin kirim barang ke kamu yang di Indonesia, kamu bisa pakai KILO.ID. Untuk tarifnya bisa langsung kamu cek di website-nya yah.

Tidak ada komentar

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.