Rabu, 25 Maret 2015

Mendidik Anak : Membiasakan Sholat Di Awal Waktu

Sholat memang sudah perkara biasa bagi umat muslim. Tapi masih banyak orang yang sering melalaikan waktu sholat. Kadang ada yang sholat mepet dengan waktu sholat lainnya. Hal ini yang perlu diperhatikan karena sholat juga gak boleh asal. Selain memperhatikan rukun-rukun sholat kita juga perlu memperhatikan waktu sholat. Jangan sampai jadi orang yang celaka karena melalaikan sholat.

Salah satu hal yang ingin saya tanamkan ke Aisyah adalah membiasakan sholat di awal waktu. Hal ini memang harus dibiasakan sejak kecil. Kalau dari kecil sudah biasa menyepelekan waktu sholat, saya khawatir nanti terbiasa sampai besar. Meskipun sekarang Aisyah belum mengerti tapi jangan sepelekan hal itu. Karena ingatan anak kecil kuat jadi harus mulai memberi contoh.

Alhamdulillah, di rumah kami memang sudah terbiasa sholat di awal waktu. Jadi Aisyah pun kalau mendengar suara adzan langsung ancang-ancang mau sholat. Bahkan pernah waktu dia terbangun sebelum adzan subuh, dia membangunkan adik saya yang masih tidur. Dan saat terdengar suara adzan dia nepuk-nepuk pipi adik saya sambil bilang, "Awa" Mungkin dia mau bilang adzan.

Membiasakan anak untuk sholat di awal waktu harus dimulai dari diri sendiri. Percuma kalau cuma ngomelin anak tapi sendirinya gak menjalankan. Memang sih awalnya berat tapi kalau sudah terbiasa nanti akan merasa gelisah kalau sampai gak sholat tepat waktu.

Mumpung Aisyah masih kecil, sekaligus berbenah diri. Mulai membiasakan hal-hal yang baik. Karena Aisyah makin besar dan semakin pintar meniru, kasihan kalau sampai meniru hal yang buruk.

3 komentar:

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law