Jumat, 03 Juli 2015

Teh Kurma Minuman Menyegarkan Untuk Buka

Kurma
Bulan puasa gini memang paling enak kalau buka puasa dengan minuman manis. Kalau di rumah jarang bikin minuman spesial. Paling juga teh manis dingin. Tapi buat saya yang bermasalah dengan lambung, kadang males minum teh. Tapi belakangan ini perut saya sepetinya sudah berdamai dengan teh. Saya sudah jarang merasakan masalah di perut setelah minum teh. Gak seperti biasanya langsung sakit dan pengen buang angin terus. Jadi sekarang saya bisa sepuasnya minum teh. Meski buat ibu hamil gak disarankan untuk minum teh terlalu banyak.

Beberapa hari lalu saya pengen minum teh dengan variasi yang berbeda. Saya teringat dengan minuman teh yang pernah saya beli di minimarket. Teh rasa kurma dan madu yang rasanya enak banget. Tapi gak tahu kenapa teh itu jadi rada susah nemuinnya. Lagi pula harganya juga lumayan mahal. Kebetulan di rumah ada buah kurma yang dibawaain suami dari Surabaya. Enaknya di Surabya, kurma gak cuma ada saat puasa. Tiap hari ada kurma, gak seperti di Purwokerto. Kurma cuma ada kalau lagi puasa, itu pun kualitasnya gak terlalu bagus.

Karena kurma di rumah cukup banyak, jadi saya bikin teh kurma sendiri. Tapi tanpa madu, padahal di rumah ada madu saya lupa buat nambahin madu. Meski begitu rasanya mirip banget dengan teh kurma yang pernah saya beli, malah lebih enak loh. Yang bikin teh kurma ini lebih enak karena kurma dan teh nya saya blender. Jadi ada foamnya gitu, enak banget deh. Foamnya juga bertahan cukup lama di lemari es. Kira-kira mungkin ada dua jam dari saya membuat teh kurma ini sampai saya minum saat buka. Foamnya masih terasa lembut di bibir.

Resep Teh Kurma

Membuat teh kurma ini gak susah loh. Pokoknya ada bahan-bahannya dan punya blender. Ini resep teh kurma versi saya. Mungkin bisa dimodifikasi sesuai dengan selera.

Teh Kurma

Bahan Teh Kurma

10 buah kurma
3 sendok makan gula pasir
800 ml air dingin
1 sendok makan madu
1 gelas air teh

Cara Membuat Teh Kurma

1. Masukan air kedalam blender, tambahkan buah kurma yang sudah dibuang bijinya blender hingga halus.
2. Tambahkan air teh, gula pasir dan madu, blender.
3. Teh kurma siap disajikan.

Teh kurma ini bisa lebih enak dihidangkan saat dingin. Tapi kalau mau coba yang hangat juga boleh. Berhubung saya sukanya dingin jadi memang lebih enak dingin, hehe. Satu resep teh kurma ini bisa diminum oleh dua atau tiga orang.

10 komentar:

  1. baru tahu ada teh kurma, nyobain ah kapan2. :D

    BalasHapus
  2. hmmm.. kayane seger banget mbak, enak di lidah, sehat di badan

    BalasHapus
  3. boleh juga nih resepnya mbak, anakku kadang suka experimen teh, kadang teh dikasih sirup :-D

    BalasHapus
  4. Belum pernah bikin spt ini

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. itu juga enak mba, aku pernah bikin

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law