Jumat, 07 Agustus 2015

Perlengkapan Ibu Pasca Melahirkan

Mendekati HPL saya yang diperkirakan tanggal 10 Agustus memang membuat saya sudah bersiap-siap jauh-jauh hari. Sewaktu hamil Aisyah, sejak umur kandungan baru masuk tujuh bulan pun saya sudah persiapkan tas yang isinya perlengkapan untuk persalinan. Tapi hamil kali ini saya baru mempersiapkan perlengkapan untuk melahirkan saat umur kandungan delapan bulan. Saya merasa hamil kali ini agak lebih santai. Mungkin karena sudah pengalaman jadi gak terlalu panik.

Dulu saya bolak-balik bongkar tas untuk mengecek barang apa saja yang perlu saya bawa saat melahirkan. Maklumlah, belum pengalaman harus bawa apa saja. Meski sudah diberitahu perlu bawa ini itu. Tapi tiap orang kan punya kebutuhan yang berbeda. Apalagi saya punya kostum khusus jadi memang harus dipersiapkan juga, hehe.

Perlengkapan Ibu Pasca Melahirkan

Pasca melahirkan memang cukup banyak perlengkapan yang dibutuhkan. Bagi saya hanya butuh empat barang di bawah ini pasca melahirkan. Tapi kebutuhan orang berbeda-beda bisa jadi orang lain butuh perlengkapan yang lebih banyak dari pada saya. Contohnya adalah bantal menyusui. Saya gak terlalu butuh bantal menyusui tapi bagi orang lain bantal menyusui ini sangat dibutuhkan.

Grita Ibu

Pasca melahirkan ukuran perut akan menyusut cukup jauh dari ukuran saat hamil. Grita berfungsi untuk mengecilkan ukuran perut pasca melahirkan. Sekarang sudah banyak dijual grita modern tanpa harus mengikat satu per satu tali seperti grita konvensional. Grita yang sekarang menggunakan perekat yang tentu saja lebih praktis memakainya. Dulu sewaktu Aisyah baru lahir saya belum tahu grita model gini. Jadilah saya males pake grita efeknya ukuran perut saya pasca melahirkan gak bisa balik ke ukuran awal.

Bra Menyusui

Setelah melahirkan tentu saja para ibu pasti menyusui anaknya. Kecuali yang mau ngasih SUFOR sih. Bra menyusui ini berguna banget untuk para ibu menyusui. Tanpa bra menyusui, aktifitas menyusui bisa sangat merepotkan loh. Dulu saya pernah menyusui tanpa bra menyusi. Ternyata gak praktis banget, susah nyusuinya.

Pembalut Atau Menspad

Pasca melahirkan pasti para ibu membutuhkan pembalut khusus untuk nifas. Darah nifas memang lebih deras dan banyak ketimbang darah haid biasa. Maka dari itu butuh pembalut khusus untuk nifas. Tapi pasca melahirkan kali ini saya ingin menggunakan menspad. Meski saya masih ragu-ragu apa benar-benar bisa menampung darah nifas yang begitu banyal. Tapi tetap saja saya ingin coba menggunakan menspad saat nifas nanti. Gak lupa juga mengunakan celana dalam menstruasi supaya lebih nyaman memankai menspad.

Baju Menyusui

Untuk mempermudah aktifitas menyusui sebaiknya memang menyiapkan baju menyusui. Kalau pun bukan baju khusus menyusui seenggaknya memilih baju yang ada resleting atau kancing depan. Menyusui tanpa baju berkancing depan biasanya sangat merepotkan. Jadi kalau mau praktis ya pakai baju yang ada kancing depan. Tapi kalau saya lebih suka baju dengan resleting depan ketimbang menggunakan kancing. Karena terkadang sulit mengancing dengan satu tangan. gak seperti resleting yang bisa dibuka tutup meski dengan satu tangan.

11 komentar:

  1. breastpad kadang-kadang berguna juga siapa tau asinya berlimpah jadi gak basah ke pakaian

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga yah, aku lupa gak tulis :D

      Hapus
  2. Lama gak ngeblog mbak enny udah jadi ibu rumah tangga (^ ^

    BalasHapus
  3. Banyak juga perlengkapannya ^^

    BalasHapus
  4. Semoga lancar persalinannya ya mbak, ibu dan bayi sehat :)

    BalasHapus
  5. Grita ibu itu yg biar ga turun rahim ya, en?
    Btw, barakallah
    Moga anaknya jadi anak shalehah. ♥

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, udah gitu biar perutnya bisa kecil lagi :D
      aamiin :) makasih

      Hapus
  6. Grita...saya masih ingat dulu kakak saya pasca melahirkan pakai stagen yg super duper panjang, 10 meter kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, panjang amat itu. Kalau kata mertuaku itu bengkong :D

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law