Rabu, 05 Agustus 2015

Tips Memilih Clodi Untuk Bayi Baru Lahir

Untuk kedua kalinya saya memang bertekad memakaikan clodi untuk anak kedua saya. Berbeda dengan Aisyah yang baru pakai clodi saat umur tiga bulan. Adik Aisyah ini ingin saya pakaikan clodi dari baru lahir. Meski ibu saya kelihatannya gak setuju dengan keinginan saya ini. Saya sih maklum kenapa ibu saya seperti itu. Ibu saya hanya tahu jenis clodi yang Aisyah pakai. Menurut ibu saya clodi yang Aisyah pakai sekarang gak bagus kalau digunakan untuk bayi baru lahir. Saya pun sependapat dengan ibu saya. Maka dari itu, clodi untuk bayi baru lahir berbeda dengan clodi lainnya.

Clodi untuk bayi baru lahir harganya lebih murah dari pada clodi biasanya. Mungkin karena ukurannya yang kecil dan biasanya gak ada lapisan waterproofnya. Clodi untuk bayi baru lahir biasanya hanya dipakai dua atau tiga bulan. Setelah itu menggunakan clodi one size. Maka dari itu saya hanya beli dua clodi newborn supaya gak mubazir. Meski kadang saya gatel pengen beli dua lagi supaya nyucinya gak terlalu buru-buru.

Tips Memilih Clodi Untuk Bayi Baru Lahir

Memilih clodi untuk bayi baru lahir gak bisa asal seperti untuk bayi yang sudah berumur tiga bulan ke atas. Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang lebih sensitif. Kita gak bisa sembarangan memakaikan clodi yang biasanya untuk bayi baru lahir. Karena dari bahannya pun berbeda. Berikut adalah tips memilih clodi untuk bayi baru lahir.

Clodi Newborn Merek Sheizy

Pilih Bahan Yang Halus

Kulit bayi yang baru lahir masih sangat lembut. Sehingga kita perlu memperhatikan bahan inner clodi. Clodi pada umumnya memiliki inner suede. Inner ini masih kurang lembut untuk kulit bayi meski pun memiliki efek stay dry pada kulit. Pilihlah clodi newborn yang memiliki bahan halus dan lembut seperti microfleece atau sejenisnya.

Pilih Clodi Tanpa Lapisan Waterproof

Kebanyakan clodi memang memiliki lapisan waterproof yang gak tembus meski insert sudah basah. Tapi bagi bayi baru lahir sebaikanya gak menggunakan clodi dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan clodi dalam jangka waktu yang lama gak baik itu kulit bayi. Lebih baik sering-sering ganti clodi agar kulit bayi gak lembab. Clodi tanpa lapisan waterproof memudahkan kita mengetahui kalau pipisnya sudah banyak tanpa membuat si bayi basah kuyup seperti menggunakan popok kain biasa.

Gunakan Clodi Tipe Cover

Bayi yang baru lahir biasanya memiliki frekuensi pup yang cukup sering. Maka dari itu pilih clodi dengan tipe cover agar lebih mudah dibersihkan. Jika cover gak terkena pup dan masih kering bisa digunakan lagi. Hanya saja kita butuh punya banyak liner atau pelapis agar pup gak langsung menyentuh insert. Tapi disarankan untuk mengganti cover jika sudah terlalu lama dipakai meski belum basah.

3 komentar:

  1. memilih clodi utk bayi baru lahir harus benar2 hati2 ya mak... karena kulit bayi baru lahir tuh sensitif banget

    BalasHapus
  2. Rayyaan dulu baru pakai clodi usia 2 bulan. Soalnya saat itu nggak tau soal clodi newborn dan bisa dibilang nggak nemu info ada clodi u newborn. Kalau clodi 'biasa' memang terlalu bulky dipakaikan ke newborn & newborn kulitnya sensi sekali mesti pakai bahan yg lebih soft diband clodi biasa. Usia rentan kena ruam si huhu.

    BalasHapus
  3. Wah ini aku butuh banget infonyaaa. Asiiikkk. Dulu pas Ubii aku pakai Cluebebe (aduh lupa deh spellingnya...) sama Honey Dew. Lalu kan nggak ada plan ngasih adik dulu, jadi aku jualiinnn coba... Hiks, agak menyesal >.<

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law