Jumat, 04 September 2015

Cara Membuat Brownies Rasa Coklat

Sebelum melakukan cara membuat brownies, salah satu bahan baku yang harus disiapkan adalah coklat. Coklat merupakan hasil olahan dari biji kakao dan pertama kali dikonsumsi oleh penduduk di Mesoamerika dan dahulunya hanya dikonsumsi oleh para bangsawan. Dari warnanya, coklat dibedakan menjadi dua yaitu dark coklat dan coklat putih. Baik dark maupun putih, dapat digunakan untuk membuat brownies namun pada umumnya lebih banyak yang menggunakan dark chocolate.


Sebelum membuat kue seperti pada resep brownies, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih coklat yang akan terlebih dahulu. Terdapat beberapa cara untuk mengetahui coklat tersebut merupakan coklat yang bagus yaitu:

  • Memiliki warna yang mengkilap dan tidak terdapat bubuk putih yang menempel. Permukaan coklat yang bagus tidak ada retakan, goresan ataupun gelembung udara.
  • Coklat yang baik mempunyai aroma khas dan klasik dan hindari yang memiliki aroma terlalu kuat.
  • Coklat yang baik memiliki suara yang cukup nyaring jika dipatahkan atau pecah.
  • Coklat tidak lengket.
  • Coklat yang baik akan cepat meleleh.

Setelah coklat dipilih, cara membuat brownies selanjutnya adalah melumerkannya atau melelehkannya beserta dengan margarin misalnya blue band agar rasa menjadi lebih enak. Caranya dengan menyiapkan panci yang diisi air lalu dididihkan dan panci ke dua dengan ukuran kecil yang diberi coklat batangan dan margarin. Kemudian aduk hingga meleleh dan sisihkan sebelum nantinya dicampurkan dengan bahan yang lainnya.

6 komentar:

  1. Kesukaan Aisyah ya, eh tapi aku juga suka banget kok :)

    BalasHapus
  2. Bikin brownies bisa pakai collat putih juga ya ternyata

    BalasHapus
  3. Jadi, emang ada cokelat yang susah meleleh yo, Mbak.

    Btw, ini yg post Suami? :D

    BalasHapus
  4. Enak ini, apalagi coklatnya banyak. Nyummyy :D

    BalasHapus
  5. Wah, baru kemarin nih aq belajar ngelelehin coklat hehehee... maklum ga pernah baking tapi tiba2 pengin bikin kue dg coklat leleh di atasnya :)

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law