Rabu, 07 Oktober 2015

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog : Placement Article

Gara-gara ikutan giveaway seseorang blog saya jadi banyak dikomentari. Beberapa dari mereka penasaran bagaimana saya mendapatkan uang dari blog. Akhirnya saya jadi dapet inspirasi untuk nulis cara mendapatkan uang dari blog. Sebenarnya sih saya masih sangat amatir untuk nulis kayak beginian. Cuma saya sekedar share aja bagaimana cara saya mendapatkan uang dari blog ala Juvmom #halah.

Pertama kali blog ini dapet job review dari teman ngeblog lama yang gak pernah komunikasi. Suatu saat saya iseng nanya dari mana dia dapet job review. Eh, kok malah dikasih job review. Waktu itu hargnya masih lima puluh ribuan. Saya terima aja untuk blog Juvmom, soalnya dulu memang masih ecek-ecek. Masih panteslah rate lima puluh ribu.

Dari sana saya diberitahu tentang placement article. Placement article ini maksudnya adalah penempatan artikel. Di mana artikel tersebut sudah disediakan oleh advertiser. Kita hanya tinggal mempublikasikan di blog. Bisa juga kita ditambahkan sendiri ilustrasi supaya lebih cantik. Rata-rata harga placement article ini mulai dari lima puluh ribu. Kadang ada juga yang memberikan harga yang cukup mahal. Saya pernah dapat dua ratus ribu per artikel. Tapi bukan di blog ini itu pun cuma sekali aja di tiap blog yang kami punya.

Kalau kamu punya banyak blog, placement article ini sasaran yang empuk untuk mendapatkan uang dari blog. Tanpa susah payah mikir kita dibayar lima puluh ribu loh. Karena saya punya banyak blog, sebulan bisa menghasilkan mulai dari tiga ratus sampai kadang lebih dari itu. Malah kakak saya bisa dapet sampai jutaan dari placement article doang.

Syarat Mendapatkan Placement Article

Gak sembarangan blog bisa dapet placement article loh. Advertiser juga punya beberpa syarat untuk blog yang akan diberi placement article. Untuk dapat placement artikel ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut adalah syarat untuk mendapatkan placement article.

Blogmu Sudah Pakai TLD

Blog dengan TLD atau top level domain biasanya memang jadi incaran para advertiser. Jarang sih blog dengan domain gratisan dapat placement article. Jadi kalau pengen menghasilkan memang harus sedikit berkorban dengan beli domain. Toh harga domain gak terlalu mahal. Kalau gak pengen repot tinggal pakai hosting Blogger jadi gak keluar duit lagi buat beli hosting.

Domain Authority Lebih Dari 20

Berhubung sekarang page rank udah gak update, jadi yang dipakai untuk patokan para advertiser adalah domain authority atau disingkat DA. Kebanyakan para makelar placement article mencari blog dengan DA di atas 20. Semakin besar DA blog kami maka semakin sering juga dapet placement article. Seperti blog kakak saya nul.is yang sering banget kebanjiaran placement article. Semakin sering dapet placement article makan penghasilan yang kamu dapatkan juga makin banyak loh.

Untuk menaikan DA blog kamu bisa dengan perbanyak blog walking. Jangan lupa juga cari-cari artikel gemana caranya naikin DA, hehe. Meski saya sebenarnya juga gak terlalu paham dengan SEO, cuma ngerti secuil. Tapi lumayanlah dari pada gak ngerti sama sekali, hehe.

Jumlah Entri Lebih Dari 30

Banyak entri di blog kamu juga salah satu faktor advertiser setelah nengok DA blog. Soalnya DA blog besar itu bisa aja karena beli domain yang udah kadaluarsa dan punya DA gede. Sedangkan entri blog itu gak bisa bohong. Kalau baru beli domain dengan DA gede dan belum diisi kan ketahuan banget kalau emang lagi nyari objekan duit, haha. Maka dari itu jumlah entri di blog kamu juga jadi patokan untuk beberapa advertiser. Jadi sering-sering update blog kamu. Seenggaknya sehari satu post udah bagus kok.

Cara Mendapatkan Placement Article

Setelah kamu tahu syarat-syarat untuk mendapatkan placement article, sekarang kamu juga harus tahu di mana kamu bisa mendapatkan placement article. Berikut adalah cara mendapatkan placement article.

Buka Forum Ads Id

Forum ini memang terkenal banget seantero blogger Indonesia. Di forum ini banyak banget orang-orang yang ngasih job review atau placement article. Kita tinggal telaten aja nyari di threat. Kalau saya sih jarang buka Ads Id, biasanya suami yang buka dan cari-cari. Saya terima beres ajah, hehe.

Gabung Grup Blogger

Biasanya saya gabung grup blogger di Facebook. Salah satunya adalah warung blogger. Saya dapat placement article seharga dua ratus ribuan itu juga dari sana. Waktu itu ada orang yang ngepost di warung blogger kalau butuh beberpa blog dengan blog minimal PR 1. Berhubung juvmom gak punya PR jadi blog lain yang dapet. Gak tahu kenapa juga orang itu syaratnya pake PR padahal PR udah gak update. Perbanyak masuk ke grup blogger, jadi siapa tahu kamu dapet placement article.

Hubungi Saya!

Bukannya saya modus yah. Cuma saya memang gak bisa sembarangan ngasih kontak orang yang ngasih saya placement article. Nanti saya yang kena semprot orangnya karena udah sembarangan ngasih kontaknya dia. Jadi kalau memang blog kamu sudah memenuhi syarat di atas bisa hubungi saya untuk saya berikan kontak orang yang biasa ngasih saya placement article. Kamu bisa kirim email ke juvmom [at] gmail [dot] com. Dengan subjek daftar placement article. InsyaAlloh kalau gak lagi rempong langsung dibales.

Salah satu cara mendapatkan uang dari blog bisa dengan banyak-banyak mencari placement article. Kalau dengan cara lainnya nanti saya bikin entri baru deh. Saya cuma sekedar sharing gemana caranya blog ini dapat placement article. Meski kalau dibaca ulang ini tulisan amatir banget yah, haha. Tapi gak apalah lumayan itung-itung buat update blog, hehe.

14 komentar:

  1. baru aja dapet tawaran placement artikel mbak :D

    BalasHapus
  2. sebenere pengen, tp aku ngeblog e angin2 nan hahah

    blm niat bgt beli domain hihi

    BalasHapus
  3. Placement artikel...Alhamdulillah sdh pernah dapat beberapa kali, semoga selanjutnya bs lbh ajeg dpt placement article. *terus lanjut kirim email*

    BalasHapus
  4. wah heubat..saya gaptek pisan nih kalau soal itu,,,

    BalasHapus
  5. Waahh seru ya kalo cuma sekedar posting bisa dapet uang, aku ada blog yang udah memnuhi kriteria di atas nih. Itu cuma posting artikel yang udah disediain sama orang yang bayar kan mbak?

    BalasHapus
  6. enaknya kalau placement artikel ga perlu nulis ya tinggal copas dari yang ngasih heheh

    BalasHapus
  7. banyak juga koneksi ya di dunia blog :) kadang dikasih rekomndasi dari teman

    BalasHapus
  8. Boleh tu info....bisa dikembangkan nani....thnks ya...salam kenal

    BalasHapus
  9. Aq kirim email ya mbak *kedip2 hehe

    BalasHapus
  10. Wah, sepertinya kerjaan menjadi blogger cukup menggiurkan ya, mungkin dari situ bisa buka usaha yang lain.

    Coba ah, makasih mbak atas infonya.

    BalasHapus
  11. emailnya apa mbak boleh dong aku dibisikin biar dapet placement artikel hehehe

    BalasHapus
  12. emailnya apa mbak boleh dong aku dibisikin biar dapet placement artikel hehehe

    BalasHapus
  13. Tulisan yang menarik mbak, saya udab ngemail mbak barusan

    BalasHapus
  14. saya bingung ngasi harga penawaran sama article placement, biasanya kira2 berapaan ya...

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law