Sabtu, 03 Oktober 2015

Sebuah Pencapaian Dari Blog

Meski kegiatan ngeblog sudah lama saya jalani tapi saya belum pernah punya blog sebagus Juvmom ini. Bisa dibilang selama lima tahun ngeblog ini saya gak pernah serius bikin blog. Isi blog saya kebanyakan curhatan gak jelas. Tulisan alay-alayan semua. Pernah punya domain Blogspotdesign.com yang isinya template blogger buatan saya. Tapi sekarang udah jarang banget update. Saya udah lama gak ngoding jadi kayaknya otaknya udah rada karatan buat ngoding.

Awal mulanya tercetus domain ini sebenarnya gak sengaja. Saat itu saya sudah melahirkan Aisyah. Rasa penat karena sulit keluar rumah membuat saya ingin membuat kegiatan yang bisa dilakukan di rumah. Karena saya suka ngeblog akhirnya saya dibantu suami untuk mulai ngeblog lagi dari awal. Membuat brand baru yang fresh.

Nama juvmom sendiri sebenarnya cuma kebetulan. Saat sedang mikirin nama domain, di depan saya ada botol minuman JUV. Minuman rasa buah yang sekarang udah gak ada yang jual lagi entah kenapa. Padahal rasanya enak, murah pula. Saya nyeletuk JUV, eh ternyata langsung disambut sama suami dengan tambahan mom. Jadilah Juvmom, juvenile mom. Juv adalah singkatan dari kata yang artinya juvenile. Bukan Juventus loh yah. Nanti dikira saya penggemar Juventus, haha.

Juvenile dalam bahasa inggris berarti muda. Kebetulan saya memang masih muda *uhuk*. Jadi domain ini terasa pas banget buat saya. Beli domain ini sebenarnya agak maksain. Dulu keuangan masih belum stabil. Buat beli domain seharga sembilan puluh ribu aja mikir-mikir. Tapi karena suami sayang saya jadi dibela-belain buat beli. Jadilah sampai sekarang domain ini jadi salah satu sumber pundi-pundi uang kami.

Di Juvmom ini saya lebih berhati-hati ketika akan membuat post. Gak seperti dulu yang asal aja bikin post. Sekarang saya lebih suka memikirkan matang-matang apa yang akan saya tulis. Dulu saat masih menyusui Aisyah, saya sering ngeblog pakai ponsel Android. Kadang saya menyusui sambil nulis dengan ponsel. Padahal saya sempat baca, kalau bisa saat menyusui kita gak mainan ponsel. Tapi memang saya ini rada bandel, hehe. Lagi pula kegiatan menyusui itu bukan hal yang seru. Biasanya saya bakal ketiduran kalau nyusuin Aisyah. Dan Aisyah pun kalau nyusu biasanya langsung tidur tapi tetep gak mau lepas.

Kesempatan inilah yang saya manfaatkan untuk nulis di blog. Bermodal aplikasi bawaan Blogger di Play Store saya menulis beberapa entri. Tahu gak sih, nulis di ponsel itu susah banget. Apalagi waktu itu ponsel saya Android jadul. Lebarnya cuma empat inch jadi kalau buat nulis susah banget. Belum aplikasi Blogger di Android gak ada auto save.

Pernah pas lagi nulis ada yang nelpon ke ponsel. Kirain saya tulisannya bakal tetap ada. Eh tahunya pas udah selesai nelpon dan saya lihat lagi tulisannya kosong. Apa gak kepengen nangis tuh. Udah nulis susah-susah malah hilang semua.

Khusus blog Juvmom saya selalu mengusahakan tiap post memiliki ilustrasi. Jadi kalau ingin membuat post, setelah menulis biasanya saya mencari ilustrasi yang pas. Kadang berupa foto atau sekedar logo dari blog ini. Post yang gak ada ilustrasinya terlihat membosankan. Jadi minimal harus ada satu foto untuk mempermanis post.

Ilustrasi yang dibuat dengan Hello Kitty Collage
Untuk mendapatkan ilustrasi yang bagus terkadang memang butuh perjuangan. Harus foto dari angle yang bagus. Belum lagi diedit untuk mendapatkan warna yang pas. Udah gitu dikasih watermark biar kalau ada yang nyomot ketahuan. Kadang kalau malas bikin ilustrasi saya ambil saja yang sudah ada di galeri Picasa. Biar gak kelamaan bikin ilustrasi. Nanti yang ada malah gagal dipublish karena Aisyah udah rewel, haha.

Meski Juvmom ini baru umur setahun lebih tapi udah menghasilkan uang lumayan banyak. Lambat laun blog ini sering dapet job review dari berbagai advertiser. Dari sini saya mulai berfikir untuk menjadikan blog ini kerjaan sambilan yang menghasilkan uang seperti kerjaan utama.

Bisa dibilang, tahun ini adalah tahun panen bagi Juvmom. Sebuah pencapaian yang sebelumnya gak pernah terpikir oleh saya. Mengingat blog ini belum terlalu lama. Brandingnya pun sekenanya saja. Tapi karena saya dan suami punya pasion yang sama dalam ngeblog kami saling membantu untuk tetap menghidupi blog-blog kami. Di saat saya sudah lelah dan males ngeblog, suamilah yang mempromosikan tulisan saya di sosial media. Jadilah sekarang ini Juvmom sering dapet job review yang bisa saya pake buat belanja online, haha.

Saya ingin ketika orang bertanya apa yang saya dapat dari blog, saya bisa bikin orang-orang kepengen, haha. Seenggaknya mereka gak meremehkan saya lah yang cuma ibu rumah tangga. Soalnya sekarang ini memang trendnya para ibu bekerja. Sedangkan saya cuma di rumah ngurus anak. Padahal saya juga bekerja jadi blogger, hehe. Jadi blogger juga bisa dijadikan penghasilan utama loh. Saya sih belum sekeren para blogger lain yang pendapatannya bisa puluhan juta.

Kamu bisa ciptakan peluangmu dari ngeblog. Karena semua bisa jadi blogger berpenghasilan asalkan mau berusaha dan gak mudah menyerah. Banyak orang yang menyerah duluan karena mereka ingin hasil instan. Padahal mereka gak tahu, orang-orang yang sekarang bisa berpenghasilan dari blog juga mengalami masa kritis. Baru setelah masa kritis itu lewat hasilnya bisa dinikmati.

19 komentar:

  1. waah senang ya, walau baru berjln setahun lebih tapi blog juvmom sudah berpenghasilan :) keep blogging :)

    BalasHapus
  2. wah keren. senang banget kali yak.... aku udah ngeblog 7 tahun belon pernah ikutan give away hehehehe

    BalasHapus
  3. alhamdulilah dari ngeblog saya sudah bisa beli meja kerja mbak xixixi , sekrang sudah nyaman untuk menulis artikel yang bermanfaat ... CMIIM ..
    btw tulisanya menginspirasi ,besok mau cari calon istri yg jago ngeblog biar saling melengkapi , seperti pengalamnya mbak enny xixixi :D

    BalasHapus
  4. Wahh... hebat, iya.. bener nih. ngeliat Juvmom bisa berhasil seperti ini, pasti orang-orang jadi kepengen juga jadi blogger :D

    BalasHapus
  5. aku pernah juga itu nulis trus lupa save dan hilang huhuuhuhu
    semangat yaaaa

    BalasHapus
  6. Bagus lho, Mbak Enny. Senang denger ada yang berhasil bikin penghasilan via blog.
    Oh ya, ceritain dong, gimana caranya Mbak Enny bisa dapet job review sehingga menjadikan penghasilan? Apakah Mbak Enny aktif cari job review sendiri atau bagaimana pemilik produknya bisa menemukan Mbak Enny untuk review?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, makasih mba :)
      InsyaAlloh nanti aku bikinin entrinya :)

      Hapus
  7. Aku jg nulis di hp. Kdg sakit hati klo blm kesave. Tp tetep nulis lg hahai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Jiah, sakit hati banget :D

      Hapus
  8. wah salut sama konsistensinya menulis mba enny

    BalasHapus
  9. ooh ternyata itu asal mula nama juvmom :)
    sukses buat GA-nya yaa

    BalasHapus
  10. Awal aku main ke sini serius lho tak kira penggemar juventus. hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekeke, bukaaan. Aku gak suka juventus gak suka bolaaa

      Hapus
  11. Wah senangnya bisa menghasilkan dari blog, semoga ketularan suksesnya, salam kenal mbak enny

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law