Sabtu, 12 Desember 2015

Iseng Mencari Broken Link

Broken Link
Dari kemarin saya melihat ada beberapa blogger yang membahas tetang cara mencari broken link atau tautan rusak. Saya sih bukan mau ikutan ngasih tutorialnya. Cuma saya tadi itu kebawa kepengen ikutan cek broken link di blog Juvmom.com ini. Tadinya saya pikir buat apa juga nyariin broken link.

Tapi ternyada ada manfaatnya dari mengetahui broken link ini. Sekedar dari analisa saya, dengan mengetahui broken link ini kita dapat memperbaiki link yang mungkin salah tulis sehingga gak dapat dibuka oleh pengunjung. Misalkan jika kita memberikan sumber link di entri kita. Ternyata link tersebut salah tulis, maka kita gagal memberikan kredit kepada situs yang sudah kita ambil sumbernya. Padahal mencantumkan sumber link itu penting juga.

Penyebab Broken Link

Broken link gak terjadi kecuali ada sebabnya. Ada banyak kemungkinan suatu link bisa rusak. Salah satunya penulisan link yang salah akan menyebabkan 404 page not found. Ada juga penulisan tag HTML yang salah dapat menyebabkan bad url.

Gak hanya itu kadang faktor eksternal seperti server bermasalah pun bisa menyebabkan broken link sementara atau permanen. Kalau sekedar servernya time out mungkin masih bisa hidup lagi linknya jika servernya udah gak bermasalah. Dan banyak lagi penyebab link bermasalah.

Cara Mengatasi Broken Link

Untuk mengatasi broken link kita harus memperbaiki link yang rusak secara manual. Kalau broken link pada blog kamu banyak, kamu bisa memilih untuk memperbaiki broken link yang ada pada entri blog mu saja. Karena broken link itu biasanya bukan hanya karena link di blog kamu yang rusak. Bisa juga dikarenakan para komentator yang meninggalkan jejak salah menuliskan link url atau mungkin blognya sudah gak ada lagi.

Jika disebabkan karena link yang dibawa oleh komentator, kamu bisa menghapusnya secara permanent. Tapi kalau kamu menggunakan Wordpress cukup diedit linknya. Atau bisa kamu hilangkan link yang memang jika dibuka gak bisa lagi.

Broken Link yang Bikin Bingung

Berhubung broken link di Juvmom jumlanya cuma sembilan belas saya dapat menyelesaikannya dengan mudah. Hanya saja ada hal yang cukup menggelitik ketika saya mengecek penyebab broken link di Juvmom. Salah satu link label saya dengan judul cloth diaper ternyata disebut sebagai broken link juga. Karena penasaran saya coba buka linknya.

Broken Link Di Juvmom.com
Broken Link Di Juvmom.com
Ternyata link tersebut redirect ke Internet Positif. Tadinya saya sudah heran aja. Kenapa link label itu kok redirect ke Internet Positif. Mungkin karena saya kurang teliti saya gak engeh ketika link tersebut salah penulisan di awal. Ada double http di penulisan link. Pantesan aja kok jadi aneh gitu. Padahal link label dengan nama yang sama saat dibuka tetap keluar kumpulan entri mengenai cloth diaper. Hanya di entri itu saja link label cloth diapernya mengarah ke Internet Positif.

Saya sampai mengahabiskan beberapa menit untuk memecahkan masalah ini. Mungkin karena agak ngantuk kali yah jadi mata saya kurang awas.

12 komentar:

  1. kalo bad host itu karena apa ya, en? berarti link yang udah eror itu harus dibersihin semua ya? *brb, cek blog sendiri*

    BalasHapus
    Balasan
    1. bad host karena servernya lagi shut down atau ada masalah lain dari server kayaknya sih :D

      Hapus
  2. Aku masih bingung tentang broken link ini. Xixixi

    BalasHapus
  3. ngeceknya dengan cara apa yah, masih gagal fokus untuk pengecekkannya

    BalasHapus
  4. duh... ini artikel kedua tentang broken link yang aku baca dan aku kok ya belum paham ya. gaptek tenan aku nih.

    BalasHapus
  5. aku juga ternyata banyak borken link di blog mbak, mau cek lagi ah

    BalasHapus
  6. Dulu di blog lamaku ada broken linknya juga mbak. Sampe sekarang belum kebetulin tuh :DDD

    BalasHapus
  7. Broken link itu maksudnya link di blog kita yah.. Okeoke.. Hehe..

    BalasHapus
  8. duh pas udah ngantuk kalau baca broken link begini ya. Begimana sayah, akan menghabiskan berapa lama untuk mengurusi broken link.

    BalasHapus
  9. Saya mau ngecek-ngecek broken link belum juga. Bisa jadi banyak nih.

    BalasHapus
  10. SIAAAAPPP Ngecekin broken link atu-atu semangaaat!

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law