Selasa, 02 Februari 2016

Cara Mudah Mengatasi Sembelit Pada Anak dengan Aman

Cara Mudah Mengatasi Sembelit Pada Anak dengan Aman
Semenjak anak menginjak usia enam bulan, mereka sudah mulai makan-makanan padat. Hal ini sangat perpengaruh pada pencernaan mereka. Penyakit klasik yang sering terjadi pada balita yang sudah mulai makan makanan padat adalah terkena sembelit. Saya mengalami hal itu saat Aisyah usia delapan bulan. Saat itu fasesnya sangat sulit untuk keluar. Meski ditatur fasesnya sulit sekali keluar. Bahkan saya sampai harus menarik keluar pupnya agar dia gak perlu ngejen. Jangan jijik ya buibu, hihi. Dari sanalah saya mulai mengetahui cara mengatasi sembeli pada anak.

Penyebab sembelit pada balita bisa sangat beragam. Salah satunya bisa karena kekurangan asupan cairan. Apalagi jika balita sudah mulai makan makanan pada yang beragam. Sembelit bisa jadi tanda dia alergi pada makanan tertentu. Ada banyak cara yang dapat kita lalukan untuk mengatasi sembelit pada balita.

Cara Alami Mengatasi Sembelit Pada Anak

Untuk mengatasi sembelit pada anak kita tidak bisa asal. Pasalnya anak-anak memang masih sensitif. Kita bisa mencoba cara alami untuk mengatasi sembelit. Salah satunya adalah dengan memberikan asupan cairan yang cukup. Berikan anak minum sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika biasanya dia minum hanya dua gelas makan berikan tiga hingga lima gelas. Hal ini cukup efektif untuk membuat fases menjadi gak keras.

Ibu juga bisa memberikan buah-buahan seperti pepaya atau pisang yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Bisa juga memberikan buah plum. Tapi biasanya buah ini susah dicari jadi pakai pepaya atau pisang aja deh.

Obat yang Aman untuk Mengatasi Sembeli Pada Anak

Saya pernah mengalami sembelit yang cukup parah saat Aisyah sedang batuk. Eh apa hubungannya dengan batuk yah? Jadi gini, obat batuknya itu punya efek samping yang memperngaruhi pencernaan. Ternyata efek samping yang terjadi pada Aisyah adalah sembelit. Fasesnya bisa keras banget. Aisyah sampe ngejen gak karuan tapi tetep gak bisa keluar. Alhasil kalau sudah begini harus pakai obat yang reaksinya cepat.

Microlax
Microlax
Salah satu obat sembelit yang aman untuk anak adalah Microlax. Obat sembelit ini langsung dimasukan pada anus. Gak perlu nunggu lama, gak sampai satu menit fases yang keras dapat keluar dengan mudah. Tapi perlu perhatian untuk penggunaan pada balita. Jangan memasukan ujungnya sampai dalam, cukup setengahnya saja.

Tapi sayang banget Microlaxnya gak sempet difoto. Jadi ngambil dari mbah Google ajalah, hihi.

2 komentar:

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law