Kamis, 19 Mei 2016

Cara Memijat Bayi yang Benar Tanpa Dukun Bayi


Sebagai seorang ibu baru memang banyak sekali hal yang perlu dipelajari. Belum lagi mengkaji ulang ajaran dari pada orang tua yang merasa sudah lebih pengalaman. Memang benar mereka sudah lebih dulu mengasuh anak. Tapi bukan berarti cara merawat yang mereka terapkan sudah benar. Ilmu pengetahuan semakin maju, hal yang sebelumnya kita gak paham mungkin sekarang sudah mulai banyak risetnya. Merawat anak memang bukan perkara mudah, ada kalanya kita gak bisa langsung menurut begitu saja dengan orang tua jaman dulu. Meski mereka selalu berdalih hal itu sudah lama mereka lakukan kepada anak-anak dan mereka baik-baik saja.

Salah satu yang terkadang menjadi perdebatan saya dan orang sekitar adalah mengenai cara memijat bayi yang benar. Kebanyakn orang-orang memijat bayi mereka di orang yang disebut dukun bayi. Mendengar namanya saja membuat saya bergidik. Dukun bayi syarat sekali dengan hal mistis hingga berbau syirik. Dan memijat bayi terkadang menjadi momen yang skral entah karena apa.

Bagi saya memijat bayi gak perlu pergi ke dukun bayi segala. Bahkan saya yang masih awam pun bisa memijat bayi saya sendiri. Tentu saja sebelumnya kita harus mempelajarinya terlebih dahulu. Gak bisa juga sembarangan pijat bayi. Di jaman yang serba modern ini kita para ibu baru dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai cara memijat bayi yang benar. Sudah banyak tutorial cara melakukan pijatan pada bayi ini. Sebelum mengetahui cara memijat bayi yang benar tanpa bantuan dukun bayi ada baiknya kita mengetahui manfaat pijatan bagi bayi.

Manfaat Memijat Bayi

Bagi bayi yang baru lahir, sentuhan adalah cara mereka mengenali dunia. Jangan menganggap sepele masalah pijat memijat bayi ini. Karena ternyata memijat bayi memiliki cukup banyak manfaat bagi bayi.

Menstimulasi Bayi

Bayi yang masih sangat rapuh memang masih harus banyak belajar mengenal dunia. Dengan memijat tubuh bayi akan merangsang kematangan bagian sarafnya. Selain itu melancarkan peredaran darah pada bayi. Tak hanya itu, dengan cara pemijatan yang benar pada bayi dapat memberikan efek relaksasi pada bayi, melancarkan pencernaan, bayi gak mudah muntah dan melenturkan otot.

Meningkatkan Bonding Pada Anak

Selain berfungsi untuk menstimulasi pada bayi, pemijatan yang dilakukan sendiri oleh seorang ibu dan meningkatkan ikatan atau bounding antara ibu dan anak. Maka dari itu ada baiknya kita gak memijatkan bayi terlalu sering kepada orang lain. Bukan kan lebih baik memijatnya sendiri agar ikatan antara ibu dan anak semakin kuat.

Cara Memijat Bayi yang Benar

Memijat bayi mungkin kelihatannya menyeramkan bagi ibu baru. Saya sendiri merasa ketakutan ketika memutuskan untuk memijat sendiri anak saya. Tapi lama kelamaan ternyata memijat bayi menyenangkan.

Hal yang perlu dipersiapkan saat memijat bayi adalah alas ompol dan baby oil. Pemijatan pada bayi ini dilakukan sebelum memandikan bayi. Untuk lebih jelasnya mengenai cara memijat bayi yang benar dapat dilihat pada video di bawah ini.



Hal yang Gak Boleh Dilakukan Sebelum Mijat Bayi

Meski memijat bayi hal yang mudah tapi ada hal yang perlu diketahui sebelum memijat bayi. Karena pemijatan akan berpengaruh pada fungsi pencernaannya makan sangat disarankan untuk memberi jeda antara pemijatan bayi dengan waktu minum susu. Pastikan sang bayi sebelumnya gak minum susu. Seenggaknya beli jeda tiga puluh menit dari waktu sang bayi minum susu.

Tak hanya itu jangan lakukan pemijatan jika sang bayi terlihat kurang nyaman. Pastikan bayi dalam kondisi yang nyaman sebelum melakukan pemijatan agar bayi mendapatkan manfaat dari pemijatan tersebut. Semoga cara memijat bayi yang benar ini dapat membantu para ibu yang ingin memijat bayinya tanpa bantuan dukun bayi.

4 komentar:

  1. Kok dukun bayi sih mba? Emang nya ada ya yang kayak gitu.. Setahu ku di salon khusus bayi and mom gitu mijit nya.. Hihihi harrii gennee pergi ke dukun.. Nice tips mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada mba, pengalamanku waktu anak pertama. orang2 jadul kadang suka gitu. Kalo aku sih ogah, pijetin sendiri aja toh lebih asyik

      Hapus
  2. Saya juga suka mijat semdiri waktu anak2 bayi tp paling diusap2 ga terlalu keras mijatnya

    BalasHapus
  3. makasih tipsnya mbaa.. :)

    BalasHapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law