Jumat, 21 Oktober 2016

Detergen yang Bagus untuk Mesin Cuci

[Sponsored Post]



Rutinitas sebagai seorang ibu rumah tangga memang gak lepas dari kegiatan cuci pakaian. Enak sih jaman sekarang nyuci pakaian bisa pakai mesin cuci. Gak seperti dulu nyuci pakai tangan, gempor banget deh. Pernah dulu ngerasain nyuci pakai tangan saat belum ada mesin cuci, cape banget, haha. Apalagi sebelumnya gak pernah nyuci pakai tangan. Rasanya habis nyuci pengen dipijetin aja, hihi.

Mencuci dengan mesin cuci memang jauh lebih praktis dan hemat waktu. Kita bisa mengerjakan perkejaan lain selagi mesin cuci bekerja. Jadi pekerjaan ibu rumag tangga semakin ringan. Saya juga jadi bisa nulis di saat sedang mencuci, hihi. Kalau menjemur sih gak mungkin bisa disambi, wahaha.

Tapi ada gak enaknya nyuci pakai mesin cuci. Biasanya kalau menggunakan mesin cuci bukaan atas, baju tuh mudah sekali terlilit satu sama lain. Jadi banyak baju yang molor deh kalau gitu. Beda dengan mesin cuci bukaan depan, baju gak mudah molor. Tapi ya gitu, harga mesin cuci bukaan depan dan atas selisih cukup jauh. Ini aja karena nebeng di mertua jadi pake mesin cuci bukaan depan, haha. Pengennya sih pas tinggal di rumah sendiri pake mesin cuci bukaan depan. Jadi harus nabung dulu nih dari sekarang.

Memilih Detergen yang Bagus untuk Mesin Cuci

Mencuci dengan mesin cuci memang lebih mudah tapi ternyata memilih sabun untuk mesin cuci gak bisa asal-asalan. Karena di rumah pakai mesin cuci bukaan depan, detergennya gak bisa pakai semua detergen. Karena kalau terlalu banyak busa, ternyata bisa bikin mesin cucinya jadi bekerja keras dan akhirnya mudah rusak. Jadi memang ada detergen khusus untuk mesin cuci bukaan depan. Detergennya memang lebih minim busa tapi tetep bersih ke pakaian. Dulu belum jaman detergen cair, saya memang gak punya pilihan lain selain pakai detergen bubuk. Tapi belakangan ini detergen cair sudah banyak banget pilihannya.

Ternyata detergen bubuk dan cair lebih bagus detergen cair. Detergen bubuk biasanya meninggalkan residu detergen cukup banyak dibandingkan dengan detergen cair. Selain itu kekuatannya menghilangkan noda masih lebih bagus detergen bubuk. Dan menurut pengalaman saya pakai, menggunakan detergen cair lebih irit. Sebulan biasanya saya pakai dua bungkus detergen cair yang ukuran 800ml. Cukup ngirit sih menurut saya, apalagi saya ini kalau nyuci tiap hari dan cuciannya juga banyak.

Salah satu detergen cair yang pernah saya pakai untuk mesin cuci bukaan depan adalah Rinso matik. Rinso matik ini ada dua varian, untuk mesin cuci bukaan depan dan atas. Gak tahu sih bedanya apa, tapi yang pasti, kalau untuk mesin cuci bukaan depan, busa dari detergennya itu lebih minim.

Meski detergen cair lebih bagus dari detergen bubuk, saya kadang tetap butuh detergen bubuk. Biasanya sih untuk cuci sepatu atau bersihin kamarn mandi. Karena kalau pakai detergen cair sayang banget, hihi. Nah, kalau para Bunda, lebih suka detergen cair atau bubuk untuk nyuci di mesin cuci?

10 komentar:

  1. Harganya dan juga lebih mahalan emang ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mahal, xixix, tp lumayan ngirit

      Hapus
  2. ouwh gitu ya bedanya mesin bukaan atas dan depan. Bagusan yang bukaan depan, haha, kudet, beneran baru tahu saya Mbak. :D

    BalasHapus
  3. mesin cuci emang menjadi kebutuhan ya...aku masih pake yang bukaan atas, dan sabunnya pakai sabun bubuk yang tersedia di warung terdekat hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, dulu aku juga gitu mba. Tp sekarang di warung2 jg banyak yg jual detergen cair gitu. Kadang klo kehabisan sabun suka beli di deket warung

      Hapus
  4. aku sampai sekarang masih nyuci pake tangan :3 kalo cucian lagi banyaaak, mayan juga bikin pegeeel. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, emang mba pegel sekalee dan gak bisa disambi

      Hapus
  5. Klo busanya dikit, residunya juga dikit ya Mbak. Itu jg berarti mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Mesin cuci bukaan depan + detergen matik = double mahal, hihihih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tahu juga sih klo itu, tp kyknya gitu, hihi.
      Iya mba mahal tp baju jd awet klo pake bukaan depan,

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.

© 2012 JuvMom - Juvenile Mom's Stories | Powered by Blogger | Design by Enny Law