Butuh Peralatan Dapur Baru? Sebaiknya Kamu Cek Beberapa Tips Ini

Jika hasrat memasak sudah memuncak, maka tak ada tempat lain yang bisa kamu gunakan selain dapur. Dapur merupakan salah satu ruangan paling vital yang ada di rumah. Ruangan satu ini tak hanya bisa digunakan untuk masak saja, melainkan juga bisa digunakan sebagai tempat makan, cuci piring, bahkan ruangan hiburan anak-anak. Iya betul sekali, di era modern ini dapur bisa sangat multifungsi. Berbeda dengan ruangan lainnya di rumah, dibutuhkan ketelitian saat akan membeli peralatan dapur. Jangan khawatir, berikut ini kami akan menyajikan 6 tips memilih peralatan dapur baru.


1. Harga Menentukan Kualitas

Seperti yang dikatakan sebelumnya, dapur merupakan ruangan yang sangat vital, maka jangan main-main soal kualitas peralatannya. Apakah peralatan dapur yang mahal itu lebih baik? Pada umumnya, peralatan dapur yang mahal memang lebih berkualitas daripada yang murah. Semakin mahal peralatan dapur, maka semakin bagus desainnya dan juga tentunya semakin fungsional. Tak hanya itu, peralatan dapur berharga mahal biasanya menyertakan service dan setting plans, jadi segala sesuatunya pasti berjalan lebih nyaman. Namun terdapat beberapa item yang kualitasnya tidak ditentukan oleh harga melainkan oleh spesifikasi. Salah satunya yaitu oven, dimana oven berharga mahal tidak selamanya sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. Jika kamu hanya menggunakan oven untuk makanan sehari-hari, maka belilah oven berharga sedang, jangan yang terlalu premium.

2. Jenis Kompor Paling Tepat

Untuk kegiatan masak memasak, tentunya kamu membutuhkan kompor yang paling tepat. Berbeda dengan chef restoran, kamu tak perlu menggunakan kompor dengan energi panas yang terlalu tinggi. Yang kamu perlukan yaitu kompor yang mampu memasak berbagai jenis masakan dengan energi panas sedang-sedang saja. Tak hanya itu, jika kamu sering membawa anak atau saudara untuk colab masak, sebaiknya pilih kompor induksi. Kompor induksi ini tak mengeluarkan api sama sekali, dan panas langsung off ketika wajan atau panci dijauhkan dari permukaan kompor. Namun jika kamu terbiasa masak sendiri, kamu bisa membeli kompor gas atau kompor listrik.

3. Jenis Oven Paling Tepat

Kamu suka membuat kue untuk orang-orang di rumah? Sebaiknya kamu memilih jenis oven yang paling tepat! Jika membuat kue adalah kegiatan sehari-harimu, maka jenis oven yang paling tepat kamu beli yaitu double oven. Kamu bisa membuat berbagai penganan dalam waktu yang sangat singkat. Namun jika anggota keluarga tidak terlalu banyak, misalnya hanya ada 3 orang, sebaiknya beli single oven atau microwave. Atau jika aktivitas memasakmu sangat ketat, sebaiknya beli freestanding cooker. Freestanding cooker ini tak hanya berisikan oven, melainkan juga kompor dibagian atasnya.

4. Penghisap Asap

Salah satu peralatan dapur yang sering dilupakan oleh pemilik rumah yaitu penghisap asap, padahal fungsinya sangat vital. Penghisap asap atau vent ini berfungsi menghisap asap saat proses masak memasak. Asap dalam jumlah banyak tak hanya membuat ruangan menjadi bau, namun juga berbahaya bagi kesehatan. Namun sebelum membeli vent di pasaran, ada baiknya kamu mengetahui ukuran vent yang paling pas untuk ruangan dapurmu.

5. Agar Lebih Hemat, Manfaatkanlah Promo

Range harga peralatan dapur memang lumayan tinggi, khususnya untuk alat-alat utama seperti oven, kulkas, kompor, penghisap asap, dan lainnya. Nah untuk menghemat budget sebaiknya kamu mencari promo-promo di internet. Tidak perlu susah-susah, kamu bisa memanfaatkan promo Bukalapak. Bukalapak sering sekali menawarkan promo, baik itu diskon, voucher, hadiah langsung, gratis ongkir, dan lainnya. Dapatkan promo Bukalapak, maka kamu bisa menghemat budget belanja peralatan dapur berkali-kali lipat banyaknya.

6. Ruang Penyimpanan

Dapur biasanya tidak seluas ruangan keluarga, sehingga sangat penting untuk mendesain dapur agar tidak terlalu sempit. Jika kamu punya dapur yang lumayan sempit, maka tempatkan beberapa lemari penyimpanan yang sekaligus berfungsi sebagai area memasak.

Jika kamu peduli dengan kondisi dapur di rumah, sebaiknya kamu pahami dan aplikasikan beberapa tips diatas. Agar kegiatan di dapur semakin nyaman dan menyenangkan, sebaiknya kamu membeli peralatan-peralatan dapur yang paling tepat ya.

4 komentar

  1. di rumah belum punya penghisap asap. belum memungkinkan untuk bikin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, sama, next kalau renovasi pengen punya :D

      Hapus
  2. Waaahh jadi pengen segera punya dapur impian nich saya Mbak Enny. Berhubung saya suka masak daging, pengennya beli panci presto yang masak daging cuman 10menit empuk Mbak. Haha korban iklan yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi emang masak daging pake presto cepet jadi hemat gas juga, hihi

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.