Resep Tahu Beringas Isi Bakso So Good


Ramadan gini kalau buka puasa biasanya saya cari gorengan. Karena memang buka puasa pakai nasi kok ya gak terlalu suka sebenarnya. Paling enak buka puasa pakai es manado plus gorengan, hihi.

Apalagi mertua punya langganan tukang gorengan yang enak dan minyaknya gak bikin sakit tenggorokan. Memang, beli gorengan harus selektif karena banyak yang pakai minyak jelantah.

Tapi kalau beli gorengan terus kadang boros. Gak hanya itu, tukang gorengan langganan juga cuma jual 3 macam gorengan. Kadang kalau pengen tahu isi bikin sendiri deh. Seperti beberapa waktu lalu. Saya pengen banget tahu isi. Bikin deh tahu isi tapi ala-ala yang pedes gitu.

Saya terinspirasi bikin tahu isi gara-gara sempat beli gorengan tahu beringas deket rumah. Tahu isinya ini bukan isi toge, tapi pentol, cabai giling dan sedikit makaroni. Sayangnya minyaknya gak enak ditenggorokan. Jadi saya pilih untuk bikin sendiri di rumah. Toh bikinnya juga gak susah amat kok.

Resep Tahu Beringas Isi Bakso So Good

Nama tahu beringas ini memang karena tahunya punya rasa pedas yang bisa bikin orang beringas, haha. Kalau kepedesankan langsung tuh cari minum atau apa pun yang bisa bikin reda, iya gak?

Dari pada mengadopsi nama "setan-setanan" pakai nama tahu beringas masih lebih enak didenger, haha. Sayangnya pas saya bikin ok ya rasanya kurang pedas. Jadilah suami menamainya tahu jinak, haha. Maklum pas bikin cabenya cuma 5 buah. Ya gak kerasa pedes bangetlah. Makanya di resep ini takaran cabe saya ubah, biar kerasa beringasnya, hihi.

Kalau gak suka pedes bisa juga kok gak pakai cabe. Tapi ya namanya bukan tahu beringas, hihi.

Bahan:

1 bungkus Bakso Sapi So Good, potong seperti korek api
2 batang daun bawang, iris tipis
20 buah cabai rawit
1 siung bawang putih
3 siung bawang merah
6 potong tahu ukuran sedang
garam secukupnya

Tepung terigu secukupnya.

Cara membuat:


  1. Goreng tahu hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Keluarkan isi tahu dengan hati-hati, lalu hancurkan.
  2. Haluskan semua bumbu halus. Tumis dengan minyak panas. Masukan daun bawang, Bakso So Good, tumis hingga harum. Masukan isian tahu. Masukan bumbu Bakso So goodo masak hingga matang.
  3. Masukan isian ke dalam tahu.
  4. Buat adonan tepung yang agak kental, tambahkan sedikit garam.
  5. Panaskan minyak, masukan tahu yang sudah dilumuri tepung. Goreng hingga kecoklatan.


Behind The Kitchen

Kalau di Surabaya kok ya nyari tahu yang sudah digoreng itu susah ya. Yang ada tahu goreng model tahu petis gitu. Gak seperti pas tinggal di Purwokerto yang banyak jual tahu goreng atau tahu pong. Apalagi saya paling takut goreng tahu. Gitu-gitu ini tahu galak banget kalau digoreng, haha. Bisa meletus ke sana kemari, jadi serasa di medan perang aja. Mungkin ada yang punya tips goreng tahu supaya gak nyiprat ke sana ke mari?

Beneran deh saya paling males goreng tahu karena suka tiba-tiba meletus. Sampai-sampai pas awal nikah, kalau beli tahu yang gorengin suami coba, haha. Sangking takutnya sama tahu, konyol kan?

Nah kalau di daerah kamu ada tahu pong atau yang semacam itu, bisa banget dipakai untuk tahu beringas ini. Malahan tambah enak, waktu memasak jadi lebih cepat kan ya? Tinggal bikin isiannya dan dimasukin ke dalam tahun. Tapi kalau beli tahu yang sudah digoreng gitu biasanya dalamnya kopong, jadi untuk isiannya harus ditambahin sayur-sayuran lagi biar lebih enak.

Tapi karena saya pas masak pengen rasa bakso So Goodnya lebih terasa jadi isinya dominan Bakso So Good dan itu enak banget, hihi.

Btw, kalau moms suka buka puasa pakai makanan apa nih?

7 komentar

  1. Kreatif banget sih, hehe. Saya pingin nyoba resepnya nih :".

    BalasHapus
  2. Hm seperinya enak nih tahu beringas so goodnya hihi.

    BalasHapus
  3. Makin beringas makin menantang hahaha. Saya pun suka tahu bakso

    BalasHapus
  4. Mbak, di hpku kok kolom komentarnya gak muncul ya? Dari dulu mau BW tapi gak bisa komentar. Harus cari postingan yang udah ada komennya 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa kali BW ke blog lain juga gitu mba klo dr hp, aku juga heran knp ya

      Hapus

Komentar akan dimoderasi.
Maaf hanya membalas komentar dari author perempuan.